Translate Page

Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

harlah Pancasila 2021

Hari Lahir Pancasila tahun yang jatuh pada esok Selasa, 1 Juni 2021 seperti kita ketahui masih dalam situasi pandemi. Sehingga semua kegiatan yang biasa kita lakukan dalam rangka memperingati hari besar nasional ini urung dilaksanakan.


Salah satu kegiatan yang ditiadakan dalam peringatan kali ini adalah upacara bendera di tiap instansi, dimana kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang seharusnya ada dalam setiap perayaan hari besar. Berhubung situasi sekarang melarang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, maka pemerintah melarang pelaksanaan upacara bendera di semua instansi. Adapun upacara tetap dilakukan tetapi secara virtual kombinasi dan dihadiri secara daring.


Baru-baru ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah mengeluarkan surat edaran peringatan Hari Lahir Pancasila 2021.


logo harlah pancasila 2021

Logo Hari Lahir Pancasila 2021


Tema: “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”


Adapun beberapa poin penting dari surat edaran tersebut adalah:


  1. Seluruh warga negara Indonesia untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal Youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, laman Facebook Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Instagram Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan siaran TVRI dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

  2. Seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2021.
  3. Turut memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan tema, logo, dan latar belakang virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 sebagaimana dimaksud dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

  4. Tidak mengadakan kegiatan/aktivitas Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak atau massa pada suatu lokasi.

  5. Aktivitas/kegiatan alternatif untuk memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dapat dilakukan secara kreatif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Unduh Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 disini.


Demikian informasi singkat yang dapat admin bagikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat..

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar