Translate Page

9 Contoh Naskah Drama 5 Orang Berbagai Tema

Contoh Naskah Drama 5 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 5 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Contoh Naskah Drama 5 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 5 Orang

1. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Persahabatan


Siang itu saat jam istirahat, empat orang siswa dan siswi yang sudah bersahabat sejak lama yaitu Melia, Rara, Florina, Fira dan Salsa sedang duduk santai di kantin.

Meisya : “Eh, kalian mau pesan minuman apa ?”

Rara : “Aku es jeruk dong.”

Salsa : “Aku juga es jeruk.”

Meisya : “Yaudah, semuanya es jeruk aja ya, biar sama.”

Florina        : “Iya gitu aja biar nggak kelamaan buatnya.”

Meisya : “Oke deh.” (sambil bangkit dan memesan minuman)

Fira         : “Minumnya biar aku aja ya yang bayar. Udah lama banget nggak nraktir kalian nih.”

Rara dkk    : “Makasih ya Hen.” (terlihat sangat senang)

Bel tanda masuk berbunyi.

Florina     : “Eh udah bel tuh. Ke kelas yuk !” (sambil berdiri)

Meisya dkk: “Yuk !” (seraya bangkit dan mengajak teman yang lain)

Di kelas, pelajaran sudah di mulai. Ibu guru telah berada di depan kelas untuk melanjutkan pelajaran minggu lalu.

Guru : “Anak-anak, seperti yang sudah Ibu tugaskan minggu lalu, kita akan belajar membuat telur asin. Silahkan kumpul dengan anggota kelompok masing-masing. Kemudian keluarkan barang-barang yang sudah ibu suruh bawa dan letakkan di atas meja.”

Florina     : “Kalian bawa barang yang udah dibagi kemarin kan ?”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Sekolah


Narator : Aaron dan Julio merupakan sahabat baik. Mereka telah bersahabat sejak kecil, tapi suata hari ketika keluarga Julio jatuh miskin, Aaron pun tak ingin lagi bersahabat dengan Julio. Suatu siang ketika Julio, Aaron, Nuii, Gerit dan Romario sedang berada di kelas untuk bersih-bersih sebelum pulang sekolah, Julio dengan berat hati mengatakan kepada Aaron untuk membantunya. Karena menurutnya Aaron lah yang bisa menolongnya dan Aaron merupakan sahabatnya, malah yang terjadi adalah Aaron balik menghina Julio.

Julio      : Aaron, bisakah kau menolongku sedikit saja?

Aaron : Apa? Menolongmu? Kau pikir kau itu siapa yang harus aku tolong?

Julio         : Kenapa dengan mu Aaron? Bukankah kita sahabat? Masa kau sudah lupa dengan itu?

Aaron : Sahabat? Maaf ya aku tidak punya sahabat seperti mu yang miskin. Aku hanya mau bersahabat dengan orang yang kaya.

Nuii         : kenapa dengan kalian berdua? Sepertinya sedang bermasalah gitu. 

Julio         : Tidak ada apa-apa kok. Kita berdua baik-baik saja. Ya kan Aaron?

Aaron : Baik-baik saja? Gini ya Nui, tadi si miskin ini meminta bantuan ke aku. Tapi sayangnya aku tak ingin membantu orang seperti dia. Mana dia ngaku-ngaku sahabat aku lagi? Ogah deh.

( Julio pun pergi karena mendengar perkataan Aaron seperti itu )

Nuii         : Jangan begitu Aaron. Bukannya kau dan Julio memang bersahabat dari kecil? Masa karna sekarang Julio dan keluarganya jatuh miskin, kau tidak mau lagi bersahabat dengannya. Bukannya saat-saat seperti ini kau bisa tunjukan ke dia, kalau kau memang sahabatnya. Bukan malah meninggalkannya.

Romario : Betul itu kata Nui. Seharusnya kau sekarang menyuport dia, bukan menghina dia seperti itu. Kasian kan dia.

Gerit : Betul itu. Sahabat seperti apa kau ini?

Aaron : Kalian pikir siapa kalian yang berani-berani menasehatiku? Sok baik! Terserah aku dong mau berbuat apa. Urus saja diri kalian masing-masing.

Romario : Kita bukannya bermaksud menasehati kamu atau sok baik. Tapi kita tidak mau persahabatan kamu dan Julio berakhir seperti ini.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


3. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Kedamaian


Judul         : "Di Balik Kedamaian"

Pemeran :

1. Maya

2. Rina

3. Dika

4. Andre

5. Joko

BABAK 1 : Konflik Mulai Muncul

(Latar : Sebuah ruang tamu di sebuah rumah. Maya dan Rina sedang duduk di sofa sambil mengobrol.) Babak dimulai dengan suasana yang harmonis antara Maya dan Rina.

MAYA : (tersenyum) Rina, kamu tahu, besok aku akan merayakan ulang tahunku. Kamu bisa datang, kan?

RINA : (senang) Tentu saja, Maya! Aku akan datang dengan membawa kue spesial untukmu.

(Dika masuk ke ruang tamu, terlihat agak murung.)

DIKA : Hai, teman-teman.

MAYA : Ada apa, Dika? Kamu terlihat sedih.

DIKA : (menghela nafas) Aku sedang memiliki masalah dengan Andre. Kami bertengkar lagi.

RINA : Apa penyebabnya?

DIKA : Kali ini, itu tentang masalah kepercayaan. Aku merasa dia terlalu posesif.

MAYA : Mungkin kamu harus berbicara dengannya dan mencoba mencapai kesepakatan.

DIKA : (frustrasi) Aku sudah mencoba, tetapi dia tidak mau mendengarkan. Aku benar-benar lelah dengan pertengkaran ini.

(Rina berdiri dan berjalan ke pintu.)

RINA         : Baiklah, aku akan mencoba berbicara dengannya. Kalian berdua harus menyelesaikan masalah ini sebelum itu menghancurkan hubungan kalian.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


4. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Pendidikan


Ini adalah pagi yang cerah. Mita dan Doni, dua orang siswa kelas VII sedang asyik membaca-baca buku Biologi di koridor sekolah. Pasalnya nanti siang akan ada ulangan harian mata pelajaran tersebut. Kemudian datang Anggi, sahabat mereka.

Anggi : “Mit, Don, rajin sekali kalian berdua!”

Mita         : “Iya dong, tugas kita sebagai pelajar kan memang harus belajar. Hehehe…”

Anggi : “Iya juga sih. Eh ngomong-ngomong kalian tahu tidak, ada murid baru yang akan masuk ke kelas kita hari ini.”

Doni         : “Oh ya, siapa namanya? Lelaki atau perempuan?”

Anggi : “Lelaki, tapi aku juga belum tahu siapa namanya dan seperti apa rupanya.”

[Bel sekolah berbunyi]

Mita         : “Eh ayo masuk kelas!”

[Ketiganya memasuki ruang kelas. Ibu guru masuk bersama seorang murid baru.]

Ibu Guru    : “Selamat pagi, anak-anak. Hari ini kita kedatangan teman baru dari Aceh, ia akan menjadi teman sekelas kalian. Silakan perkenalkan dirimu, nak!” Ridwan

Ridwan : “Selamat pagi, teman-teman. Nama saya Muhammad Ridwan. Saya berasal dari Aceh.”

Mita [berbisik pada Anggi]: “Jauh sekali ya, dari Aceh pindah ke Bandung!”

[Anggi hanya mengangguk tanda setuju]

Ibu Guru : “Ridwan, kamu duduk di belakang Doni ya [menunjuk sebuah meja kosong]. Untuk sementara kamu duduk sendiri dahulu karena jumlah siswa di kelas ini ganjil.”

[Ridwan segera duduk di kursi yang disediakan]

Ibu Guru : “Ya baiklah, sekarang kita mulai pelajaran hari ini. Buka buku kalian di halaman 48….”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Belajar Kelompok


Pemain:

  • Andi, siswa yang pandai dan rajin
  • Budi, siswa yang kurang pandai tapi rajin belajar
  • Cici, siswi yang cerdas tapi malas belajar
  • Dedi, siswa yang malas belajar dan suka bermain
  • Eka, siswi yang suka berbicara tapi kurang fokus saat belajar

Setting: Ruang Kelas

(Andi, Budi, Cici, Dedi, dan Eka sedang duduk di kursi meja belajar).

Andi : Hey, bagaimana kalau kita belajar kelompok untuk ujian besok?

Budi : Saya setuju. Kita bisa saling membantu dan memperkuat kelemahan masingmasing.

Cici : Tapi saya tidak ingin belajar kelompok. Saya lebih suka belajar sendiri.

Dedi : Sama, saya juga tidak ingin belajar kelompok. Saya lebih suka bermain game.

Eka : Aku sih oke-oke saja, tapi tolong jangan terlalu serius ya.

Andi : Jangan seperti itu dong, kita harus serius belajar kalau mau lulus dengan nilai bagus.

Budi : Benar, kalau kita belajar sendiri-sendiri, mungkin kita akan kebingungan saat menghadapi soal yang sulit.

Cici : Baiklah, kalau begitu saya ikut belajar kelompok.

Dedi : Baiklah, kalau kalian sudah sepakat, saya ikut juga.

Eka : Sama, kalau kalian serius belajar, aku ikut juga.

Andi : Baiklah, mari kita mulai belajar. Kita bisa mulai dengan membagi tugas, siapa yang akan mempelajari apa.

Budi : Saya akan mempelajari materi tentang matematika.

Cici : Saya akan mempelajari materi tentang fisika.

Dedi : Saya akan mempelajari materi tentang sejarah.

Eka : Saya akan mempelajari materi tentang bahasa Inggris.

Andi : Baiklah, kita juga bisa bertukar informasi dan bertanya jika ada yang tidak dipahami.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


6. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Kejujuran


  • Judul : Tentang Kejujuran
  • Tema : Sosial
  • Durasi : Pendek
  • Penokohan : Nuril (baik), Ahsan (tidak baik), Iba (tidak baik), Sandi (baik), Tasya (jujur)

Sinopsis Skrip Drama

Nuril, Ahsan, Iba, Sandi, dan Tasya adalah lima orang bersahabat yang sudah berteman sejak mereka kecil. Pada hari itu Nuril kehilangan dompetnya disebuah taman, kemudian dia menanyakan kepada Ahsan dan Iba apakah mereka menjumpai dompetnya. Kemudian, Ahsan dan Iba mengatakan ke dia bahwa mereka tidak melihat adanya dompet jatuh pada saat mereka sedang berada ditaman.

Teks Dialog Drama

Nuril : San, kamu kemarin lihat dompet aku, tidak? soalnya dompet aku hilang,dan sepertinya dompet tersebut jatuh disekitar taman.

Ahsan : Tidak, aku tidak menjumpai dompet kamu.

Iba         : Iya, aku juga tidak melihat dompet. Dompet kamu ada uangnya banyak?

Nuril : Tidak banyak, tapi kan ada banyak barang berharga dalam dompet tersebut.

Sandi yang merasa seperti ada yang tidak beres menaruh rasa curiga kepada Ahsan dan Iba, karena pada saat itu tidak ada orang lain ditaman kecuali mereka berdua.

Sandi : Apa benar kalian tidak melihat dompetnya Nuril? bukankah kemarin yang terakhir ditaman itu cuma ada kalian berdua.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


7. Contoh Naskah Drama 5 Orang Lucu


  • Dheni : Orang yang entah darimana, dan bagaimana kehidupannya
  • Reza : Orang yang kerjanya cuma ikut-ikutan
  • Boni         : Orang yang penakutnya minta ampun
  • Shiti         : Tukang gosip level dewa
  • Okta : Orang serba tahu

2 orang murid sedang melakukn kewajiban sekaligus kebutuhan mereka sehari-hari, ya, mereka sedang belajar sebagai mana mestinya, tiba-tiba saja … (Dobrak pintu) 

Okta : “ Oy!, si Boni tadi dipalak!”

Reza : “ Di palak? Terus dia gak kenapa-kenapa?”

Okta : “ Engga,”

Reza :”Yah, kok enggasih,”

Shiti         :”Di palaknya emang dimana?”

Okta :” Di belakang sekolah,”

Shiti         :”Pastesan aja, disanakan emang sering terjadi pemalakan,”

Okta :”Enggakah,”

Shiti         :”Iya!,”

Okta :”Enggak!”

Reza :”Stop!” (misahin)

Reza :”3, 2, 1, mulai!” (Ala wasit yang mulai tinju) (Okta + Shiti liatain)

Reza :”Apa?”

Shiti         :”Udahdeh, lo percaya aja sama gue, disana itu emang sanggarnya preman,”

Okta :”Enggak, ini pertama kalinya disana ada pemalakan,”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


8. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Arti seorang Sahabat


DOWNLOAD


9. Contoh Naskah Drama 5 Orang tentang Kerjasama


DOWNLOAD


Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 5 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar