Translate Page

Registrasi Akses dan Login Sitara Tapera (sitara.tapera.go.id)

Dalam situs resminya, dijelaskan bahwa Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) adalah simpanan yang dilakukan oleh peserta secara periodik dalam jangka waktu tertentu yang hanya dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan rumah.


Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi Peserta.


Dulunya kita mengenal Bapertarum-PNS, namun setelah dilikuidasi pada tahun 2018 sekarang menjadi Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera.

Bagaimana agar ASN terdaftar sebagai peserta Tapera?


Di daftar pertanyaan situs Tapera tentang bagaimana cara mendaftar sebagai Peserta Tapera (ASN), hanya dijelaskan bahwa “Peserta Pekerja ASN didaftarkan oleh Pemberi Kerja untuk menjadi Peserta Tapera, kemudian Pekerja harus melakukan registrasi akses ke Portal Kepesertaan Pekerja dan melakukan pemutakhiran data”.


Untuk itu, saya mencoba membuat langkah-langkah registrasi yang kiranya bisa membantu khususnya rekan-rekan guru ASN dimanapun berada.


Cara Registrasi Akses Sitara Tapera


Berikut ini langkah-langkah registrasinya.


  1. Pertama kita masuk ke laman Sitara Tapera yang beralamat di https://sitara.tapera.go.id

  2. Sebelum memulai registrasi, cek dulu Status Kepesertaan dengan mengklik tombol “disini” yang terletak paling bawah. Seperti gambar di bawah ini.

  3. Registrasi Akses Sitara Tapera

  4. Masukkan NIP anda dan klik “Cek Kepesertaan”

  5. Setelah muncul keterangan sudah terdaftar sebagai Peserta Tapera, tetapi belum melakukan registrasi, selanjutnya klik “Registrasi disini”.

  6. status kepesertaan sitara


  7. Pada kolom Registrasi Akses, masukkan data-data yang diminta (Nama lengkap, NIK, NIP dan tanggal lahir.

  8. registrasi akses sitara


  9. Selanjutnya masukkan email anda. (Pastikan email tersebut aktif karena digunakan untuk mengirim kode verifikasi).

  10. email sitara tapera


  11. Berikutnya anda harus membuka email untuk melihat pesan berisi kode verifikasi. Masukkan 6 digit kode verifikasi ke portal Sitara tadi.

  12. kode verifikasi sitara


  13. Jika kode yang anda masukkan benar, maka akan muncul keterangan Kode Verifikasi valid, dan anda dipersilahkan membuat password baru untuk dipakai login portal Sitara.

  14. membuat password sitara


  15. Jika password baru anda sudah sesuai yang diminta, akan muncul keterangan Registrasi Anda berhasil. Silakan “Kembali ke Halaman Login”.

Login Sitara Tapera


  1. Masuk ke laman https://sitara.tapera.go.id/peserta/login, lalu isikan NIK dan Kata Sandi baru yang berhasil anda buat tadi.

  2. Pada halaman Persyaratan Umum Pendaftaran Program Tapera, tandai centang pada 2 kotak bagian bawah. Lalu klik “Setuju”.

  3. Pendaftaran Program Tapera


  4. Isi semua data yang diminta dengan mengisi atau memilih pilihan yang tersedia, dan jangan ada yang terlewat. Jika semua sudah terisi, klik “Submit”.


  5. data diri tapera


  6. Cek kembali isian data anda pada Konfirmasi Edit Data, jika sudah klik “Simpan”.

  7. Selanjutnya kita diarahkan ke halaman utama portal Sitara. Anda bisa membuka menu-menu yang ada, namun disini salah satu yang penting adalah kita mencatat NOMOR ID KEPESERTAAN TAPERA, karena berdasarkan informasi yang beredar, nomor ini akan dimasukkan ke dalam akun MySAPK.

Login Sitara Tapera



Demikian informasi yang dapat admin bagikan berkenaan dengan registrasi dan login Sitara Tapera. Semoga bermanfaat.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar