2 Contoh Teks Eksposisi Analisis

Jika belajar tentang cara penulisan untuk berita, artikel paper dan makalah, Anda pasti disarankan pakai teks eksposisi analisis. Jika membaca contoh teks eksposisi analisis, Anda pasti tahu mengapa penggunaan tipe ini sering digunakan. Bagi Anda yang masih belum paham karakteristik dan bentuk teksnya, tidak ada salahnya baca dulu artikel berikut ini!

Pengertian Teks Eksposisi Analisis

Secara sederhana teks ini adalah tulisan yang berisi ide dan pendapat. Teks ini ditujukan untuk memberi informasi dan pengetahuan kepada pihak lain. Dalam menulis teks eksposisi, bahasa dan struktur kalimat yang digunakan harus mudah dipahami orang lain.

Fokus pada kemudahan pemahaman membuat tipe teks ini cukup unik. Anda lebih fokus gunakan bahasa umum dan tidak gunakan bahasa teknis. Buat seakan – akan Anda menjelaskan pada pihak awam jika pakai tipe teks eksposisi ini.

Untuk jenis teks eksposisi analisis, penjelasan informasi dibuat seperti analisa. Pada bagian awal akan disampaikan informasi utama, lalu pada kalimat berikutnya dijabarkan alasan penguat kalimat utama tersebut.

Hal ini membuat teks analisis menjadi cukup panjang. Tidak jarang dalam penjelasan dan contoh teks eksposisi analisis, Anda dapat melihat penjabaran panjang demi memastikan isi informasi jelas dicerna pembaca.

Baca Juga 11 Contoh Teks Eksposisi Terlengkap & Terbaik

Karakteristik Teks Eksposisi Analisis

Untuk memisahkan bentuk teks eksposisi analisis dengan bentuk teks eksposisi lain, tidak ada salahnya menggali karakteristiknya. Berikut adalah ciri teks eksposisi analisis tersebut:

  • Susunan teks terdiri dari kalimat penjelasan.
  • Tampilan teks lebih bersifat natural dan objektif. Jadi umumnya tidak mencoba membuat Anda setuju atau tidak.
  • Menggunakan bahasa dan susunan kata simple.
  • Menggunakan informasi faktual dan nyata.
  • Bersifat ringkas dan akurat.
  • Fakta yang digunakan selalu memperkuat gagasan informasi dalam teks.
  • Selalu bertujuan menjadi informative.
  • Selalu berusaha menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana.
  • Berusaha mengajak pembaca untuk mengikuti alur penjelasan dengan kata – kata mengundang.

Dari karakteristik di atas, Apakah Anda pernah lihat contoh teks eksposisi analisis singkat dengan ciri tersebut? 

Macam-Macam Teks Eksposisi

Dari karakteristik di atas, Anda bisa melihat tipe – tipe teks eksposisi yang berbeda. Jika dilihat dari contoh teks eksposisi analisis pada umumnya, Anda pasti bisa melihat bagaimana kategori ini digunakan. Mari lihat 3 tipe teks eksposisi yang paling sering digunakan dalam lingkup eksposisi analisis:

  • Teks Pameran Perbandingan

Tipe teks ini menunjukan informasi dengan menjelaskan gagasan menggunakan metode perbandingan. Umumnya perbandingan bisa berupa factual ataupun metaphorical.

  • Ilustrasi Tampilan Teks

Tipe yang ini menggunakan gambaran sederhana dari penjelasan ataupun meminta pembaca membayangkan kasus tertentu. Menggunakan metode ini, ide dan informasi akan dijelaskan dengan frasa penghubung dan membuat gagasan lebih mudah ditangkap.

  • Teks Acara Berita

Teks paparan berita adalah teks yang menyediakan informasi dari peristiwa tertentu, yang sering kita jumpai dalam berita atau surat kabar.

Teks tipe ini menyediakan informasi peristiwa tertentu yang factual. Karena menggunakan kalimat seperti berita dan surat kabar, para pembaca pasti lebih mudah menangkap informasinya. Menggunakan informasi berita ini, Anda akan berusaha membahas gagasan yang berhubungan dengan topic informasi peristiwa tersebut.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Dari bahasan di atas, Anda bisa bayangkan bagaimana bentuk teks eksposisi yang baik. Bagi Anda yang masih bingung dan butuh contoh lebih jelas, coba perhatikan contoh sederhana teks eksposisi analisis di bawah ini:

Contoh Teks 1

Contoh Teks Eksposisi Analisis

source image: detik.com

Sampah dari sisa barang elektronik merupakan jenis sampah yang paling kompleks untuk ditangani. Dalam sampah ini ada kandungan banyak parts yang bukan satu jenis. Mulai dari besi, tempaga, silicon, carbon plastik, platina dan masih banyak komponen lainnya. Unsur yang berbeda ini membuat proses pembuangannya lebih berbahaya. Jika dibiarkan saja, sampah ini tidak akan terurai secara normal. Karena terus menumpuk tanpa terurai, potensi pencemaran lingkungan pasti lebih parah.

Cara yang paling tepat untuk hadapi sampah elektronik ini adalah melakukan daur ulang. Proses daur ulang memastikan material bisa dilelehkan kembali untuk digunakan ulang. Tantangan dari proses ini tentu saja pemisahannya. Dalam satu chip elektronik, Anda bisa temukan parts besi, tembaga, plastik, carbon dan bahkan timbal. Chip ukuran kecil akan makan waktu untuk dipisahkan. Selama bisa hadapi tantangan ini, polusi dari bahan elektronik bisa dihindari. Tapi sementara ini, Anda disarankan untuk kurangi sampah elektronik sehari – hari.

Contoh Teks 2

Contoh Teks Eksposisi Analisis
source image: kibrispdr.org

Mie instan adalah makanan yang tidak perlu dijelaskan lagi. Makanan ini dikenal sebagai makanan pengganjal perut di Indonesia karena memberikan efek kenyang sementara. Efek kenyang yang cepat ini terjadi berkat karbohidrat sederhana di dalamnya. Walaupun mampu hilangkan rasa lapar, efek mie instan diduga sebabkan kegemukan. Efek kenyang sementara membuat mie instan populer sebagai pengganti camilan. 

Contoh saja saat lapar tengah malam ataupun selingan sebelum makan malam di sore hari. Walaupun efek kenyang mie instan cepat hilang, kandungan karbohidrat di dalamnya tetap tinggi. Jika Anda merasa sulit kurus dan ingin diet, pastikan hindari makan mie instan terlalu sering.

Baca juga:

Sekian bahasa tentang karakteristik, arti dan beberapa contoh teks eksposisi analisis. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya