Translate Page

Macam-Macam Simpul Pramuka Lengkap dengan Gambarnya

Simpul Pramuka - Simpul merupakan hasil yang dibentuk dari dua buah tali atau lebih yang disatukan dengan sedemikian rupa. Sedangkan tali adalah sebuah benda yang umumnya digunakan dalam membuat jerat maupun simpul.

Untuk jenis tali yang umumnya digunakan dalam kepramukaan adalah tali dengan bahan nilon. Kelebihan dari jenis tali yang berbahasa jenis nilon adalah ringan, sedikit menyerap air, dan memiliki elastis tinggi sehingga mudah untuk diatur. Kekurangan dari dari berbahan dasar nilon adalah tidak tahan terhadap suhu panas sehingga mudah meleleh jika berada pada suhu tinggi. Untuk itu jenis tali ini harus disimpan di ruang yang mungkin terhindar dari paparan sinar matahari.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut adalah macam-macam simpul pramuka lengkap dengan gambarnya.

Macam-macam Simpul Pramuka

1. Simpul Hidup

Simpul Hidup

Simpul hidup merupakan simpul yang umumnya digunakan dalam mengikat suatu benda ataupun tiang. Simpul ini sangat mudah untuk dilepaskan kembali. Simpul hidup berfungsi untuk mengikat sesuatu yang kuat, namun ikatannya dapat dibuka dengan mudah. Dalam kehidupan sehari-hari, simpul ini sering dipakai untuk mengikat hewan.

2. Simpul Mati

Simpul Mati

Simpul mati adalah simpul yang berfungsi untuk menyambungkan dua buah tali dengan ukuran yang relatif sama besar (berbeda ukuran tetap bisa) agar sambungan tersebut kuat dan tidak mudah lepas. 

Simpul mati umumnya susah untuk dilepaskan karena simpul jenis ini digunakan untuk mengakhiri jenis simpul tali yang lainnya.

3. Simpul Jangkar

Simpul Jangkar

Simpul berikutnya adalah simpul jangkar. Simpul ini digunakan untuk menautkan tali ke benda lain dengan cepat. Simpul jangkar biasanya digunakan sebagai simpul tandu pramuka atau mengikat ember dan timba. Ikatan pada simpul ini mudah dilepas, tidak seperti simpul mati.

4. Simpul Anyam

Simpul Anyam

Simpul anyam adalah salah satu simpul dasar pramuka. Simpul ini digunakan untuk menyambung dua utas tali yang tidak sama besar dalam keadaan kering. Dengan adanya simpul anyam, tali dengan diameter yang berbeda dapat terikat dengan mudah dan cepat.

5. Simpul Pangkal

Simpul Pangkal

Simpul pangkal adalah salah satu simpul wajib dalam teknik kepramukaan karena sering digunakan, seperti mengikat tali tenda pada pasak tenda dan ketika mengikat tali penegang pada tiang bendera. Karena mudah dilakukan dan banyak fungsi, jenis simpul ini disebut simpul paling penting.

6. Simpul Rantai

Simpul Rantai

Simpul pramuka berikutnya adalah simpul rantai. Simpul ini berguna untuk memendekan dan memperkuat tali. Cara membuat simpul rantai juga cukup mudah, caranya.

Buat simpul jangkar, kemudian ambil tali dibagian kiri sebagai tali garapan. Selanjutnya, lingkarkan tali garapan di atas tali sisi kanan atau tali pasangan.

Kemudian keluarkan dari bawah di antara tali garapan dan tali pasangan. Selanjutnya tali pada sisi kiri berganti menjadi tali pasangan dan begitu juga sebaliknya, ulangi langkah tersebut sampai mendapatkan panjang yang kamu inginkan.

7. Simpul Tarik

Simpul Tarik

Simpul tarik mampu menghasilkan ikatan tali yang dapat diperbesar atau diperkecil. Simpul tarik biasanya digunakan ketika membutuhkan tali untuk turun dari pohon atau jurang.

Selain itu, ikatan ini dapat digunakan untuk mengikat binatang ke pohon atau tiang karena mudah untuk dilepas kembali.

8. Simpul Delapan

Simpul Delapan

Simpul delapan atau banyak orang menyebutnya sebagai simpul pengunci karena susah sekali untuk dibuka. Simpul ini cukup penting dalam panjat tebing sebagai sistem hentikan tali dari kekurangan piranti penahan. Jenis simpul delapan memiliki peran untuk mengikat tali, tandu, amankan penyelamat, jangkar, plat jangkar, atau perlengkapan ke ujung tali.

9. Simpul Nelayan

Simpul Nelayan

Simpul nelayan memiliki kombinasi dari dua buah simpul hidup pada masing-masing ujung dari 2 utas tali. Kelebihan utama dari simpul ini adalah memiliki kekuatan tinggi (bundar) untuk menyambungkan beberapa bagian dari mekanisme perlindungan pemanjat.

Penyebutan simpul nelayan selain karena sering dipakai sebagai penghubung nilon (tali) pancingan, kerat juga dipakai untuk menyambungkan dua utas tali pada keadaan basah.

10. Simpul Tiang

Simpul Tiang

Simpul tiang (bowline) adalah simpul yang dipakai untuk membuat loop masih tetap di ujung tali. Kelebihan dari simpul ini yakni gampang diikat dan dilepas. Simpul jenis ini dikatakan sebagai King of the knot karena fungsinya yang cukup penting.

11. Simpul Persegi

Simpul Persegi

Simpul persegi adalah jenis simpul yang dipakai untuk amankan tali atau garis disekitaran object. Simpul jenis ini juga sering disebut sebagai simpul Hercules.

12. Simpul Barrel Hitch

Simpul Barrel Hitch

Simpul terakhir adalah Barrel Hitch yang sering digunakan dalam mengusung ekspedisi di atas kapal, karena cukup simpel tetapi efisien untuk membatalkan satu object.

Baca Juga:

Itulah macam-macam simpul dalam pramuka berikut gambarnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar