Translate Page

Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

hari lahir pancasila

Pada hari Kamis, 1 Juni 2023, kita akan memperingati Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni dipilih sebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016. Pada tanggal ini, kita mengenang momen penting dalam sejarah Indonesia, yaitu sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) yang diadakan pada 29 Mei 1945, yang membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.


Pada sidang kedua BPUPKI, dalam pidatonya Soekarno mengemukakan ide dan gagasannya mengenai dasar negara Indonesia yang diberi nama "Pancasila". Kata "panca" berarti lima, sementara "sila" berarti prinsip atau asas. Pada waktu itu, Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yaitu Sila pertama "Kebangsaan", sila kedua "Internasionalisme atau Perikemanusiaan", sila ketiga "Demokrasi", sila keempat "Keadilan sosial", dan sila kelima "Ketuhanan yang Maha Esa".


Sekilas peristiwa lahirnya Pancasila di atas mengingatkan kita pentingnya menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus memahami makna Pancasila sebagai dasar negara dan menjadikannya panduan perilaku dalam bermasyarakat.


Lalu, apa tema dan logo Hari Lahir Pancasila tahun ini?


Tema


Tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".


Tema ini dapat dimaknai sebagai pentingnya kerja sama antarindividu dan masyarakat dalam upaya membangun peradaban dan mencapai pertumbuhan global yang berkelanjutan. Gotong royong sebagai karakter khas bangsa Indonesia, mengandung arti bekerja bersama-sama dengan semangat kebersamaan, saling membantu, dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.


Dengan demikian, tema ini mengajarkan pentingnya nilai-nilai seperti saling menghormati, saling percaya, dan saling menguatkan dalam rangka mencapai tujuan bersama untuk dapat membangun peradaban yang lebih baik dan mencapai pertumbuhan global yang berkelanjutan.


Logo


Berikut ini logo Hari Lahir Pancasila Tahun 2023:


Logo 1:


logo harlah pancasila

Unduh JPG | PNG


Logo 2:


logo hari lahir pancasila 2023

Unduh JPG | PNG


Logo di atas mengilustrasikan Burung Garuda dengan sayap berjumlah 5 helai, dilengkapi dengan ilustrasi masyarakat berpegang tangan membentuk lingkaran.


  • Ilustrasi Burung Garuda: mempresentasikan symbol Negara/Pancasila, semangat Pancasila, semangat juang Bangsa Indonesia.
  • Sayap berjumlah 5 helai : mempresentasikan nilai-nilai Pancasila
  • Ikon masyarakat berpegang tangan : melambangkan semangat gotong royong dan peradaban manusia.
  • Membentuk lingkaran : bola dunia sebagai wujud peradaban dunia
  • Tanda panah ke atas : melambangkan pertumbuhan global

Banner, Spanduk, dan Twibbon




banner hari lahir pancasila



twibbon hari lahir pancasila



spanduk hari lahir pancasila



poster hari lahir pancasila



Demikianlah informasi tentang tema dan logo Hari Lahir Pancasila tahun 2023. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.


ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar