Tujuan & Ciri-Ciri Teks eksplanasi Terlengkap 2022

Tujuan & Ciri-Ciri Teks eksplanasi
Teks eksplanasi - Sebelum saya memberikan tujuan dan ciri-ciri teks eksplanasi, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks eksplanasi itu?

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi mengenai proses "mengapa" dan "bagaimana" suatu peristiwa alam, sosial, budaya dan lainnya bisa terjadi. Peristiwa alam ataupun sosial yang terjadi disekitar kita mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Nah, melalui teks eksplanasi, setiap peristiwa yang terjadi disekitar kita tidak hanya diamati dan dirasakan saja, namun juga bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan dari teks eksplanasi sendiri adalah agar pembaca dapat memperoleh pemahanan mengenai latar belakang dan proses berlangsungnya peristiwa secara jelas dan logis.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  • Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian, yakni pernyataan umum, bagian analisis dan kesimpulan.
  • Teks eksplanasi selalu membahas hal-hal yang bersifat nyata dan rasional.
  • Hal-hal yang biasanya dibahas dalam teks eksplanasi adalah hal-hal yang bersifat umum.
  • Tidak berisi informasi yang ambigu, sehingga tidak membuat pembaca bingung.
  • Menggunakan kata penanda urutan.

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum ini biasanya berisi penjelasan mengenai hal yang dibahas. Karena penjelasan yang dibahas masih bersifat umum, sehingga perlu dijelaskan lagi secara rinci agar pembaca mendapatkan informasi secara lengkap.

2. Analisis

Bagian analisi akan memberikan penjelasan yang lebih detail, rinci, dan ilmiah mengenai topik yang dibahas pada teks eksplanasi.

Karena sangat detail, biasanya pada bagian analisis memiliki teks yang panjang. Sedangkan untuk bagian pernyataan umum memiliki teks yang singkat karena hanya memberikan gambarannya saja.

3. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan akan memberikan intisasi dari keseluruhan teks eksplanasi. Namun, ada juga yang memberikan komentar pribadi penulis mengenai topik yang dibahas dalam keseluruhan teks eksplanasi.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Menurut Departemen Pendidikan NWS Tahun 2012, ada empat jenis explanatory text. Berikut adalah beberapa jenis teks eksplanasi tersebut.

1. Eksplanasi Faktorial

Eksplanasi faktorial adalah jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai efek dan hasil dari suatu proses.

2. Eksplanasi Kausal

Eksplanasi Kausal adalah jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai asal-muasal atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap, misalnya proses terjadinya gunung meletus.

3. Eksplanasi Sequential

Eksplanasi sequential adalah jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai rincian tahapan suatu fenomena.

4. Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi sequential adalah jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai spekulasi kemungkinan yang dapat terjadi dibalik suatu peristiwa, misalnya gempa bumi mungkin dapat memicu terjadinya bencana lain yang lebih besar.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

  • Fokus pada hal umum dan bukan partisipan manusia, contohnya seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir dan lainnya
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausalitas, contohnya seperti pertama, sehingga, bila, jika, sebelum, dan kemudian.
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat justfikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Langkah-langkah dalam Menyusun Teks Eksplanasi

1. Menentukan kejadian yang akan dijelaskan

Bagian ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Dengan menentukan topik yang akan ditulis, penulis bisa memperkirakan informasi apa saja yang dibutuhkan dan sumber apa yang digunakan.

2. Mencari informasi mengenai fenomena yang akan dijelaskan

Bagian ini merupakan hal yang cukup penting. Karena jika salah mengambil informasi atau sumber informasinya tidak valid, maka bukan hanya berakibat terhadap kualitas tulisan, namun juga berakibat terhadap pembacanya. Untuk itu penulis perlu hati-hati dalam mencari informasi.

3. Mulai membuat kerangka

Dengan membuat kerangka, tulisan akan menjadi terstruktur dan terpandu. Kerangka yang dibuat mengacu pada struktur teks eksplanasi, yakni Pernyataan Umum, analisis dan kesimpulan.

4. Kembangkan teks

Hal yang perlu kita lakukan pada proses ini adalah menambahkan dan memperjelas informasi umum yang telah disusun dalam kerangka. Contohnya menambahkan peristiwa-peristiwa yang mirip dan sebagainya.

5. Mengedit tulisan

Bagian terakhir adalah mengedit tulisan. Bagian ini penulis dapat mengedit tata bahasa atau memeriksa kesalahan tulisan.

Contoh Teks Eksplanasi

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Terbaru & Terbaik

Contoh Teks Eksplanasi
source image: suara.com

Pernyataan Umum

Merokok merupakan kebiasaan buruk karena rokok adalah benda beracun yang sangat berbahaya bagi orang yang merokok (perokok aktif) maupun perokok yang bukan perokok (perokok pasif).

Analisis

Beberapa zat di dalam rokok yang sangat berbahaya, yaitu Nikotin, Tar, dan Karbon monoksida (CO). Asap dari rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan mengandung 50 kali bahan pengiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok, semakin tinggi kadar racun yang melayang di udara.

Dalam jangka waktu yang lama rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bagi penggunanya, seperti  penyakit TBC, hipertensi, jantung, osteoporosis, kerusakan rambut, mata, dan  gigi, penuaan dini pada kulit, serta kanker paru-paru dan tenggorokan.

Seseorang yang mencoba merokok biasanya ketagihan, karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

Kesimpulan

Rokok sama halnya narkoba yang terselubung. Oleh karena itu, sekarang tergantung kepada diri sendiri. Apakah akan memilih ikut terjerumus ke dalamnya atau mampu keluar dari lingkaran maut rokok? Fakta-fakta yang telah dipaparkan, seharusnya dapat dijadikan sebagai alasan yang kuat untuk segera berhenti merokok bagi yang telah terperangkap di dalamnya dan menghindari terkena pengaruh negatif rokok bagi yang belum terjerumus.

Baca Juga:
Jenis-Jenis & Ciri-Ciri Teks Eksposisi Terlengkap

Itulah informasi mengenai tujuan dan ciri-ciri Teks eksplanasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya