Ciri-Ciri & Struktur Teks Persuasif Terlengkap 2022

Ciri-Ciri & Struktur Teks Persuasif
Teks persuasif - Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks persuasif, akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa sih teks persuasif itu?

Pengertian Teks Persuasif

Teks Persuasif adalah suatu teks yang isinya mengajak atau isinya mempunyai unsur ajakan bagi pembaca untuk melakukan hal yang penulis ungkapkan di dalam teks. Menurut KBBI persuasif bermakna membujuk secara halus untuk meyakinkan pembaca atau pendengar.

Ciri-Ciri Teks Persuasif

  • Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik
  • Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan
  • Isinya mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan
  • Sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin
  • Tulisan memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal
  • Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca
  • Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi

Struktur Teks Persuasif

1. Pengenalan Isu

Pengenalan isu berupa awalan teks yang mengenalkan permasalahan yang akan dibahas pada teks.

2. Rangkaian Argumen

Rangkaian argumen ini berupa pendapat dari penulis tentang isu yang disampaikan sebelumnya. Dibagian ini juga disampaikan tentang fakta yang mendukung argumen tersebut.

3. Pernyataan Ajakan 

Pernyataan ajakan ini berupa kalimat-kalimat dorongan yang ditunjukan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu.

4. Penegasan Kembali

Tujuan dari penegasan kembali adalah memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Bentuk Teks Persuasif

Ada beberapa bentuk teks persuasif yang umumnya digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bentuk tulisan, contohnya brosur, iklan dan selembaran
  2. Bentuk pidato, contohnya kampanye lisan, propaganda dan sebagainya
  3. Bentuk elektronik, contohnya bioskop, iklan TV dan internet

Kaidah Kebahasaan Teks Persuasif

  • Menggunakan kata-kata penghubung argumentatif seperti : karena, sebab, dengan demikian, jika, oleh karena itu, akibatnya.
  • Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas
  • Menggunakan kata kerja mental, seperti: memperkirakan, diharapkan, berpendapat, mengagumkan dan berasumsi.
  • Menggunakan kata kerja imperatif seperti: sepantasnya, harus, penting, jadikanlah.
  • Menggunakan kata-kata perujukan dalam pemaparan fakta, seperti: merujuk pada pendapat, berdasarkan itu.

Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Contoh Teks Persuasif Pendidikan
source image: tribunnews.com

Judul: Pendidikan Wajib

Di dunia ini pendidikan merupakan suatu hal yang penting. Pendidikan merupakan salah satu hal yang dapat membantu kita mencapai cita-cita yang diinginkan. Apalagi di zaman sekarang ini latar belakang pendidikan menjadi suatu syarat dalam mencari pekerjaan. Bahkan terdapat batasan dalam jenjang pendidikan yang diminta.

Hal ini semakin membuktikan bahwa pendidikan sangat penting bagi masa depan yang lebih baik. Terlebih jika kita memiliki beberapa prestasi dalam pendidikan yang kita tempuh. Hal ini justru akan mempermudah kita untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Bahkan dengan prestasi itulah kita bisa mendapatkan beasiswa ataupun berkeliling dunia dengan gratis. Sangat bermanfaat, bukan ?

Pendidikan dapat membantu kehidupan kita dari berbagai sisi. Menyadari hal itu, pemerintah pun telah mengeluarkan program Wajib belajar Sembilan Tahun. Dengan hal ini pemerintah berharap dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya.

Program ini mewajibkan semua warga negara Indonesia yang berusia 7-12 tahun dan 12-15 tahun untuk menamatkan pendidikan dasar dengan program 6 tahun di SD dan 3 tahun di SLTP secara merata. Sehingga tidak ada pembedaan baik dari segi suku, ras, agama, latar belakang sosial dan tingkatan ekonomi. Program ini juga merupakan perwujudan pembukaan UUD 1945 dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam memikirkan biaya untuk pendidikan anak-anaknya.

Oleh sebab itu, marilah kita memanfaatkan program Wajib belajar Sembilan Tahun yang telah diberikan oleh pemerintah dan mengajak seluruh keluarga dan orang terdekat kita untuk mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

Contoh Teks Persuasif tentang Shalat

Contoh Teks Persuasif tentang Shalat

Shalat bagi umat Islam merupakan hal yang wajib dalam sehari hari, menurut ajaran Rasulullah dan terdapat langsung dalam alquran. Umat dimana pun tentunya memiliki ajaran untuk melakukan perintah dan menjauhi larangannya. Begitupun agama Islam, hendak dan wajib hukumnya untuk melakukan perintah shalat.

Shalat merupakan tiang agama, dimana diketahui dengan shalat kita telah membangun pondasi rumah dikehidupan selanjutnya dan secara langsung dapat balasan dalam bentuk pahala dan dipermudahkan segala urusan olehnya.

Dalam bidang kesehatan gerakan pada shalat mengandung unsur yang baik, banyak sekali bukan kebaikan yang didapat dari shalat. Maka dari itu apa lagi alasan untuk kita meninggalkannya.

Dalam tulisan ini, hari ini, dan detik ini sesama umat beragama mari kita lakukan shalat mari mulai sekarang kita perbaiki kehidupan, mari kita kembali kejalan yang benar mari kita muhasabah diri pada kebaikan dan semoga kita semua merupakan bagian dari umat yang diakui Allah SWT  dan diakui sebagai pengikut setia nabi besar Muhammad SAW.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Ciri-Ciri dan Struktur Teks Persuasif Terlengkap saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Aplikasi Kwitansi Excel untuk SPJ BOS
Baca selengkapnya