Saran Pencarian

Logo dan Tema Hari Santri Nasional Tahun 2022

hari santri 2022

Memasuki bulan Oktober tiap tahun, para santri di seluruh penjuru negeri memiliki agenda penting. Sebab tanggal 22 bulan ini, menjadi hari besar nasional yang dikhususkan untuk memperingati perjuangan para santri di Indonesia.


Hari Santri Nasional mulai diperingati tahun 2015 melalui Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015. Tanggal 22 dipilih karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan dikeluarkannya Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin KH. Hasyim Asy’ari sebagai upaya untuk mengobarkan semangat pejuangan dalam mempertahankan NKRI dari Belanda.


Setiap tahun, peringatan Hari Santri selalu diperingati dengan berbagai macam agenda. Termasuk tema dan logo yang selalu diperbarui.

Bagaimana logo dan apa tema Hari Santri tahun 2022?


Saat ini, Kementerian Agama telah mengumumkan logo dan tema peringatan hari Santri. Berikut logonya:


logo hari santri 2022

Unduh logo (PNG) disini.


Tema: Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan


Filosofi/Makna Tema dan Logo Hari Santri 2022


Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdz al-nafs adalah salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi (maqashid al-syariah). Tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia.


Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.


Filosofi Logo:


  • Merangkul: Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. bermakna melindungi, meberikan empati dan kepedulian.

  • Jabat tangam: Makna keakraban dalam setiap pertemuan. saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain.

  • Daun: Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga memberikan harapan.

Hari Santri adalah momen sakral, dimana jutaan Santri selalu merindukan kemeriahannya. Dedikasi santri untuk negeri tidak hanya melulu tentang rohani, namun juga semangat pantang menyerah dan selalu siaga dalam menghadapi masalah dan musibah.


Demikian informasi tentang salah satu peringatan hari besar nasional yaitu Hari Santri Nasional Tahun 2022. Semoga bermanfaat.


Sumber: https://kemenag.go.id/archive/tema-dan-logo-hari-santri-2022

Hari Besar Nasional
ALWI
ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.