Translate Page

5 Contoh Naskah Drama 2 Orang Singkat Terbaik

Contoh Naskah Drama 2 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 2 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 2 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 2 Orang

1. Contoh Naskah Drama 2 Orang tentang My Diary


Sinopsis Drama

Hingga detik ini keluarga Yumie belum juga sampai dirumah, padahal hari tampak kian sore. Yumie duduk diteras rumah sambil menulis sesuatu di sebuah buku diarinya. Tampaknya ia merasa sedih. Tiba-tiba Jasmin datang mengagetkan Yumie.

Dialog Drama

Jasmin : Hai (memukul pundak Yumie)

Yumie : Hanya diam dan merunduk sedih

Jasmin : Kamu kenapa? Apa kamu mempunyai masalah?

Yumie : Tidak, aku tidak apa-apa.

Jasmin : Jangan bohong, kamu tidak bisa bohong dengan matamu. cerita saja sama saya. Mungkin saya bisa membantu.

Yumie : Sudahlah, tidak ada yang perlu dijelaskan.

Jasmin : Mengambil buku diari yang di pegang Yumie, lalu Ini apa? Pasti kamu menyimpan rahasia disini.

Yumie : Tidak! Kembalikan buku itu. Kamu tidak bakalan mengerti dengan perasaanku. aku sudah bosan hidup di dunia ini. Lebih baik aku mati saja. (mencoba bunuh diri dengan menggores silet di tangannya

Jasmin : Hentikan Yumie! Ini hal bodoh yang kamu lakukan. Kau pikir dengan cara bunuh diri masalahmu akan selesai. Tidak! Mungkin ini akan menambah masalah saja.

Yumie : Menangis

Jasmin : Mencoba menenangkan Yumie. Tolong, ceritalah kepada saya. Kamu harus percaya sama saya. Saya yakin kita dapat menyelesaikan masalah ini. Aku juga ikut sedih melihat kamu seperti ini.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 2 Orang tentang Mengejar Cita-cita


DOWNLOAD


3. Contoh Naskah Drama 2 Orang tentang Sahabat


Penokohan:

  • Putra
  • Putri

Sinopsis Drama

Pukul 14.00, bel berbunyi tanda waktu belajar selesai. Putra dan Putri meninggalkan kelasnya masing-masing. Pada saat Putra berjalan ia bertemu dengan Putri, namun ada yang berbeda pada Putri, hari ini, baru kali ini bertemu dengan sahabatnya Putra ia tidak menyapanya.

Dialog Drama

Putra     : (Putra pun heran dan menghampiri Putri, dengan wajah heran ia bertanya) Cha’ kamu kenapa?

Putri     : (dengan wajah sedih campur marah Putri menjawab) nggak tau ah gelap

Putra     : (dengan wajah yang masih heran Putra membalas) hmmm.. kamu, kamu marah ya sama aku?

Putri     : (dengan keadaan marah sambil memegang pinggangnya Putri mengusir Putra) udah..udah..udah, sana aku dah malas sama kamu

Putra     : (masih sangat heran Putra bertanya) kamu galak banget sich?

Putri     : (masih marah Putri menjawab) Trus ku galak emang kenapa? Masalah buat loh.

Putra     : (Putra menenangkan Putri) yaya.. nggak usah marah-marah terus donk, bisa nggak ngomongnya baik-baik. Bagaimana kalo bicaranya di taman.

Putri     : (masih marah dan sedikit ngambek Putri menerima ajakan Putra) iya…

Putra dan Putri pergi ke taman dan duduk di bawah pohon yang rindang.

Putra     : (masih heran dan sangat ingin tau apa yang terjadi, Putra bertanya) sebetulnya kamu kenapa Cha’? kok kamu marah-marah begitu sama aku?

Putri     : (dalam keadaan sedih Putri menjawab) kamu sih, di saat-saat ini kamu dah jarang memerhatikan aku … ( dan dalam keadaan sedih campur cemburu Putri melanjutkan pembicaraannya) terutama pada saat kamu dekat sama Aqila anak kepala sekolah itu, kalo gitu mending persahabat kita putus.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


4. Contoh Naskah Drama 2 Orang Lucu


Sekolah masih terlihat sangat sepi, rumput yang basah masih terlihat jelas, kabutpun masih tebal menyelimuti bumi ini. Di sudut taman depan kelas XI IPA 4 SMA NEGERI 3 JOMBANG terlihat tukang kebun yang sedang asik memainkan sapu dan sabit. 

Di sebelah barat, di lorong depan kelas XI IPA 4 terlihat Eko yang lari tergesa-gesa, dengan keadaan seperti itu terlihat di tanganya sebuah kotak kecil berwarna biru pekat. 

Ia pun semakin mempercepat langkahnya.Saat mendekati kelas XI IPA 4, akibatnya tong sampah yang berada di dekat pintu tertabrak. Memang ia sengaja datang lebih awal, karena ia belum mengerjakan tugas yang diberikan Bu Eka.

Eko     : ”kemana sih teman-teman…..? kok belum ada yang datang.”Astaga masih jam segini” (sambil melihat jam di kelas) Eko masih terlihat ngantuk, ia mengangkat kedua tanganya sambil menguap.

Eko     : ”ehhhhh…sambil nunggu teman-teman duduk dulu ah sambil memejamkan mata… sebentar ajah.”

Selang 15 menit, kemudian Yaqin datang sambil mengunyah permen karet, iapun kemudian membangunkan Eko.

Yaqin     : “heh bangun….bangun…bangun eh loe mati ya..? tumben kamu datan lebih awal ke sekolah?

Eko     : ”oh…ia Qin... aku belum ngerjakan PR biolgi yang dikasih Bu Eka kemarin.”

Yaqin     : ”lho emang ada PR apaan…..?” (sambil heran dan kaget)

Eko     : ”iya BSE latihan satu halaman seribu tiga ratus tujuh”

Yaqin     : ”lhooo…aku belum ngerjain! Yaudah…kita nunggu temen-temen yang lain ajah… ntar kita nyontek bareng. Ok?”

Eko     : “siiip…! Kalau begitu sekarang belajar otomotif aja dulu, nanti kita kan ada ulangan ”

Yaqin     : ”eh…kamu kok makin ngelantur sihh! Kita tuh sekolahnya SMA dan jurusan kita IPA, ya… jelas ga ada pelajaran otomotif”

Eko     : ”lho io tah…? (sambil ngelantur)”

Yaqin     : ”makanya kalo ngomong jangan ngelantur aja!”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 2 Orang Bahasa Inggris


Situasi : 2 orang teman sekelas yang sedang berbincang di pagi hari.

Yuna : Hi Henry, good morning! (Hai Henry, selamat pagi!)

Henry : Hi, good morning! (Hai, selamat pagi!)

Yuna : How are you today Henry? (Apa kabarmu hari ini Henry?)

Henry : I am fine. How about you? (Aku baik. Bagaimana denganmu?)

Yuna : I am fine too thank you. What is that Henry? (Aku juga baik. Apa itu Henry?)

Henry : Oh,, this is the task given by Mr. Chen. I just read it, but I can’t understand it well. It is quite difficult I thought. Have you read it? (Oh.. ini adalah tugas yang diberikan oleh oleh Pak guru Chen. Aku baru saja membacanya, tapi aku tidak bisa memahaminya dengan baik. Tugasnya cukup sulit menurutku. Apakah kamu sudah membacanya?)

Yuna : Yes, I have read it. (Iya, aku sudah membaca tugasnya.)

Henry : What do you think? (Bagaimana menurutmu?)

Yuna : I do think it is difficult. I also can’t understand it well. (Aku juga berpikir itu sulit. Aku juga tidak dapat memahaminya dengan baik.)

Henry : Hm.. how if we do it together? Study together? (Hm.. bagaimana kalau kita mengerjakan tugasnya bersama? Belajar bersama?)

Yuna : That’s good idea.(Itu ide yang bagus.)

Henry : So, where will we go? At my house or yours? (Jadi, kita akan kemana? Ke rumahku atau rumahmu?)

Yuna : I think, it is better if we study at my house. We can ask to my sister June if we get difficulties in doing the task. Probably my sister can help us. (Aku pikir, lebih baik jika kita belajar bersama di rumahku. Kita bisa bertanya pada kakakku June jika kita mengalami kesulitan saat mengerjakan tugasnya. Mungkin saja kakakku bisa membantu kita.)

Henry : That’s right. At what time will we start? (Itu benar. Jam berapa kita akan mulai belajar?)

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 2 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar