Translate Page

3 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaik 2023

Contoh Teks Anekdot
- Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks
anekdot lucu. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih teks
anekdot itu?

Anekdot
merupakan cerita singkat menarik yang sifatnya lucu dan mengesankan,
biasanya mengenai orang terkenal dan berdasarkan kejadian yang
sebenarnya.

Sedangkan
untuk teks anekdot adalah cerita rekaan yang tidak harus berdasarkan
pada kenyataan yang terjadi di masyarakat atau bisa juga terinspirasi
dari kejadian nyata yang selanjutnya dijadikan bahan untuk cerita lucu
dengan menambah unsur rekaan.

Anekdot
umumnya digunakan sebagai kritik, namun tidak secara langsung. Saat ini
teks anekdot tidak hanya ada di media cetak, melainkan ada juga di
media sosial. Biasanya teks anekdot di media sosial berbentuk cuplikan
dialog lucu atau berbentuk meme.

Baca Juga: 12 Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terbaik

Ciri-ciri Teks Anekdot

  • Bersifat menghibur, namun tujuan utamanya untuk mengungkapkan kebenaran yang lebih umumnya
  • Sebagai media untuk menyampaikan kritik, pandangan, dan aspirasi positif ke masyarakat
  • Menampilkan karakter yang sering dilihat
  • Anekdot dekat dengan perumpamaan
  • Mengandung pesan moral

Tujuan Teks Anekdot

  • Sebagai saran penghibur
  • Sebagai saran pengkritik
  • Untuk membangkitkan tawa pembacanya

Struktur Teks Anekdot

Menurut Gerot dan Wignell (2004) struktur anekdot adalah sebagai berikut.

  • Abstraksi:
    Bagian ini berfungsi memberikan gambaran mengenai isi teks. Biasanya
    bagian ini akan menunjukan hal unik yang akan terjadi dalam teks.
  • Orientasi: Bagian ini akan menunjukan awal kejadian cerita peristiwa tersebut.
  • Krisis: Bagian ini bisa dimaknai sebagai saat terjadinya ketidakpuasan atau kejanggalan.
  • Reaksi:
    Cara penulis dalam menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian
    krisis. Reaksi ini berkaitan dengan tanggapan dari kejadian sebelumnya.
  • Koda: Ini merupakan bagian simpulan mengenai kejadian yang diceritakan oleh penulis. Koda juga bisa disebut sebagai penutup.

Jenis-jenis Teks Anekdot

Menurut Luxemburg dkk. (1984:160), teks anekdot terdiri atas tiga jenis, yaitu dalam bentuk artikel, cerpen dan dialog.

  • Artikel

Anekdot
ini dapat berbentuk format naratif. Teks anekdot yang menceritakan
suatu hal, sehingga dalam ceritanya memiliki kejelasan alur, tokoh,
latar dan peristiwa.

  • Cerpen

Anekdot
cerpen menceritakan suatu hal yang tidak berbelit-belit supaya
pendengar atau pembaca lebih cepat mengerti isi lelucon dalam cerita
tersebut. Cerpen anekdot ini biasanya lebih singkat dari pada cerpen
umumnya.

  • Dialog

Jenis
teks anekdot yang terakhir adalah anekdot dialog. Teks anekdot dalam
bentuk dialog menggunakan format drama yang mempunyai petunjuk lain.
Teks anekdot ini ditampilkan dalam bentuk dialog dominan menggunakan
kalimat langsung.

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Kaidah
teks anekdot menurut Tim Kemendikbud (2013:111) adalah disajikan dalam
Bahasa yang lucu dan berisi peristiwa-peristiwa yang membuat jengkel
atau konyol bagi partisipan yang mengalaminya.

Contoh Teks Anekdot Lucu

Contoh 1

Contoh Teks Anekdot Lucu

source image: wartafeno.com

Pada suatu hari yang sangat cerah, dan cahaya matahari masih bersinar dengan cukup terang, ada sebuah obrolan yang tidak terlalu penting antara guru dengan muridnya.

Murid: Pak guru, Boleh ga sih dihukum tapi perbuatannya belum dikerjakan?

Pak Guru: Iya tidak boleh dong nak, seseorang itu baru bisa diberi hukuman jika dia sudah terbukti mengerjakan kesalahan.

Murid: Yuhuuu terimakasih banget pak, saya belum menyelesaikan PR soalnya Hehehe.

Pak Guru: Dasar murid Siala***!

Contoh 2

Contoh Teks Anekdot Lucu

Disebuah keluarga yang bahagia terdapat sepasang kaka beradik yang pergi untuk berkebun, namun tiba-tiba mereka pulang dengan tergesa-gesa.

Kakak : Pak, tolong ini gawat, adik menelan kecoa pak !!

Papah : Astaga kok bisa sih kak !! Bagaimana ceritanya ? Cepet kamu panggil Ibu supaya ayah bawa dokter kesini.

Kakak : Oh kalau gitu tambah menjadi masalah pak, tunggu bentar aja kecoanya mati, soalnya kakak udah kasih adik racun serangga tadi.

Yang ada si adik malah mati dong hehehe…

Contoh 3

Contoh Teks Anekdot Lucu

Seorang guru SD sedang menulis soal Matematika di papan tulis.

"Anak-anak, bapak punya soal baru nih. Diketahui jarak x ke y 8 kilometer, jarak y ke z 12 kilometer. Pertanyaannya, berapa jarak x ke z? Ayo siapa yang bisa jawab?"

"Saya, pak!" seorang anak mengangkat tangan.

"Ya, coba dijawab berapa jaraknya."

"Tidak kurang dari 2 meter, pak!" jawabnya. Sang guru terkejut.

"Tidak kurang dari 2 meter?" guru mengulang kembali jawaban muridnya.

"Ya, pak. Papan tulis yang dipakai bapak itu cuma 2 meter, kan?"

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Contoh Teks Anekdot lucu. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar