Saran Pencarian

5 Contoh Teks Non Fiksi Biografi Singkat

Contoh Teks Nonfiksi Biografi - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks non fiksi biografi singkat. Sebelum itu, saya akan menjelaskan sedikit mengenai teks non fiksi.

Menurut definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), non-fiksi merujuk pada karya yang bukan fiksi, melainkan didasarkan pada fakta dan kenyataan. Sesuai dengan laporan dari Encyclopaedia Britannica (2015), non-fiksi mengacu pada kebenaran, seluruh kebenaran, dan hanya kebenaran.

Karya non-fiksi berkaitan dengan fakta dan peristiwa nyata. Meskipun terdapat beberapa perdebatan mengenai jenis sastra yang memenuhi syarat sebagai non-fiksi, biasanya teks non-fiksi digunakan dalam pembuatan karya sastra, esai, artikel, biografi, kesehatan, ilmu pengetahuan, sejarah, dan karya ilmiah.

Ciri-Ciri Teks Non Fiksi

1. Tulisan nonfiksi berupaya mencapai taraf obyektifitas tinggi dan membuat pembaca tertarik.

2. Bahasanya bersifat denotatif dan tidak bermakna ganda.

3. Biasanya berbentuk ilmiah populer seperti skripsi, artikel, makalah dan lainnya.

4. Tulisan nonfiksi menyerukan nalar pikiran para pembaca.

Baca Juga: Pengertian Fiksi & Non Fiksi - Jenis dan Contohnya

Contoh Teks Non Fiksi Biografi

1. Contoh Teks Non Fiksi Biografi Guglielmo Marconi

Teks Non Fiksi Biografi Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi (1874-1937) lahir pada tahun 1874 di Bologna, Italia. Sebagai pencipta radio, ia mendapatkan pendidikan pribadi dari seorang guru. Pada tahun 1894, ketika berusia dua puluh tahun, Marconi membaca tentang eksperimen yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. 

Eksperimen tersebut dengan jelas menunjukkan keberadaan gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat oleh mata, tetapi dapat bergerak melalui udara dengan kecepatan suara.

Konsep ini membangkitkan minat Marconi bahwa gelombang tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal melintasi jarak jauh tanpa menggunakan kabel, membuka peluang besar untuk kemajuan komunikasi yang tidak dapat dicapai dengan telegraf. Misalnya, dengan cara ini, berita dapat dikirimkan ke kapal di tengah laut.

Pada tahun 1895, setelah satu tahun kerja keras, Marconi berhasil membuat peralatan yang diperlukan. Pada tahun 1896, ia memperagakan penemuan ini di Inggris dan memperoleh paten pertamanya. Marconi segera mendirikan perusahaan dan mengirimkan sinyal "Marconi" yang pertama pada tahun 1898. 

Pada tahun berikutnya, ia berhasil mengirimkan berita melintasi Selat Inggris tanpa menggunakan kabel. Meskipun paten yang paling penting diperoleh pada tahun 1900, Marconi terus mengembangkan dan mematenkan banyak peningkatan berdasarkan penemuan sendiri. Pada tahun 1901, ia berhasil mengirimkan berita radio melintasi Samudra Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Arti penting dari penemuan barunya secara dramatis terlihat pada tahun 1909 ketika kapal S.S. Republic mengalami kerusakan akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berkat berita radio, semua penumpang dapat diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama, Marconi berhasil memenangkan Hadiah Nobel untuk penemuannya.

2. Contoh Teks Non Fiksi Biografi Mark Zuckerberg

Teks Non Fiksi Biografi Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg, seorang anggota Alpha Epsilon Pi, pada awalnya merupakan mahasiswa di Universitas Harvard. Ia mencoba menciptakan sebuah sistem jejaring sosial untuk kelasnya, namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang berminat untuk bergabung. Sistem tersebut pun mulai menyebar ke universitas-universitas terdekat dari tempat kuliahnya, dan dari sinilah Facebook yang kita kenal saat ini dimulai.

Situasi ini mendorong Zuckerberg untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut. Ia mulai mengembangkan sistem dan memberinya nama Facebook. Bersama teman-temannya, Zuckerberg menyewa sebuah ruangan di Palo Alto, California sebagai tempat pengembangan Facebook. 

Keterlibatannya dalam proyek Facebook membuatnya melupakan kuliahnya, dan ia dihadapkan pada pilihan sulit antara melanjutkan pendidikannya atau fokus pada bisnis proyek yang sedang dikembangkannya.

Dengan sikap optimis yang tinggi, Zuckerberg dan rekannya memutuskan untuk meninggalkan kuliah dan sepenuhnya fokus pada proyek Facebook. Di masa SMA-nya di Philips Exeter Academy, Zuckerberg dan temannya, D'Angelo, menciptakan sebuah plug-in untuk pemutar MP3 Winamp. Plug-in tersebut adalah program komputer yang berinteraksi dengan aplikasi host, seperti peramban web atau surel, untuk tujuan tertentu.

Ketika mereka melanjutkan ke perguruan tinggi, Zuckerberg masuk Harvard sementara D'Angelo memilih Caltech. Di Harvard, Zuckerberg mendapatkan ide untuk membuat sebuah direktori mahasiswa daring karena universitasnya tidak menyediakan buku direktori bagi mahasiswa baru sebagai sarana untuk saling berkenalan. 

Meskipun ide tersebut selalu ditolak oleh pihak Harvard, Zuckerberg tidak pernah menyerah dan terus mencari cara untuk mewujudkannya. Proyek pertamanya adalah CourseMatch, yang memungkinkan teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain melalui situs web tersebut.

Pada salah satu malam di tahun kedua kuliahnya di Harvard, Zuckerberg mengambil data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam sebuah situs web yang ia buat bernama Facemash. Karena dianggap melakukan pencurian data, Zuckerberg menghadapi masalah hukum. Namun, ia tidak menyesali tindakan tersebut.

Sebaliknya, ia meluncurkan sebuah situs web baru, yaitu Facebook, pada tahun 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Tujuan utamanya tetap menjadi tempat pertemuan bagi sesama mahasiswa di Harvard.

Sebagai pendiri Facebook, Mark Zuckerberg menjelaskan dalam situs webnya bahwa Facebook merupakan alat sosial yang membantu seseorang berkomunikasi secara efisien dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

3. Contoh Teks Non Fiksi Biografi Elon Musk

Teks Non Fiksi Biografi Elon Musk

Elon Musk dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1971 dan menunjukkan bakat kejeniusannya dalam mengoperasikan komputer Commodore VIC-20 saat berusia 10 tahun. Selanjutnya, ia belajar pemrograman secara mandiri dan berhasil menjual kode video game berjudul Blastar seharga $500 melalui majalah komputer.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Musk pindah ke Kanada pada tahun 1989 setelah memperoleh kewarganegaraan Kanada melalui garis keturunan ibunya yang lahir di sana. Pada usia 19 tahun, ia diterima di Queen's University di Kingston dan kemudian pindah ke University of Pennsylvania dua tahun setelahnya. Di universitas tersebut, ia meraih gelar sarjana dalam bidang fisika, dan setahun kemudian, ia memperoleh gelar sarjana kedua.

Ketika berusia 24 tahun, Musk pindah ke California dengan tujuan untuk mengejar gelar master dalam bidang fisika terapan. Namun, ia memutuskan untuk keluar dari program tersebut setelah dua hari demi mengejar ambisinya sebagai seorang pengusaha di bidang internet, energi terbarukan, dan eksplorasi luar angkasa. Pada tahun 2002, ia memperoleh kewarganegaraan Amerika Serikat.

Elon Musk memulai bisnisnya dengan mendirikan perusahaan perangkat lunak website bernama Zip2, yang menyediakan panduan kota bagi industri penerbitan koran. Ia memulai bisnis ini bersama adiknya, Kimbal, dengan modal $28.000 yang diperoleh dari ayah mereka.

Usaha mereka mencapai kesuksesan dengan mendapatkan kontrak dari koran-koran ternama seperti Chicago Tribune dan New York Times. Akhirnya, Zip2 diakuisisi oleh Compaq dengan nilai $307 juta, dan Musk mendapatkan bagian sebesar $22 juta.

Tidak berhenti di situ, Musk kemudian mendirikan layanan pembayaran online melalui email yang diberi nama X.com, dengan menggunakan hasil penjualan Zip2 sebagai modal. Setahun kemudian, X.com bergabung dengan Confinity, yang memiliki layanan pembayaran bernama PayPal. 

Akhirnya, perusahaan tersebut beralih fokus menjadi penyedia layanan PayPal dan mengubah nama perusahaan menjadi PayPal. Pada tahun 2002, PayPal dijual kepada eBay dengan nilai $1,5 miliar dalam bentuk saham, dan Elon Musk menerima $165 juta.

4. Contoh Teks Non Fiksi Biografi Bill Gates

Teks Non Fiksi Biografi Bill Gates

Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 di Seatle, Washington, Amerika Serikat. Bill Gates merupakan pendiri Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terkemuka. Dalam rentang waktu 1995-2009, Bill Gates menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya.

Bill Gates memiliki keturunan Inggris, Jerman, dan Irlandia. Keluarganya termasuk dalam kelas menengah atas, dan ia memiliki kakak perempuan bernama Kristi dan adik perempuan bernama Libby. Ayah Bill Gates bekerja sebagai pengacara, sedangkan ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur di First Interstate BancSystems dan United Way. 

Ketika usia 13 tahun, Bill Gates mulai bersekolah di Lakeside School. Di sana, pada tahun 1968, ia diperkenalkan ke dunia komputer dan dengan cepat menguasai bahasa pemrograman BASIC.

Bill Gates dan temannya, Paul Allen, mendirikan Microsoft pada tahun 1975. Ia selalu yakin bahwa teknologi akan terus berkembang pesat. Microsoft pada awalnya merupakan adaptasi dari bahasa pemrograman BASIC dan Altair 8800, yang dianggap sebagai komputer pribadi pertama di dunia.

Pada tahun 1990, Bill Gates merilis sistem operasi yang sukses, tetapi ia juga mendapat reputasi buruk dalam karirnya. Ia sering melakukan kesalahan dalam bisnis perangkat lunak.

Pada tahun 1990, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menggugat Bill Gates dengan tuduhan melakukan monopoli terhadap perusahaan kecil.

Pada tahun 2000-an, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya dan kembali ke profesi lamanya sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaan yang ia dirikan, yaitu Microsoft Corp.

5. Contoh Teks Non Fiksi Biografi Nikola Tesla

Teks Non Fiksi Biografi Nikola Tesla

Nikola Tesla, seorang ilmuwan fisika dan penemu listrik, lahir di Smijan pada 9 Juli 1856, yang saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Austro-Hungary dan kini berada di Yugoslavia. Pada tahun 1884, ia pertama kali pindah ke New York hanya dengan membawa 4 sen dan sebuah koper yang berisi artikel teknik yang ditulisnya di Beograd dan Paris.

Di dalam koper tersebut terdapat sebuah buku kumpulan puisi karya Nikola dan beberapa perhitungan teknis mengenai mesin terbang. Namun, dalam pikirannya, ia telah menyimpan semua rincian tentang generator arus C polyphase, yang kemudian menjadi dasar untuk instalasi pembangkit listrik tenaga air di Air Terjun Niagara pada tahun 1895, serta menjadi standar mesin industri.

Ia menjadi perintis dalam bidang elektromekanik, transmisi listrik tanpa kabel, dan daya listrik. Ia memiliki keturunan Serbia dan memperoleh kewarganegaraan Amerika Serikat pada tahun 1891 saat bekerja di negara tersebut.

Paten-paten dan teori yang dikembangkan oleh Tesla menjadi dasar dari sistem daya listrik arus bolak-balik modern, termasuk distribusi daya polyphase dan motor AC, yang diperkenalkannya pada masa revolusi industri kedua.

Selama bekerja di New York untuk Edison, Tesla merancang 24 jenis dynamo. Namun, hubungan mereka tidak pernah harmonis, sehingga pada tahun 1887, Tesla memutuskan untuk keluar dan mendirikan laboratorium sendiri.

Dalam waktu singkat, Nikola Tesla berhasil membuktikan keunggulan sistem arus bolak-baliknya dibandingkan dengan sistem arus searah yang dikembangkan oleh Edison. Bahkan, dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, ia berhasil mematenkan sekitar 30 karya.

Selama 20 tahun berikutnya, Tesla terus menghasilkan penemuan-penemuannya yang mengesankan di bidang teknik listrik dan radio. Namun, sayangnya, beberapa kecelakaan telah menghancurkan sebagian besar tulisannya.

Beruntungnya, upaya telah dilakukan untuk mengakui penemuannya yang sebenarnya, seperti pengakuan bahwa Nikola Tesla, bukan Marconi, adalah penemu sirkuit pencarian gelombang yang menjadi dasar bagi radio. Namun, ironisnya, fakta ini baru diakui oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat tepat pada tahun kematiannya.

Selain itu, terdapat kemungkinan gelar-gelar lain yang dapat diberikan kepada Tesla, seperti peneliti pertama dalam bidang sinar katoda dan sinar X, radiasi ultraviolet dari arus dengan frekuensi tinggi, serta efek terapinya pada tubuh manusia.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Non fiksi Singkat & Terbaik

Itulah beberapa contoh teks non fiksi biografi terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

contoh
ALWI
ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.