√ Pedoman Pelaksanaan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021

hari anak nasional

Tahukah anda kapan Hari Anak Nasional diperinati? Ya, Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan ini bertujuan membangun kembali kesadaran setiap elemen bangsa, baik individu, orang tua, guru, maupun pemerintah tentang pentingnya tugas masing-masing dalam memenuhi hak dan perlindungan anak.


Terkait peringatan HAN 2021 ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sudah merilis pedoman yang dijadikan acuan kegiatan ini. Berikut poin penting dari pedoman tersebut, menyangkut tema, logo, dan agenda kegiatan. (Untuk pedoman lengkapnya, bisa anda unduh pada bagian akhir artikel ini atau langsung di website www.kemenpppa.go.id)


TEMA DAN SUB TEMA HARI ANAK NASIONAL 2021


Tema HAN Tahun 2021 adalah: "Anak Terlindungi, Indonesia Maju"dengan Tagline #AnakPedulidiMasaPAndemi.


Sub-Tema HAN 2021 adalah:


  1. Anak Cerdas Terliterasi
  2. Anak Gembira dengan Asah, Asih, Asuh
  3. Anak Sehat dan Gembira
  4. Anak Cerdas, Kreatif dan Informatif
  5. Anak Resiliensi Tangguh dengan Kasih sayang

PENYELENGGARAAN HARI ANAK NASIONAL 2021


Penyelenggaraan acara puncak HAN Tahun 2021 akan dilaksanakan pada Hari Jum’at tanggal 23 Juli 2021, pukul 10.00 WIB - selesai, dengan memperhatikan kebijakan pemerintah untuk selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pada semua kegiatan, termasuk kegiatan yang akan dilakukan secara virtual melalui media online.


LOGO HARI ANAK NASIONAL 2021


Logo HAN 2021

Makna Logo:


1. 3 anak yang memegang bendera merah putih

Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih.


2. Warna Merah dan Putih

Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.


3. Garis berwarna abu

Situasi akibat pandemi Covid-19, yang berdampak pada dunia anak anak dengan perubahan pola hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi haknya, bergembira dan penuh kreativitas, dalam perlindungan keluarga.


AGENDA HARI ANAK NASIONAL 2018


Acara Puncak HAN Tahun 2021 mengusung tema:


anak peduli di masa pandemi

“Anak Peduli di Masa Pandemi”


Hashtag : #AnakPedulidiMasaPandemi


Di masa pandemi covid-19 sekarang ini, keseharian anak ikut berubah. Mereka tidak lagi memiliki kesempatan berinteraksi bersama dengan teman sebayanya seperti biasanya. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat mereka berhenti peduli antar sesama.


Pentingnya karakter kepedulian dalam lingkungan masyarakat sangat dibutuhkan di tengah pandemi virus covid-19 seperti ini karena dampak dari virus ini begitu luas, tidak hanya mengancam nyawa, tapi juga berpengaruh terhadap kondisi psikis masyarakat terutama anak-anak.


Pada penyelenggaraan HAN tahun ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama agar tetap bergembira di rumah.


Sumber:Pedoman HAN 2021.pdf


Demikian uraian mengenai pedoman pelaksanaan Hari Anak Nasional 2021. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar

Related Posts

contoh makalah IT
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya