Ini Penjelasan BKN Soal SKB CPNS Tak Nyambung dengan Jurusan Pelamar



CPNS 2019 - Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 telah dimulai sejak 27 Januari 2020 lalu dan masih terus berlangsung hingga 28 Februari mendatang.

Setelah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pelamar CPNS yang memenuhi syarat selanjutnya akan mengikuti tahap SKB.



Artikel Rekomendasi:



Berdasarkan Siaran Pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 092/RILIS/BKN/XII/2019 hasil SKD dapat diumumkan sekitar tanggal 22 sampai 23 Maret 2020.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam rekrutmen CPNS 2019 akan menggunakan kisi-kisi.

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku Tim Inti Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengadakan diskusi kerja untuk membahas substansi panduan penyusunan soal SKB dalam seleksi CPNS 2019 yang akan diterbitkan melalui peraturan BKN.

Seperti dilansir dari Bkn.go.id, bakal diberlakukannya kisi-kisi SKB CPNS 2019 ini berkaca pada sejumlah kendala pelaksanaan SKB yang dihadapi pelamar pada seleksi CPNS sebelumnya.

Kepala Pusat Pengembangan Rekrutmen ASN (PPSR) Heri Susilowati saat memimpin rapat kerja itu menyebutkan penggarapan Peraturan BKN tentang pedoman penyusunan soal SKB CPNS 2019 dilatarbelakangi dengan adanya beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan SKB pada seleksi sebelumnya.

Misalnya menyangkut relevansi pengelompokan rumpun jabatan dengan soal SKB yang disediakan.

“Pelaksanaan SKB sebelumnya menuai sejumlah kritik bahkan dari pelamar langsung yang mengeluhkan soal SKB, bahkan pihak Ombudsman RI sempat meminta keterangan Panselnas perihal materi SKB. Untuk itu kita harus buat standar/ketentuan yang mengatur skema SKB lewat Peraturan BKN ini, mulai dari panduan penyusunan materi, sistem keterbacaan, dan pengoptimalannya di aplikasi Computer Assisted Test (CAT), kalau ini rampung segera bisa digunakan dalam persiapan seleksi ASN 2019,” imbuhnya.

Senada, Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf juga mengakui sejumlah kendala yang ditemukan dalam materi SKB pada seleksi sebelumnya.

Menurutnya, aspek kualitas pada soal SKB sebelumnya masih minim, bahkan beberapa instansi pembina jabatan fungsional kesannya tidak siap dari sisi kelengkapan soal dan pilihan jawaban.

“Ada sejumlah soal dengan pertanyaan yang tidak relevan dengan pilihan jawaban, soal berulang, sampai ditemukannya soal yang berkaitan dengan sebelumnya padahal soal diacak oleh sistem CAT. Banyak pelamar juga mengeluhkan kesulitan menjawab soal SKB karena ternyata materi yang ditanyakan tidak sesuai dengan bidang Pendidikan peserta,” terangnya saat membuka Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan BKN tentang Pedoman Penyusunan dan Pengintegrasian Soal Seleksi Kompetensi Bidang ke dalam sistem CAT pada Rabu, (8/5/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Maka dari itu Sestama BKN merekomendasikan pedoman penyusunan soal SKB untuk instansi, khususnya instansi pembina jabatan fungsional.

Ia juga berpendapat dengan adanya panduan lewat Peraturan BKN ini paling tidak bisa mengarahkan instansi membuat soal sesuai dengan ketentuan, instansi juga terarah dari aspek waktu perencanaan, penyusunan sampai penelaah soal SKB sehingga penyerahan soal ke Panselnas dilakukan tepat waktu.




Jadwal Seleksi CPNS 2019


  • Pembukaan pendaftaran: 11 November 2019

  • Verifikasi berkas: 13 November 2019

  • Penutupan pendaftaran: 24 November 2019

  • Penutupan verifikasi: 12 Desember 2019

  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 16 Desember 2019

  • Masa sanggah: 16-19 Desember 2019

  • Pengumuman sanggah: 26 Desember 2019

  • Pengumuman pelaksanaan SKD: Januari 2020

  • Pelaksanaan SKD: Februari 2020

  • Pengumuman hasil SKD: Maret 2020

  • Pelaksanaan SKB: Maret 2020

  • Integrasi nilai SKD dan SKB: April 2020

  • Pengusulan penetapan NIP: April 2020


Baca Juga: Contoh Soal Terlengkap SKB CPNS 2019 Semua Formasi 


Itulah informasi mengenai Penjelasan BKN Soal SKB CPNS Tak Nyambung dengan Jurusan Pelamar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber: Tribunnews.com (17/02/2020)

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Aplikasi Kwitansi Excel untuk SPJ BOS
Baca selengkapnya