Tema dan Logo Hari Pramuka Ke 60 Tahun 2021

hari pramuka

Tak terasa sebentar lagi sudah 14 Agustus. Itu artinya kita akan segera memperingati salah satu momen penting, yaitu Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka atau biasa kita sebut Hari Pramuka. Tahun ini, organisasi kepanduan Indonesia telah menginjak usia yang ke 60.


Penetapan tanggal 14 Agustus sendiri sebagai Hari Pramuka mengacu pada tanggal dikenalkannya Pramuka secara resmi kepada publik tanggal 14 Agustus 1961 silam. Meskipun sejatinya organisasi Gerakan Pramuka sudah dibentuk oleh Presiden tanggal 20 Mei 1961, namun baru diperkenalkan kepada khalayak secara resmi tanggal 14 Agustus 1961. Itulah yang menjadi dasar penetapan Hari Pramuka.


Nah, terkait pelaksanaan Hari Pramuka kali ini, Kwartir Nasional sudah merilis Surat Keputusan Nomor 027 Tahun 2021 tentang Logo 60 (Enam Puluh) Tahun Gerakan Pramuka tertanggal 23 Februari 2021.


Baca juga: Alamat Login SIPA Online Gerakan Pramuka


Tema


Tema Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 "Berbakti Tanpa Henti".

Tema ini memiliki makna niat yang kuat dari seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk selalu siap dan sedia berbakti kepada negeri tercinta Indonesia kapanpun dan dimanapun berada.


Logo


Untuk mendukung Hari Pramuka ke 60 diciptakan beberapa versi logo. Kita bisa menggunakan logo yang tepat dengan latar belakang (putih, hitam, atau warna lain), sehingga logo terlihat kontras dan jelas. Dan setiap penggunaan logo harus diserta dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo.


logo hari pramuka 2021

logo hari pramuka hitam putih

banner hari pramuka 2021

Untuk menyimpannya, silahkan klik link di bawah ini:

Logo Resmi Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 Lengkap


Makna:


  • Warna merah bermakna berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.
  • Angka 60 melambangkan usia Gerakan Pramuka, dengan angka ‘6’ yang tangkainya dikombinasikan dengan daun nyiur, hal ini menunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.
  • Lambang WOSM di tengah angka ‘0’ menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan Indonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.
  • Slogan ‘Berbakti Tanpa Henti’ bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka akan dan selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.

Larangan Penggunaan Logo:


  • Logo tidak diperbolehkan untuk didistorsi, diputar, maupun dibalik.

  • Logo tidak diperbolehkan untuk diganti warna selain yang disetujui.

  • Logo tidak diperbolehkan untuk diubah atau dipotong sebagian selain yang disetujui.

  • Logo berwarna tidak diperbolehkan diletakkan pada latar berwarna.

  • Logo tidak diperbolehkan untuk diberi efek gambar yang tidak sesuai.

Sumber: pramuka.or.id (laman resmi Pramuka Indonesia)


Demikian postingan tentang tema dan logo Hari Pramuka Tahun 2021. Semoga pramuka makin berjaya, melahirkan generasi-generasi milenial yang kreatif dan adaptif terhadap perkembangan global, serta (sesuai temanya) senantiasa mampu menjadi perekat NKRI.

Posting Komentar

Related Posts

contoh makalah IT
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya