Translate Page

Daftar Harga Burung Ciblek atau Prenjak Terbaru 2023

Daftar Harga Burung Ciblek atau Prenjak Terbaru

Harga Burung Ciblek atau Prenjak Terbaru - Anda dapat memelihara banyak spesies burung dengan suara merdu. Salah satu yang sudah populer di kalangan fanatik kicau adalah burung Jawa Perenjak (Prenjak), atau lebih dikenal dengan Ciblek. Pria ini dikatakan memiliki tembakan yang cukup keras, solid dan ketat. Di pasar dalam negeri, ciblek kini ditawarkan dengan harga rata-rata puluhan dan ratusan ribu rupiah.

Burung bisa disebut hewan yang memiliki mobilitas tinggi dan menyebar ke berbagai wilayah, dan jumlahnya disebut-sebut mencapai lebih dari 9.000 spesies. Pada tahun 2014, jumlah burung yang diamati di Indonesia berkisar dari 1.666 spesies yang hidup di hutan lebat hingga kota padat penduduk.

Ada banyak penggemar burung di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya membentuk komunitas pengamat burung yang tidak hanya terdiri dari kalangan atas yang mampu membeli burung, tetapi juga kalangan menengah ke bawah.

Mereka memutuskan memelihara burung sebagian karena terpesona oleh suara atau sirkus burung-burung itu. Ada beberapa burung yang dikenal sebagai peeps baik yang dapat membuat banyak orang terpesona. Nah salah satu yang cukup populer adalah burung ciblek karena konon bisa dijadikan juara murai, cacer dan kenari selain untuk mengikuti lomba kicau.

Ciri-Ciri Burung Ciblek

Ciblek yang dijelaskan oleh Wikipedia adalah cotula dalam keluarga Cisticolidae (dalam banyak buku masih ditempatkan dalam keluarga Sylviidae). Dalam bahasa Inggris, burung ini dikenal dengan sebutan bar-winged prinia, yang mengacu pada dua garis putih di setiap sayapnya. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Prinia familiaris Horsfield.

Menurut referensi yang sama, ciblek biasanya memiliki tubuh yang kecil dan ramping dengan panjang total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) kurang lebih 13 cm. Hampir seluruh tubuh bagian atas berwarna hijau-zaitun, tenggorokan dan dada berwarna putih, serta perut dan panggul berwarna kekuningan. Sisi dada dan paha berwarna keabu-abuan. Ciri-cirinya antara lain sayap dengan dua garis putih dan ekor berujung hitam-putih yang panjang.

Burung lincah dan lincah ini sering dijumpai di area terbuka atau semak belukar di taman, pekarangan, tepi sawah, hutan pinggir dan hutan bakau. Hewan ini juga sering terlihat di perkebunan teh. Dua atau tiga ekor atau lebih sering terlihat saling mengejar saat makan di semak-semak, membuat suara keras saat melakukannya. Ekornya yang tipis bergerak ke atas saat bernyanyi.

Jantan berbeda dari betina dalam ukurannya yang lebih besar dan nyanyian aktif. Ekor lebih panjang dan warna sayap lebih gelap. Ciri-ciri lainnya termasuk cakar tumpul, bagian bawah hitam pekat pada jantan dewasa, dan paruh hitam-putih pada jantan muda.

Jenis jenis Ciblek

  • Crystal Ciblek menampilkan sosok petarung dengan punggung abu-abu hitam mengkilat. Burung ini memiliki paruh hitam hanya sepanjang 15 cm dan kicauannya kencang dan jernih.
  • Ciblek semi tidak jauh berbeda dengan ciblek kristal, dengan ciri khas warna perut kuning, dada putih, bentuk tubuh lebih kecil (sekitar 13 cm), dan suara yang tidak secerah ciblek kristal.
  • Ciblek alang-alang sering terlihat di semak-semak, burung ini secara fisik menyerupai kerawang gunung tetapi dengan ukuran tubuh lebih kecil dan kaki berwarna merah muda.
  • Ciblek gunung memiliki tubuh berwarna abu-abu kecokelatan dengan tubuh yang lebih besar dari spesies ciblek lainnya. Kaki hitam dan merah muda, alis putih di sekitar mata, dan paruh hitam.

Harga Burung Ciblek atau Prebjak 2023

Jenis Ciblek Harga
Ciblek Sawah Mulai Rp35.000 per ekor
Ciblek Semi Bahan Mulai Rp50.000 per ekor
Ciblek Bahan Jantan Mulai Rp57.500 per ekor
Ciblek Gunung Anakan Mulai Rp85.000 per ekor
Ciblek Gunung Betina Mulai Rp110.000 per ekor
Ciblek Semi Jantan Mulai Rp150.000 per ekor
Ciblek Semi Betina Mulai Rp220.000 per ekor
Ciblek Tebu Muda Rp275.000 per ekor
Ciblek Kristal Mulai Rp350.000 per ekor
Ciblek Gunung Gacor Mulai Rp620.000 per ekor
Ciblek Kristal Gacor Mulai Rp1.000.000 per ekor

Harga burung ciblek atau prenjak jawa diatas kami rangkum dari beberapa sumber termasuk situs jual beli online. Harga burung ciblek memang sangat variatif, disesuaikan dengan jenis dan umurnya. Harga burung dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan permintaan.

Jika anda memiliki daftar harga burung ciblek di pasar lain silahkan berdiskusi di kolom komentar.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar