Translate Page

Masuk / Login SIMPKB Menggunakan Akun Belajar.id

simpkb

Masuk/Login SIMPKB Menggunakan Akun Belajar.id - Sebagai guru, tentu kita sudah tidak asing dengan SIMPKB. SIMPKB merupakan aplikasi induk dalam manajemen PKB (Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan). Akun SIMPKB biasa kita pakai untuk login dan mengikuti berbagai program Kemendikbud seperti diklat/pelatihan, guru belajar, dan lain-lain.


Di sisi lain, saat ini Kemendikbud juga meluncurkan akun pembelajaran (belajar.id) sebagai alamat email khusus para guru, siswa dan tenaga kependidikan.


Pada awal munculnya akun belajar.id ini, sebenarnya guru diberi pilihan apakah ingin mengaktivasi akun tersebut atau tidak. Jika tidak diaktivasi, maka akun tersebut akan dihapus dalam jangka waktu tertentu karena dianggap guru tidak membutuhkan.


Namun seiring berjalannya waktu, akun belajar.id ternyata sangatlah penting. Bukan hanya bisa kita gunakan sebagai tempat penyimpanan tak terbatas, tapi akun ini juga akan diintegrasikan dengan program-program Kemendikbud.


Salah satu yang sudah terintegrasi dengan akun pembelajaran saat ini adalah SIMPKB. SIMPKB telah mengakomodir integrasi dengan layanan akun pembelajaran, sehingga nantinya guru dapat login pada SIMPKB menggunakan akun pembelajarannya masing-masing.


Nah, bagaimana cara menautkan akun pembelajaran dengan SIMPKB? Berikut ini langkah-langkahnya.


1. Silakan masuk ke laman https://akun.simpkb.id/

2. Disini sudah ada tombol “Masuk dengan Akun belajar.id” namun kita belum bisa menggunakannya karena akun belum ditautkan. Silakan login dengan akun biasanya yaitu surel/username nomorukg@guruku.id dan password.



login simpkb


3. Pada kolom Integrasi Layanan klik tombol Selengkapnya.



Kelola Akun SIMPKB


4. Pada laman Kelola data Integrasi layanan SIMPKB, klik tombol TAUTKAN.


5. Anda diarahkan pada laman login akun pembelajaran. Masukan email akun pembelajaran Anda pada form yang diberikan. Berikutnya, masukkan kata sandi.


6. Selesai. Akun pembelajaran Anda berhasil ditautkan.



login simpkb dengan akun belajar


7. Jika ingin mencobanya, silakan logout/keluar lalu login dengan akun pembelajaran anda.


Berdasarkan informasi yang beredar, akun pembelajaran akan diintegrasikan dengan program-program Kemendikbud yang lain. Sehingga bagi Bapak dan Ibu yang belum mengaktivasinya, segeralah menghubungi operator untuk meminta akun dan password. Selain itu, kita perlu saling mengingatkan rekan guru lain agar segera mengaktivasi sehingga juga bisa mendapat manfaat dari akun ini.


Demikian informasi yang dapat saya bagikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.


Sumber: https://bantuan.simpkb.id/books/panduan-kelola-simpkb-guru/ch01/1-6-panduan-kelola-layanan.html

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar