Translate Page

5 Contoh Teks Inspiratif Tentang Kebaikan

Contoh Teks Inspiratif - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks inspiratif tentang kebaikan. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai teks inspiratif.

Teks inspiratif adalah jenis teks yang digunakan untuk menghasilkan ide atau gagasan yang dapat memotivasi seseorang untuk mencapai tujuan. Teks inspiratif ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan wawasan, semangat, motivasi, dan kepercayaan diri pembaca.

Ciri-ciri Teks Inspiratif

1. Memiliki alur cerita

2. Sifatnya naratif

3. Memiliki struktur teks

4. Memiliki pesan dalam ceritanya

5. Karakternya bisa dari kehidupan nyata atau fiksi

6. Kebenarannya dapat dibuktikan

Kaidah Kebahasaan Teks Inspiratif

  • Penggunaan Kata Keterangan

Dalam teks inspiratif, terdapat penggunaan kata keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan kegiatan dalam cerita. Kata-kata keterangan yang sering digunakan meliputi waktu, cara, tempat, dan tujuan. Contoh penggunaan kata keterangan dalam teks inspiratif adalah "pada", "agar", "di", "dari" dan sebagainya.

  • Penggunaan Kata Hubung

Penggunaan kata hubung dalam teks inspiratif akan membuatnya lebih menarik untuk dibaca. Contoh kata hubung yang sering digunakan dalam teks inspiratif adalah "dan", "serta", dan "lagi pula."

  • Penggunaan Kalimat Majemuk

Penyusunan kalimat majemuk digunakan dalam teks inspiratif, baik dalam bentuk kalimat majemuk sementara maupun kalimat majemuk bertingkat.

  • Penggunaan Kalimat Berdasarkan Fakta

Teks inspiratif harus menggunakan kalimat yang didasarkan pada fakta, bukan hasil imajinasi penulis. Pembaca akan lebih menyukai teks inspiratif yang memiliki dasar fakta, karena cerita tersebut tidak akan menipu pembaca.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Kebaikan

1. Contoh Teks Inspiratif Kebaikan - Ulang Tahun

Teks Inspiratif Kebaikan Ulang Tahun

Hari ini, Putri merayakan ulang tahunnya yang ke-14. Biasanya, pada hari ulang tahunnya, ibunya akan memasak makanan yang dia sukai dan ayahnya akan memberikan hadiah. Setelah bel pulang sekolah berbunyi, Putri berharap akan mendapat kejutan dari orang tuanya, sehingga dia segera pulang.

Namun, pada hari itu, adik Putri sedang sakit, sehingga ibunya sibuk merawatnya. Karena itu, Putri kecewa karena harapannya untuk menikmati makanan kesukaannya pupus.

Putri merasa marah terhadap orang tuanya karena merasa diabaikan. Akibatnya, dia meninggalkan rumah dan pergi ke taman dengan perasaan kesal. Tidak lama kemudian, dia mulai merasa lapar dan perutnya mulai keroncongan.

Di taman, satu-satunya penjual makanan adalah seorang tukang bakso keliling. Putri mendekatinya, tetapi sayangnya dia tidak punya uang. Melihat Putri yang memohon, tukang bakso itu menawarkan seporsi bakso secara gratis.

Sambil menikmati bakso tersebut, Putri tiba-tiba menangis. Tukang bakso bertanya, "Mengapa kamu menangis, Nak?"

Putri menjawab, "Sebenarnya ini hari ulang tahunku, aku terharu karena Anda yang baru saya kenal sangat baik padaku. Orang tuaku malah tidak peduli."

Tukang bakso berkata, "Jika kamu sudah merasa terharu hanya karena aku memberikan makanan sekali, bagaimana dengan orang tuamu yang sudah memberimu makan selama bertahun-tahun? Jangan meremehkan orang tua sendiri, Nak, nanti kamu akan menyesal!"

Putri mendengarkan nasihat dari tukang bakso itu dan kembali pulang ke rumah. Ketika sampai di rumah, dia meminta maaf pada ibunya.

2. Contoh Teks Inspiratif Kebaikan - Persahabatan

Teks Inspiratif Kebaikan Persahabatan

Ada dua orang yang telah berteman lama, yaitu Rizal dan Farhan. Rizal adalah seseorang yang cenderung pendiam dan memahami karakter Farhan dengan baik. Sementara itu, Farhan adalah tipe orang yang blak-blakan dan terbuka, meskipun kadang-kadang perilakunya dapat menyakiti orang lain.

Meskipun persahabatan mereka telah terjalin sejak kecil, Rizal kadang merasa tersakiti dengan kejujuran yang terlalu tajam dari Farhan. Rizal sering bertanya-tanya mengapa sifat sahabatnya itu tidak pernah berubah.

Pada suatu hari, Rizal memutuskan untuk memberikan nasihat kepada Farhan. Dia berkata, "Han, coba ubah sedikit sikapmu! Jika kamu terus seperti ini, orang-orang di sekitarmu bisa menjauh, termasuk aku."

Farhan membalas, "Kamu sudah mengenal aku sejak kecil. Kamu pasti tahu bagaimana sifatku. Kamu juga orang yang paham karakter orang dengan baik. Jika kamu tidak tahan dengan sifatku sekarang, maka persahabatan kita bisa berakhir sampai di sini."

Sebagai sahabat terdekat Farhan, niat Rizal sebenarnya baik. Dia ingin menasehati Farhan agar bisa berubah karena kesal dengan kejujuran Farhan yang terkadang menyakitkan. Namun, Rizal juga mengingat semua kebaikan yang telah Farhan berikan kepadanya.

Setelah hari itu, Rizal tidak lagi mencoba memaksa Farhan untuk berubah. Dia yakin bahwa tanpa disuruh, Farhan akan menyadari bahwa perilaku yang menyakiti orang lain tidaklah baik.

Dalam kehidupan ini, saling mengingatkan adalah hal yang normal. Itu juga termasuk dalam hubungan persahabatan, setidaknya dengan saling mengingatkan, semuanya bisa tetap terjaga dengan baik.

Dengan begitu, kamu telah menjadi sahabat yang baik karena mau mengingatkan kesalahan yang dilakukan oleh sahabatmu. Dalam persahabatan, hal seperti itu seharusnya ada, meskipun terkadang kamu akan dianggap sebagai sahabat yang "terlalu ikut campur". Tapi percayalah, suatu saat nanti dia akan berubah tanpa perlu disuruh.

3. Contoh Teks Inspiratif Kebaikan - Tindakan kecil

Teks Inspiratif Kebaikan Tindakan kecil

Di sebuah sekolah yang sibuk, terdapat seorang siswa bernama Farah yang selalu membawa bekal makanan berlebihan dan membagikannya kepada teman-temannya yang tidak membawa bekal. Farah selalu dengan sukacita membagikan makanannya, tetapi sayangnya, banyak teman sekelasnya yang menganggapnya aneh dan sering mengolok-oloknya.

Setiap kali Farah membagikan makanan, teman-temannya selalu mengejeknya dan mengatakan, "Kenapa kamu selalu membawa makanan sebanyak itu? Kamu benar-benar aneh!" Namun, Farah tidak pernah membiarkan hal tersebut menghentikannya untuk terus berbagi kebaikan kepada orang lain.

Pada suatu hari, ketika mereka sedang makan siang, seorang teman sekelas Farah yang sering mengoloknya tidak membawa bekal makanan dan terlihat kelaparan.

Farah yang selalu berbagi makanan, menawarkan untuk berbagi dengan temannya tersebut. Temannya merasa tersentuh dan merasa bersalah karena sering memperlakukan Farah dengan buruk.

Sejak saat itu, teman-teman sekelas Farah mulai menghargai perbuatan baik yang dilakukannya. Mereka belajar bahwa kebaikan selalu ada di sekitar kita dan dapat dimulai dengan tindakan kecil seperti berbagi makanan.

Beberapa teman Farah bahkan mulai mengikuti contoh Farah dan membawa lebih banyak makanan untuk dibagikan. Namun, tidak semua teman Farah belajar dari perbuatan baiknya. Beberapa teman tetap tidak menghargai Farah dan terus mengolok-oloknya.

Meskipun begitu, Farah tidak kehilangan semangat untuk berbuat baik dan terus menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Ketika Farah lulus dari sekolah, dia meninggalkan warisan kebaikan bagi teman-temannya. Mereka belajar bahwa kebaikan selalu membawa dampak positif dalam hidup dan menginspirasi orang lain untuk berbuat baik.

Mereka terinspirasi oleh kebaikan yang dilakukan oleh Farah dan berkomitmen untuk terus melakukan tindakan kebaikan dalam kehidupan mereka.

4. Contoh Teks Inspiratif Kebaikan - Ibu

Teks Inspiratif Kebaikan Ibu

Pada suatu hari, seorang ibu melintasi warung nasi uduk sambil mendorong gerobaknya. Ibu tersebut tidak hidup sendirian, melainkan bersama kedua anaknya yang berada di dalam gerobak. Kondisi ini menarik perhatian seorang pelanggan bernama Mirna, yang sedang menikmati makan nasi uduk di waktu pagi menjelang siang.

Setelah melihat keadaan ibu dan anak-anak tersebut, Mirna segera memanggil ibu tersebut beberapa kali, namun ibu tersebut belum mendekat. Akhirnya, ibu tersebut mendekat dengan wajah bingung. Tanpa berpikir panjang, Mirna memesan tiga bungkus nasi uduk dan memberikannya kepada ibu tersebut. Ibu tersebut berterima kasih berulang kali kepada Mirna.

Ibu tersebut menceritakan bahwa suaminya telah meninggal dan gerobak tersebut merupakan satu-satunya warisan yang mereka miliki. Saat ini, pekerjaannya hanya mencari sampah di sekitar perumahan atau tepi jalan, sambil berusaha menghibur kedua anaknya dan bertahan hidup. Meskipun hidupnya dalam kondisi sulit, ibu tersebut tidak pernah menyesal, karena ia selalu berusaha dan merasa bahwa Tuhan selalu bersamanya.

Tidak ada yang menginginkan hidup yang penuh kesulitan. Namun, di situlah pentingnya rasa syukur dan menyuarakan pesan tersebut. Karena Tuhan tidak pernah tidur dan selalu memberkahi setiap hamba-Nya yang senantiasa bersyukur.

5. Contoh Teks Inspiratif Kebaikan - Lingkungan

Hai, kami adalah penduduk Kampung Cendana. Meskipun kampung kami kecil dan penduduknya sedikit, kampung ini memiliki keindahan, kenyamanan, dan keasrian yang luar biasa. Kampung kami diberi nama Kampung Cendana karena terdapat banyak kebun Cendana yang menjulang tinggi dan melindungi rumah-rumah kami. Setiap sore, anak-anak kecil di kampung kami selalu bermain bersama, riang, dan berlarian di sekitar rumah kami.

Pada suatu hari, sekelompok orang berpenampilan menakutkan datang dengan kasar dan menebang semua pohon Cendana di kampung kami. Proses penebangan itu berlangsung selama dua minggu, dan kami tidak dapat menghentikan mereka. Setelah selesai, mereka pergi tanpa memberikan kompensasi apa pun kepada kami.

Kami merasa sangat sedih melihat kondisi kampung kami yang tidak lagi pantas disebut Kampung Cendana. Anak-anak kami kehilangan kegembiraan bermain, dan kami merindukan kehadiran pohon-pohon yang memberikan kesejukan bagi kampung kami.

Namun, seiring berjalannya waktu, kesedihan kami mulai memudar. Tiba-tiba, sekelompok anak muda yang gagah dan tampan datang ke kampung kami. Awalnya, kami merasa cemas dan bertanya-tanya, "Apa tujuan mereka datang ke sini? Apa lagi yang akan mereka ambil dari kampung kami?" Namun, prasangka kami ternyata salah.

Anak muda tersebut sangat sopan dan baik kepada kami. Mereka adalah kelompok yang peduli terhadap lingkungan. Mereka bertanya kepada kami apa yang terjadi, dan kami menjelaskan dengan detail. Mereka ikut prihatin dengan kondisi kami.

Akhirnya, mereka bersedia membantu kami mengembalikan hijaunya Kampung Cendana. Keesokan harinya, kami memulai kerja bakti menanam benih pohon Cendana dan jenis pohon lainnya. Kami sangat berterima kasih kepada mereka karena kepedulian dan bantuan mereka.

Baca Juga: 7 Contoh Teks Inspiratif Singkat & Terbaik

Itulah beberapa contoh teks inspiratif tentang kebaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar