10 Contoh Naskah Drama 4 Orang Singkat Mudah Diingat

Contoh Naskah Drama 4 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 4 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 4 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 4 Orang

1. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Cerita Rakyat


Tokoh Drama:

  1. Dayang Sumbi
  2. Sangkuriang
  3. Tumang/ Anjing sakti
  4. Beberapa tokoh pembantu/ibu-ibu

Narator : Dikisahkan pada beribu-ribu tahun yang lalu, tanah Parahyangan dipimpin oleh seorang raja dan seorang ratu yang hanya mempunyai seorang putri. Putri itu bernama Dayang Sumbi. Dia sangat cantik dan cerdas, sayangnya dia sangat manja. Pada suatu hari saat sedang menenun di beranda istana, Dayang Sumbi merasa lemas dan pusing. Dia menjatuhkan pintalan benangnya ke lantai berkali-kali.

Adegan 1

Dayang Sumbi : (marah) aaahhh! Jatuh lagi! Jatuh lagi! Aku malas mengambilnya lagi! Aku bersumpah! Siapapun dia jika ada yang mengambilkan pintalan benangku, kalau dia lakilaki, akan kujadikan suami, jika perempuan akan kujadikan saudara.

Narator : Setelah kata-kata sumpah itu diucapkan, datang seekor anjing sakti yang bernama Tumang.

Tumang : Ini pintalan benangnya Tuan Putri! 

Dayang sumbi : (kaget) Haaahhh?? Kenapa se ekor anjing yang harus mengambil pintalan benangku? Berarti mau tak mau....., aku harus melaksanakan sumpahku dan menikahi anjing ini.

Narator : Kemudian Dayang Sumbi dan Tumang menikah dan hidup berbahagia hingga mereka dikaruniai seorang anak yang berupa anak manusia tapi memiliki kekuatan sakti seperti ayahnya. Anak ini diberi nama Sangkuriang.

Dalam masa pertumbuhannya, Sangkuriang selalu ditemani bermain oleh seekor anjing yang bernama Tumang yang dia ketahui hanya sebagai anjing yang setia, bukan sebagai ayahnya. Sangkuriang tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah perkasa. Pada suatu hari Dayang Sumbi memanggil putranya Sangkuriang.

Adegan 2

Dayang sumbi : Nak, bunda akan mengadakan suatu pesta. Pergilah kau berburu rusa di hutan bersama si Tumang.

Sangkuriang : Baik, bunda.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Pendidikan


Tokoh : 

  1. Farah
  2. Andre
  3. Lala
  4. Sule

Babak 1

Lala, Farah, Sule, dan Andre mendapat tugas kelompok yaitu membuat drama. Mereka berencana belajar kelompok di rumah Farah. Lala dan Farah menghampiri meja Sule dan Andre. Mereka mengajak Sule dan Andre untuk mengerjakan tugas kelompok.

Farah : Eh.. Lala tugasnya gimana?

Lala          : Kita tanya aja ke Sule dan Andre.

Farah : Ya udah yuk. (Menghampiri Sule dan Andre.)

Lala         : Ndre, nanti pulang sekolah kita kerja kelompok yuk.

Andre : Dimana?

Lala         : Di rumahmu boleh gak, Farah?

Farah : Gak papa tapi jangan sore-sore, pulang sekolah langsung berangkat aja ya.

Sule         : Kalau pulang sekolah aku gak bisa.

Andre : Kenapa? Ada acara?

Sule         : Ada, acara keluarga.

Farah : Ya udah kalau Sule ada acara, kita kerja kelompoknya bertiga aja.

Andre : OK, tapi nanti aku nyusul ya.. soalnya aku mau pulang dulu.

Lala         : Ya nanti ditunggu langsung di rumah Farah.

Saat pulang sekolah pun tiba, Farah dan Lala langsung menuju rumah Farah.

Farah : Ndre, kita duluan ya.. Nanti jangan lama-lama.

Andre : Beres.

Akhirnya Lala dan Farah sampai di rumah Farah. Mereka mempersiapkan alat & bahan sambil bercakap-cakap.

Lala         : Tema drama kita apa?

Farah : Tentang pendidikan aja.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


3. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Kepedulian Sahabat


Penokohan:

  • Dina: Patuh pada perintah orangtua
  • Winda: Sosok sahabat yang baik
  • Astrid: Sosok sahabat yang peduli terhadap teman
  • Hesti: Adik Astrid

Sinopsis Drama

Dina diminta ibunya untuk mengantarkan barang titipan tantenya. Dina meminta Winda untuk menemaninya kerumah tantenya. Ditengah perjalanan, motor Dina bannya kempes dan tidak ada bengkel disekitar jalan yang mereka lewati. Secara kebetulan, Astrid dan Hesti melihat mereka saat sedang mendorong motor. Astrid pun memberikan pertolongan kepada Winda dan Dina dengan cara mendorong motor secara bergantian hingga sampai disebuah bengkel.

Dialog Drama

Dina         : Win, besok pagi kan libur sekolah.. kamu ada waktu nggak untuk nemenin aku ke rumah tanteku?

Winda : Besok? aku belum tahu ya.. emangnya kamu ada perlu apa kerumah tante kamu?

Dina         : Aku disuruh ibuku nganterin barang titipan tanteku.

Winda : Emangnya barang apa?

Dina         : Aku belum tahu. Entah apa barangnya. Gimana, kamu besok bisa apa nggak?

Winda sebenarnya ada acara sendiri, namun dia sulit menolak permintaan Dina.

Winda : Ya sudah deh, besok aku anterin kamu. Jam berapa besok? aku kerumah kamu atau kamu yang kerumahku?

Dina         : Terserah kamu deh, jam 8 atau jam 9 gitu.. kalau kamu mau mending kamu aja yang kerumah aku.

Winda : Ya sudah, besok jam 8.30 aku kerumah kamu, terus kita langsung kerumah tante kamu.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


4. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Perbaikan Diri


Pada suatu sekolah,ada seorang anak yang sangat malas.Pada suatu hari ada tugas Bahasa Indonesia.Kebetulan,Fifi yang biasa tidak mengerjakaan.Fifi sudah terbisa tidak mengerjakan tugas.Fifi dengan santenya walaupun di tidak mengerjakan.

Bella : Fi,kamu sudah mengerjakan PR belum???”(sambil berjalan menuju kelas)

Fifi         : PR apa Bell??(sambil kebingungan menggelengkan kepala)

Bella : PR Bahasa Indonesia ih,,emang kamu kemarin gak denger pas mau pulang Bu Mila bilang PR Bahasa Indonesia.

Fifi         : Apa iya Bell??kok aku gak denger ya ???

Karin : Hayoo,,pada lagi ngomongi apa hayoo,,???

Bella : Itu lho,Fifi katanya kemarin gak denger kalo ada PR Bahasa Indonesia.

Karin : Hahaha…makanya kalau punya telinga jangan buat sandaran tangan mulu,jadi gak denger!!

Fifi         : Bukanya kaya gitu,,Aku kan kemarin ketiduran dikelas,soalnya aku ketiduran kemaleman.

Bella : Emang kamu tadi malem ngapain aja ???

Fifi         : Nonton…film luar???

Karin : Fim di tonton,,gak sekalian dimakan??hahaha……

Bella : Ia tuh,masa lebih penting nonton film luar dari pada tugas?emang nonton film luar dapat nilai apa ???

Fifi         : Abis seru sih…???

Karin : seru apaan…seru kalau garap tugas ???

Bel masuk pun berbunyi..mereka pun segera berbadin dan masuk ke kelas.Fifi pun semakin gelisah.

Fifi         : Duh..Rin gimana nih..aku belum selesai ngerjain PR nih…

Karin : Ya abis kamu lebih mentingin nonton film luar dari pada ngerjain tugas,,

Fifi         : Yah orang dah terlanjur gak kerjain..aku nyontek punya kamu ya Rin..pliss

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Nasehat dari Sahabat


Karakter:

  • Ani     : Baik (suka menasehati)
  • Nani     : Baik (suka dengan kebaikan)
  • Jordi     : Jahat (suka menjahili orang)
  • Dendi    : Baik (suka menegur temannya ketika salah)

Alur Drama

Pada pagi hari itu tepatnya di depan rumah Ani, Nani, Jordi dan Dendi sedang berkumpul. Tidak lama kemudian si Ani keluar dari rumahnya mendengar ketiga temannya itu sedang ngobrol didepan halaman rumahnya.

Naskah Dialog Drama

Ani     : Hai, ada apa ini? Kok tumben kalian pada gerumpi didepan rumah akau.. nggak manggil aku lagi?!

Nani     : Aku tadinya sih mau manggil kamu, tapi kamunya aja yang sudah keburu nongol. Nggak ada acara kamu hari ini, An?

Ani     : Nggak ada tuh.. emang mau ngajak kemana kok kayaknya mau ngajak aku jalan gitu?

Nani     : Nggak kok, aku cuman nanya aja.. ya, sapa tahu aja kamu mau kemana gitu, kan biasanya kamu padat acara.

Ani     : Nggak ada kok, hari ini aku stay dirumah aja.

Tiba-tiba Jordi menyampaikan idenya kepada teman-temannya untuk ngejahilin Lela yang biasanya lewat didepan rumah Ani.

Jordi     : Eh teman-teman, aku ada ide nih!

Dendi    : Ide apaan tu?

Jordi     : Bisanya jam sgini kan Lela pasti lewat sini, gimana kalau kita kerjain dia. Setuju nggak kalian?

Dendi    : Ngerjain Lela?! Ah.. kamu ini jahat amat sih jadi orang!

Ani     : Iya tuh.. kenapa sih dari dulu kamu tuh nggak pernah berubah, Di. Dari dulu kerjaannya pengen ngejahilin orang terus!

Jordi     : Biarin.. kan itu emang hobiku.

Nani berusaha untuk menyadarkan Jordi yang diusianya sudah menginjak 17 tahun, tapi sikapnya masih saja seperti anak-anak.

Nani     : Jordi, kamu tu kan udah dewasa, mestinya tabiat buruk yang selama ini melekat pada diri kamu itu sudah beransur menghilang, ini nggak malah sepertinya makin menjadi.

Ani     : Tuh.. dengerin kata si Nani, harusnya kamu tuh bisa bersikap lebih dewasa, dan kebiasaan kamu yang suka ngejahilin orang itu sedikit demi sedikut harus kamu hilangin.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


6. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Mengisi Liburan Sekolah


Pemeran : Abdul, Kadir, Dina, Afifah

Karakter : Abdul (pemalas), Kadir (Rajin), Dina (Periang), Afifah (Religius)

Sinopsis Drama

Suatu ketika di sebuah majid, berkumpulah 4 orang remaja SMA yang tergabung dalam remaja islam masjid (RISMA). Dalam situasi ini adalah beberapa saat menjelang rapat RISMA akan diadakan. Mereka berbincang-bincang ringan seputar masalah agama dan pendidikan.

Dialog Drama

Dina         : Liburan akhir semester setelah ujian ini apa rencana kalian?

Abdul : Kalau aku lebih baik di rumah. Santai sambil main game dan nonton TV saja. Kalau kamu Din?

Dina          : Nanti dulu tanya ke akunya. Aku tunggu jawaban teman-teman lainnya dulu. Kamu mau ke mana liburan ini Dir?

Kadir : Hmm, apa ya? Aku mau beres-beres rumah. Aku juga mau banyak belajar saja. Lagi pula tugas liburan kita kan banyak sekali.

Abdul : Ya ampun, tugas lagi-tugas lagi.

Dina     : Kalau kamu Fah? Apa rencanamu?

Afifah : Hmm apa ya? Aku mau menghidupkan masjid saja.

Abdul : Menghidupkan masjid bagaimana maksudmu?

Afifah : Ya aku mau menyibukkan diri dengan kegiatan ibadah di masjid sekaligus menghidupkan kegiatan di dalamnya.

Dina      : Misalnya?

Afifah : Ya seperti yang kita lakukan sekarang ini. Saat ini bukankah kita sedang berupaya untuk menghidupkan masjid?

Kadir : Dengan mengobrol begini maksudmu?

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


7. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Kejujuran


PEMAIN :

  • Guru
  • Rara
  • Reni
  • Rina

Dalam suasana belajar mengajar di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak serta mengumpulkan tugas.

Guru     : Anak - anak, silakan dikumpulkan tugas karya tulis minggu kemarin. (kemudian satu persatu siswa naik mengumpulkan tugas karya tulis masing-masing)

Guru     : Karena ini merupakan tugas perorangan, maka penilian akan dilakukan berdasarkan isi dari karya tulis kalian. Oke, masukkan buku kalian semua. Bapak akan mengadakan ulangan.

Reni     : Hah, ulangan apa lagi pak? baru saja 2 hari yang lalu diadakan ulangan

Guru    : Rara, tolong dibagikan kertas folio ini ke semua siswa.

Rara     : baik paK (sambil berjalan membagikan kertas folio. Suasana ruang kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa mengeluh tentang diadakannya ulangan mendadak ini)

Guru     : pada ulangan kali ini, bapak ingin kalian menulis ulang pokok-pokok dan kesimpulan dari karya tulis yang kalian buat. 

(kemudian siswa hening dan sibuk mengerjakan ulangan. Sedangkan pak guru sibuk memeriksa tugas karya tulis yang tadi dikumpulkan. pak guru menemukan keanehan pada tugas karya tulis milik Rara dimana isinya sama persis dengan karya tulis milik Rina. Setelah 20 menit berlalu, kemudian kertas ulangan dikumpulkan.

Guru     : baiklah yang lain bisa istirahat. Tolong Rara dan Rina tetap disini, bapak mau bicara.

(semua siswa keluar ruang kelas kecuali Rara dan Rina)

Guru     : bapak minta kalian berdua jujur kepada bapak. Kenapa tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya juga.

Rara     : saya mengerjakan karya tulis itu sendiri pak

Rina     : saya juga mengerjakan karya tulis saya sendiri

Guru     : Lalu, Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tadi tidak sama dengan isi karya tulis kalian?

(lama Rara dan Rina terdiam, takut-takut untuk memulai bercara)

Guru     : kalau begitu, bapak anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.

Rina     : maaf pak. Kalau saya jujur, apakah kalau saya berkata jujur maka bapak akan memaafkan saya?

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


8. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Roda Kehidupan


DOWNLOAD


9. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Kesabaran


DOWNLOAD


10. Contoh Naskah Drama 4 Orang tentang Mengerjakan PR


Karakter

  • Ilham (suka menasehati)
  • Nila (peduli teman)
  • Arin (suka mengingatkan)
  • Budi (pemalas)

Ilham : Kemarin kan ada PR, apa kamu sudah menyelesaikannya?

Nila         : Sudah, PR-ku sudah selesai aku kerjakan. Kalau kamu, Rin?

Arin         : Sudah, aku juga sudah mengerjakannya. Kamu, Bud?

Budi         : Belum.

Ilham : Kenapa belum, Bud? kamu bisa kena hukukman nanti. Kamu tidak takut kalau nanti kamu kena hukuman?

Budi         : Hukuman? aku kan bukan pencuri, kenapa dihukum.

Nila         : pencui saja yang bisa dihukum. Pelajar yang tidak menyelesaikan Tugas Rumah juga bisa kena hukuman.

Budi         : Benarkah? hukuman apa itu?

Arin         : Sudahlah, kita tidak perlu menasehati Budi, Percuma saja.

Arin         : Iya, sepertinya anak ini memang sulit dinasehati.

Budi         : Urus saja pekerjaan kalian, kenapa mesti sibuk mengurus masalah PR-ku.Karena merasa ada yang salah dengan sikap malas Budi, Ilham pun terus berusaha untuk menasehati Budi.

Ilham :Kamu tidak boleh begitu, Bud. Belajar itu penting untuk kesuksesan kamu dimasa depan.

Arin         : Benar itu, dengarkan itu, Bud.

Ilham : Kalau kamu mau jadi orang yang berhasil, maka kamu wajib menyelesaikan setiap tugas yang diberikan guru.

Nila         : Ayo, Bud. Kamu harus bisa lebih bersemangat lagi. Kerjakan semua PR kamu agar kamu tidak jadi siswa yang dinilai buruk.

Budi         : PR itu kan sudah basi. Kan sekarang sudah waktunya mengumpulkan, bagaimana aku mau mengerjakannya. Ilham berusaha memberikan solusi untuk Budi.

Ilham : Baiklah kalau begitu.. hari ini aku akan bantu kamu untuk menyelesaikan tugas PR itu, tapi kamu harus berjanji.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 4 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

Related Posts

Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
Struktur Pasar Valuta Asing
Baca selengkapnya