Jenis-Jenis & Ciri-Ciri Teks Eksposisi Terlengkap 2022

Ciri-Ciri Teks Eksposisi
Teks Eksposisi - Sebelum saya memberikan jenis-jenis dan ciri-ciri teks eksposisi, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks eksposisi itu?

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah serangkaian tulisan/ karangan yang berisi informasi singkat, jelas, padat, dan ilmiah (non fiksi) tentang suatu hal tertentu. Sehingga setiap orang yang membacanya bisa mendapatkan pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

Teks eksposisi biasanya digunakan untuk menuliskan berita, baik itu berita di media online, majalah, koran, media sosial, dan lain sebagainya.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah memberikan informasi berdasarkan data dan pemikiran penulis terkait topik yang disampaikan. Karenanya teks eksposisi ini banyak mengandung pemikiran penulis, sekaligus bertujuan untuk memberikan stimulus kepada pembaca supaya pembaca bukan hanya mendapatkan informasi, namun bisa menerapkan informasi tersebut dalam tindakan tertentu.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

1. Teks Eksposisi Proses

Jenis teks eksposisi ini adalah karangan yang berisi beberapa tahapan untuk melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.

2. Teks Eksposisi Laporan

Jenis teks eksposisi ini merupakan paragraf yang mengemukakan laporan dari sebuah peristiwa / penelitian tertentu.

3. Teks Eksposisi Pertentangan

Jenis teks eksposisi ini berisi topik yang dijelaskan dari sisi kontradiksi, yang biasanya berhubungan dengan topik lain.

Ciri-ciri dari jenis teks eksposisi ini terletak pada penggunaan konjungsi intraktif, seperti sedangkan dan tetapi, ataupun konjungsi antar kalimat, seperti meskipun demikian, akan tetapi, sebaliknya, namun.

4. Teks Eksposisi Definisi

Jenis teks eksposisi ini merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan tentang definisi atau pengertian mengenai topik tertentu.

5. Teks Eksposisi Ilustrasi

Jenis teks eksposisi ini bertujuan memberikan gambaran mengenai suatu ide nyata agar pembaca bisa memahami dengan baik. Penggambaran tersebut melihat kesamaan sifat dan pembahasan satu ke pembahasan yang lain dengan ciri-ciri biasanya terdapat konjungsi bagaikan atau seperti.

6. Teks Eksposisi Perbandingan

Jenis teks eksposisi ini merupakan paragraf eksposisi yang berisi ide atau gagasan. Biasanya gagasan tersebut dijelaskan dengan cara membandingkan.

7. Teks Eksposisi Klasifikasi

Jenis teks eksposisi ini bertujuan untuk membagi sesuatu ke dalam golongan tertentu.

8. Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi ini merupakan paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa bagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks Eksposisi memiliki beberapa ciri yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Berusaha menjelaskan mengenai sesuatu
  • Singkat, Padat dan Akurat
  • Bersifat informatif. Artinya, setelah dibaca, pembaca merasa mendapatkan informasi tambahan
  • Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  • Tidak memihak, yang berarti tidak memaksa kemauan penulis kepada pembaca
  • Tulisan bersifat netral
  • Tulisan berdasarkan data dan fakta yang valid

Struktur Teks Eksposisi

Secara umum, teks eksposisi memiliki 3 struktur yang menyusun sebuah teks eksposisi. Nah, struktur tersebut dijadikan acuan ketika seseorang ingin membuat teks eksposisi.

1. Pendahuluan

Pendahuluan ini berisi ide dari kalimat eksposisi. Pada bagian pendahuluan dimuat pandangan penulis berupa topik yang dibahas. Tidak lupa juga dijelaskan maksud dari keseluruhan kalimat yang dijelaskan.

2. Isi

Isi pada teks eksposisi berisi uraian pokok dan pengembangan pada tesis sebelumnya. Pada bagian ini akan memuat argumen dan fakta ilmiah yang berfungsi untuk mendukung pandangan/ tesis sebelumnya.

3. Kesimpulan

Untuk kesimpulan akan berisi penegasan kembali tesis sebelumnya. Kesimpulan akan menjelaskan secara lengkap mengenai contoh teks eksposisi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks eksposisi definisi, contoh teks eksposisi kesehatan, contoh teks eksposisi pendidikan, contoh teks eksposisi berita, contoh teks eksposisi perbandingan, contoh teks eksposisi laporan, contoh teks eksposisi pertentangan dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi

Baca Juga: 10 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Jenis-Jenis Teks Eksposisi
source image: tirto.id

Pendahuluan

Perempuan merupakan makhluk yang amat rentan untuk dijadikan sasaran dari objek kejahatan. Berdasarkan data, Indonesia masuk ke dalam kategori Negara yang paling tidak aman untuk para perempuan. Bahkan, hampir setiap harinya selalu ada laporan kejahatan di Indonesia yang dialami oleh perempuan.

Isi

Meskipun Negara kita dengan tegas menerapkan undang-undang mengenai pelaku tindakan kriminal, namun penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku kejahatannya.

Hal tersebut tidaklah mengherankan karena Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarkhi yang mendorong kedudukan laki-laki lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan dengan kedudukan perempuan itu sendiri.

Pemerintah sendiri sesungguhnya telah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal seperti dengan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan di tempat umum, menyediakan gerbong kereta khusus bagi perempuan dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sekalipun demikian tidak sedikit oknum yang melanggar aturan-aturan tersebut.

Kesimpulan

Karena sistem patriarkhi telah dibangun secara turun temurun dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama di Indonesia, maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

Selain itu, sistem tersebut juga mendorong perempuan agar takut dan patuh kepada para kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar dan menyalahi kodrat. Karena perempuan sejak dahulu dibentuk untuk menjadi sosok dan watak yang lemah lembut dan taat.

Baca Juga:


Itulah informasi mengenai Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, tujuan dan penjelasan Teks Eksposisi. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya