Translate Page

https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ Alamat Cek NISN Siswa Aktif dan Alumni

Cek NISN Siswa AKtif

Mengecek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kegiatan yang biasanya guru lakukan untuk melengkapi data pribadi siswa. NISN merupakan nomor yang penting bagi siswa, karena melekat pada siswa sejak TK sampai jenjang SMA.


Saat ini NISN menjadi acuan dalam banyak pendataan, khususnya pendataan yang berskala nasional. Oleh sebab itu, guru tidak boleh salah dalam menginputnya. Jadi untuk memastikan, tidak ada salahnya juga untuk mengecek kembali, terutama saat menjelang tahun pelajaran baru seperti sekarang adalah saat yang tepat.


Di laman NISN Kemendikbud, kita juga bisa sekaligus memverifikasi data identitas siswa dengan yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL).


Dengan mengecek kembali NISN siswa secara online, Bapak/Ibu dapat memastikan valid atau tidaknya NISN yang selama ini diyakini milik siswa. Sebab tak jarang begitu nomor itu diinputkan, ternyata yang muncul siswa lain. Atau ada juga yang tidak muncul datanya (no records to display). Nah jika masalah itu bisa diketahui sejak awal, tentu bisa segera diperbaiki lewat Dapodik. Sebab perubahannya terkadang butuh waktu lama.


Baiklah, berikut ini cara mengecek NISN siswa baik yang masih aktif maupun sudah berstatus alumni:



  1. Silahkan masuk ke https://nisn.data.kemdikbud.go.id

  2. Ada dua pilihan pencarian, silahkan memilih salah satu antara Pencarian Berdasarkan NISN atau Pencarian Berdasarkan Nama. Jika sudah dimasukkan, silahkan tekan “Cari”.

  3. Jika sudah muncul data siswa, silahkan teliti tiap identitas mulai dari nama, jenis kelamin, tempat lahir dan tanggal lahir. Jika masih ada kesalahan, maka perlu mulai mencari sumber kesalahannya. Kalau dari Dapodik, mintalah bantuan pada operator sekolah untuk memperbaiki dan sinkronisasi.


Berikut ini screenshot salah satu hasil pencarian:


data nisn niswa


Demikian info singkat mengenai cara mengecek NISN bagi siswa yang sedang aktif maupun yang sudah lulus (alumni). Semoga bermanfaat . . .

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar