Translate Page

Cara Lain Mencetak Info GTK 2022 2023

info gtk 2023

Menjelang pencairan TPG tiap triwulan, biasanya Bapak/Ibu Guru diminta mengumpulkan beberapa berkas diantaranya SK Pembagian Tugas Mengajar (PTM), SPTJM, dan print out Info GTK.


Pengumpulan lembar Info GTK dimaksudkan bahwa guru yang bersangkutan benar-benar masih aktif mengajar dan terdata di dapodik sebagai guru yang berhak menerima tunjangan sertifikasi.


Bagaimana kita bisa mencetak Info GTK?


Tentu sudah sama-sama kita ketahui bahwa lembar Info GTK bisa kita lihat dan cetak di laman Info GTK yang beralamat di https://info.gtk.kemdikbud.go.id, kemudian kita bisa login menggunakan akun email beserta password yang telah diverifikasi.


Perlu diketahui, saat ini untuk bisa login Info GTK hanya bisa menggunakan email yang sudah terverifikasi melalui PTK Datadik (ditandai centang hijau) di aplikasi dapodik, serta untuk password bisa mmenggunakan password dapodik.


Namun demikian, ada beberapa guru yang tidak bisa login ke alamat di atas padahal akunnya sudah selesai diverifikasi. Biasanya ini disebabkan guru tersebut baru saja melakukan verifikasi sehingga memang tidak bisa langsung login Info GTK. Di sisi lain, print out Info GTK harus segera dikumpulkan.


Apakah ada cara lain untuk mencetak Info GTK kita?


Mencetak Info GTK melalui PTK Datadik


Selain melalui laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/, sebenarnya kita juga bisa membuka Info GTK melalui laman PTK Datadik. Berikut langkah-langkahnya:



  1. Buka laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id, login dengan email dan password anda.

  2. Pilih menu "Biodata".


    biodata ptk


  3. Scroll ke bawah, maka akan ada link "Buka Info GTK" di bagian bawah. Klik untuk membuka Info GTK anda.


  4. ptk datadik, info gtk



Dengan cara ini, kita bisa segera melihat apakah Info GTK kita sudah valid atau belum sambil menunggu email bisa dipakai login ke laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Jika sudah valid, maka bisa kita simpan dan cetak, namun jika belum valid perlu kita perbaiki data di dapodik.




validasi status tpg valid



status validasi tpg belum valid



Demikian artikel singkat kali ini tentang cara mencetak Info GTK bagi Bapak/Ibu yang sudah sertfikasi. Semoga bermanfaat..

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar