Translate Page

Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022

hari sumpah pemuda 2022

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober, didasarkan pada peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal yang sama tahun 1928. Sehingga tahun ini kita memperingati hari sumpah pemuda yang ke-92.


Perayaan HSP penting untuk dijadikan releksi tentang peran pemuda saat ini. Apakah remaja dan pemuda sekarang sudah mengimplementasikan semangat yang ditunjukkan para pemuda 1928 lalu, dimana mereka bersatu melepaskan atribut jongnya masing-masing untuk berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.


Hari Sumpah Pemuda juga perlu dimaknai secara utuh, tidak hanya mengulangi deklarasi saja. Para muda saat itu menjadikannya sebagai semangat perjuangan, konsistensi, dan kolaborasi luar biasa sehingga 17 tahun setelahnya tercapai kemerdekaan. Dengan memahaminya secara utuh, kita akan bisa menerapkan nilai Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian.



Tema


Peringatan HSP 2022 ini mengambil tema Bersatu Bangun Bangsa.


Tema tersebut bermakna bahwa peristiwa sejarah Sumpah Pemuda telah mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan bangsa Indonesia sebenarnya dapat disatukan menjadi penjelmaan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti "berbeda-beda tapi tetap satu".


Maka atas dasar tersebut, Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk senantiasa Bersatu Bangun Bangsa dengan membawa bangsa ini maju kearah yang lebih baik.


Logo


Berikut ini logo Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022:



logo sumpah pemuda 2022


Untuk mengunduh logo berukuran besar dalam format PNG, silahkan klik tautan di bawah ini:






logo sumpah pemuda.png
204kb





Makna Logo HSP 2022:


Logo peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mencerminkan persatuan bangsa yang multikultural, jiwa kepemudaan yang terus semangat, tegas, dan keyakinan-keyakinan untuk selalu adaptif dalam segala transformasi. Sebuah refleksi dari nilai-nilai Bhinneka Tunggal lka yang mempersatukan keaneka ragaman bangsa untuk mencetak Pemuda-Pemudi yang ikut serta Bersatu Bangun Bangsa.


  1. Karakter Logo: Karakteristik penggabungan warna menggambarkan Indonesia memiliki keberagaman Suku, Bangsa, dan Budaya.

  2. Garis: Garis putih yang berada di dalam angka 9 dan 4, mengikuti bentuk logo dan menjadi satu kesatuan yang menambah indahnya keberagaman sekaligus menjadi simbol persatuan yang suci.

  3. Lingkaran: Bentuk lingkaran ibarat gambar kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan semangat kepemudaan.

  4. Dua Garis Berjajar: Garis yang saling berjajar dan mengarah keatas menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud dari rasa cintanya pada tanah air Indonesia.

Ya, semangat persatuan sudah dicontohkan secara nyata oleh para pemuda yang berikrar tahun 1928 lalu. Mimpi dan cita-cita mereka telah tercapai dengan datangnya kemerdekaan. Tinggal kita sebagai penerus yang mengisi kemerdekaan ini sudah seharusnya untuk terus berkarya yang positif di bidangnya masing-masing, dan yang terpenting tidak menciptakan provokasi yang memicu konflik baik di media sosial maupun dalam kehidupan sehari-hari.


Selamat Hari Sumpah Pemuda! #SumpahPemuda94 #BersatuBangunBangsa


Source: www.kemenpora.go.id

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar