Ciri-Ciri & Struktur Teks Editorial Terlengkap

Ciri-Ciri & Struktur Teks Editorial
Teks Editorial - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks editorial, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks editorial itu?

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial adalah sebuah teks yang berisi sebuah pendapat pribadi atau seseorang terhadap sebuah isu atau masalah aktual. Isu atau masalah tersebut bisa meliputi masalah sosial, politik atau ekonomi.

Meskipun begitu, pengungkapan teks tersebut harus didasari dan dilengkapi dengan bukti, data, atau alasan yang logis dan bijak supaya pembaca atau pendengar bisa menerimanya dengan baik.

Tujuan Teks Editorial

  • Untuk memberikan suatu pandangan redaksi kepada pembaca mengenai masalah-masalah yang sedang berkembang
  • Mengajak pembaca untuk ikut berpikir mengenai sebuah masalah yang sedang hangat diperbincangkan atau yang sedang terjadi dikehidupan sekitar

Fungsi Teks Editorial

  • Menjelaskan sebuah berita dan akibatnya kepada masyarakat.
  • Dapat mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi.
  • Mengisi layar belakang yang berhubungan dengan berita tersebut dengan kenyataan sosial.
  • Meneruskan penilaian moral tentang berita tersebut.

Ciri-Ciri Teks Editorial

  1. Tema tulisannya sedang berkembang atau banyak dibicarakan banyak orang, aktual dan faktual.
  2. Bersifat sistematis dan juga logis.
  3. Teks editorial merupakan sebuah gagasan atau pendapat yang sifatnya argumentative.
  4. Penggunaan kalimatnya singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial

1. Tesis (Pernyataan Pendapat)

Bagian ini berisi sudut pandang penulis tentang sebuah masalah yang dibahas.

2. Argumentasi

Bagian ini adalah alasan atau bukti yang digunakan dalam memperkuat pernyataan dalam tesis, meskipun secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen juga bisa berbentuk pertanyaan umum atau data dari hasil penelitian, ataupun fakta-fakta yang didapatkan dari sumber terpercaya.

3. Reiteration (Pernyataan/ Kesimpulan)

Bagian ini adalah penegasan ulang mengenai pendapat yang didorong oleh data dan fakta dibagian argumentasi dalam upaya memperkuat atau menegaskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

1. Verba material

Penggunaan verba ini bertujuan untuk menunjukan bahwa apa yang dinyatakan penulis untuk memperkuat argumen adalah perihal fakta, contohnya menangkap, menyelenggarakan, menulis, mengenakan dan sebagainya.

2. Verba rasional

Verba jenis ini memiliki fungsi untuk menghubungkan antara subjek dengan pelengkap.

3. Adverbia

Adverbia atau lebih dikenal dengan kata keterangan digunakan dalam teks editorial dengan tujuan agar dapat meyakinkan pembaca. Adverbia yang digunakan umumnya adalah berupa adverbial kuantitatif, seperti biasanya, kadang-kadang, sering, jarang dan sebagainya.

4. Verba mental

Verba mental merupakan salah satu jenis verba yang bermakna tanggapan atau reaksi dari suatu perbuatan, keadaan, peristiwa, atau keberadaan. Contohnya: khawatir, menikmati, merasakan, mengamati dan sebagainya.

5. Konjungsi

Fungsi dari konjungsi adalah untuk menghubungkan baik antarkata, antarfrasa atau antarkalimat.

Contoh Teks Editorial 

Contoh Teks Editorial tentang Media Sosial

Contoh Teks Editorial tentang Media Sosial

Pernyataan Pendapat

Makin banyak pengguna media sosial khususnya instagram, facebook, dan yang lainnya. Bukan hanya sebagai tempat komunikasi dan berbagi ekspresi. Namun, saat ini banyak digunakan sebagai tempat promosi suatu usaha. Hal ini adalah sisi positif yang dimiliki oleh media sosial yang bisa Anda maksimalkan.

Argumentasi

Dengan banyaknya toko-toko online dewasa ini, maka manfaat media sosial sangat berperan penting. Media sosial bisa digunakan sebagai tempat marketing yang ampuh dan dekat dengan para pelanggan. Jika Anda memiliki toko dalam bentuk online pasarkan kepada para pengikut Anda di instagram dan mereka bisa melihat secara langsung bagaimana produk yang Anda jual.

Kesimpulan

Menjadikan media sosial sebagai tempat promosi atau marketing adalah hal yang tepat karena dengan menggunakan media sosial Anda bisa dengan mudah dekat dengan pelanggan tanpa berhadapan secara langsung.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-Ciri dan Struktur Teks Editorial Terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Aplikasi Kwitansi Excel untuk SPJ BOS
Baca selengkapnya