Translate Page

Syarat Pencairan Dana BOS di Bank

syarat pencairan dana bos

Sebagai bendahara, tentunya anda akan harap-harap cemas apabila dana BOS belum turun sesuai dengan jadwal seharusnya. Mekanisme yang ada memang mengharuskan semua alur dan proses dilalui, baik sekolah maupun satuan pendidikan, sehingga manakala pelaporan periode sebelumnya belum tuntas, menjadikan dana BOS belum bisa disalurkan ke rekening sekolah.


Namun rasa lega akan muncul ketika kita melihat laman bos.kemdikbud.go.id muncul keterangan “Salur Rekening Sekolah” artinya dana BOS sudah masuk ke rekening sekolah, mungkin hanya tinggal menunggu surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan agar dana BOS bisa segera dicairkan.


Jika sudah muncul status “Salur Rekening Sekolah”, bendahara sekolah bisa menyiapkan syarat-syarat yang nantinya dibawa ke bank untuk proses pencairan. Berikut ini beberapa syarat yang bisa dipersiapkan, namun perlu dipahami bahwa mungkin saja antara satu daerah dengan lainnya atau satu bank salur dengan bank lainnya berbeda apa saja dokumen yang dibawa.


Berikut ini beberapa dokumen yang umumnya diminta bank sebagai syarat pencairan dana BOS:


  1. Cek / Giro

  2. Fotocopy SK Kepala Sekolah (menunjukkan SK Asli)

  3. Fotocopy SK Bendahara BOS(menunjukkan SK asli) – download contoh SK Bendahara disini

  4. Fotocopy SK Tim BOS Sekolah – download contoh SK TIM BOS Sekolah disini

  5. Fotocopy KTP Kepala Sekolah (menunjukkan KTP asli)

  6. Fotocopy KTP Bendahara (menunjukkan KTP asli)

  7. Surat rekomendasi dari dinas Pendidikan

Setiap bank salur mungkin saja berbeda terkait dokumen apa saja yang diminta. Dokumen di atas merupakan persyaratan pencairan BOS di Bank Pembangunan Daerah (BPD Jatim).


Dari pengalaman yang sudah, sebaiknya kita menyiapkan semua berkas sehingga tidak sampai kembali akibat berkas belum tersedia, terlebih jika rumah / sekolah kita jauh dengan bank salur.


Demikian informasi singkat yang dapat saya bagikan kali ini berkenaan dengan syarat apa saja yang dibutuhkan pada saat pencairan dana BOS di bank salur. Semoga bermanfaat.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar