Mudah Menyebar, Ini yang Dilakukan Virus Corona pada Tubuh Penderitanya





Virus Corona - Virus corona kini sudah menginfeksi 156.720 pasien di 120 negara di dunia. Angka yang terinfeksi hanya dalam waktu kurang dari 100 hari sejak pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China, akhir Desember 2019.

Di Indonesia update terakhir ada 309 pasien virus corona dengan 15 pasien sembuh dan 25 meninggal. Gejala umum yang ditunjukan oleh infeksi virus corona diantaranya seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, hingga masalah pernapasan untuk kondisi yang terhitung mulai parah.

Apa yang virus ini lakukan ketika berhasil masuk ke tubuh manusia?


Seperti dilansir dari The New York Times (12/03/2020), berikut ini sejumlah informasi yang berhasil dipelajari oleh para ahli kesehatan dan peneliti mengenai virus yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Bagaimana virus corona ini menginfeksi?

Virus ini menyebar melalui droples atau cairan yang berasal dari tubuh seseorang melalui bersin atau batuk.

Nah, cairan yang didalamnya terkandung virus yang kemudian terlempar ke udara dan bisa langsung masuk ke tubuh seseorang apabila dalam posisi berdekatan. Jika tidak, virus akan menempel di benda-benda sekitar yang pernah dilalui oleh penderita.

Tangan orang yang masih sehat bisa saja menyentuh benda-benda tersebut dan tidak menyadari memasukan virus tersebut ke dalam tubuh melalui sentuhan yang dibuat sendiri kepada hidung, mulut atau matanya.

Partikel virus ini kemudian bergerak cepat ke bagian belakang saluran hidung dan membran mukosa di belakang tenggorokan. Selanjutnya virus menempel pada bagian reseptor di sel-sel.

Virus corona memiliki permukaan berupa protein yang berujung runcing. Bagian runcing ini akan dengan mudah menempel pada sel membran dan kemungkinan material genetik virus masuk dalam sel tubuh manusia.

Material genetik itu akan membajak metabolisme sel dan menyebabkan sel tersebut tidak berfungsi normal, melainkan malah bekerja memperbanyak virus.

"Virus membajak metabolisme sel dan seperti mengatakan 'Jangan lakukan fungsimu. Fungsimu sekarang adalah membantuku menjadi berlipat ganda dan membuat virus'," ujar dokter Spesialis Penyakit Menular di University Medical Center di Nashville, dr. William Schaffner mengilustrasikan apa yang dikerjakan virus dalam tubuh manusia.

Terjadinya masalah pernafasan

Apabila virus berlipat ganda, mereka akan menyebar dan menginfeksi sel-sel yang ada disekitarnya. Gejalanya dimulai dari bagian tenggorokan, orang yang terinfeksi akan mengalami batuk kering dan sakit tenggorokan.

Virus itu kemudian menular dengan cepat ke bagian bawah tubuh hingga mencapai tabung bronkial. Ketika telah mencapai paru-paru, membran-membran mukosa akan ikut terinfeksi.

Akibatnya, alveoli harus bekerja keras untuk menjalankan fungsinya menyuplai oksigen ke darah yang dialirkan ke seluruh tubuh dan menghapus karbon dioksida dari darah sehingga dapat dihembuskan ke luar.

"Jika terdapat pembengkakan di sana, itu akan membuat oksigen lebih sulit bergerak melintasi membran mukosa," ujar Chief Clinical Officer Providence Helath System, dr. Amy Compton-Phillips.

Pembengkakan atau gangguan aliran oksigen dapat menyebabkan area di paru-paru penuh dengan carian, nanah, dan sel mati. Nah, pada titik itu, infeksi paru yang disebut pneumonia bisa terjadi.

Itulah informasi mengenai Ini yang Dilakukan Virus Corona pada Tubuh Penderitanya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber: Kompas.com (15/03/2020)

Posting Komentar

Related Posts

contoh makalah IT
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya