Pengertian Program Pengayaan, Sasaran, Tujuan, Prinsip

Program Pengayaan - Program pengayaan adalah kegiatan yang diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi yang berarti peserta didik tersebut tergolong cepat dalam menyelesaikan tugasnya. 

Program pengayaan juga bisa disebut pembelajaran tambahan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik yang memiliki kelebihan dibanding yang lain agar dapat mengoptimalkan perkembangan bakat, minat dan kecakapan.

Sedangkan menurut Prayitno, kegiatan pengayaan adalah suatu bentuk layanan yang diberikan kepada seseorang atau beberapa orang siswa yang cepat dalam belajar. Mereka tersebutlah yang memerlukan tugas-tugas tambahan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam kegiatan pembelajaran sebelumnya,

Jika disimpulkan, kegiatan pengayaan merupakan kegiatan yang diberikan kepada siswa-siswa kelompok cepat sehingga siswa tersebut menjadi lebih kaya keterampilan dan pengetahuannya serta lebih mendalami pelajaran yang dipelajari.

program pengayaan

Tujuan Pengayaan

1. Menambah wawasan peserta didik yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diberikan guru dengan cara membaca buku-buku diperpustakan atau sumber belajar lainnya.

2. Agar peserta didik lebih menguasai bahan pelajaran dengan cara peserta didik disuruh membuat ringkasan mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan oleh pengajar, dapat juga mengajari temannya yang belum selesai tugasnya.

3. Memupuk rasa sosial karena peserta didik diminta membantu temannya yang belum selesai tugasnya.

4. Memupuk rasa tanggung jawab kepada peserta didik dengan cara melaporkan informasi yang diperoleh dari membaca buku-buku atau surat kabar maupun sumber informasi lain kepada teman-temannya.

Prinsip-Prinsip Program Pengayaan

  • Siswa menjadi lebih suka kegiatan di luar kelas dibanding kegiatan yang dilakukan di dalam kelas.
  • Kegiatan yang bersifat menemukan hal baru (eksperimen) lebih disukai dibandingkan kegiatan yang bersifat dekriptif.
  • Kegiatan yang banyak meminta siswa untuk bergerak lebih disukai dari pada kegiatan yang hanya dilakukan dengan membaca.
  • Kegiatan yang membutuhkan waktu sedikit lebih disukai dari pada kegiatan yang membutuhkan waktu lama.

Bentuk-bentuk Pelaksanaan Pengayaan

Menurut buku Panduan Penyelenggaraan pembelajaran pengayaan yang disusun oleh Depdiknas(2008), berikut adalah bentuk-bentuk pelaksanaan pengayaan.

1. Belajar secara mandiri, yaitu peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati.

2. Belajar secara kelompok, yaitu peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam sekolah biasa, sambil mengikuti teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai ketuntasannya.

3. Pemadatan kurikulum, yaitu memberikan pembelajaran hanya untuk kompetensi atau materi yang belum diketahui peserta didik, karenanya tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi atau materi baru sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing-masing.

4. Pembelajaran berbasis tema, yaitu memadukan kurikulum dibawah tema besar sehingga peserta didik bisa mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu.

Sasaran Program Pengayaan

Sasaran program pengayaan adalah siswa-siswa yang lebih cepat dari teman-temannya di kelas untuk memperluas keterampilan dan pengetahuannya.

Baca Juga:

Peserta didik yang memiliki prestasi baik perlu mendapatkan pengayaan agar dapat mengembangkan potensi secara maksimal, salah satunya kegiatan pengayaan yaitu memberikan materi tambahan, atau tugas individu yang bertujuan memperluas kompetensi yang telah dicapai. 

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Aplikasi Kwitansi Excel untuk SPJ BOS
Baca selengkapnya