Translate Page

5 Contoh Naskah Drama 3 Orang Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 3 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 3 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 3 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 3 Orang

1. Contoh Naskah Drama 3 Orang tentang Jualan HP


Pada suatu hari, dua kakak beradik Agatha dan Kevin sedang duduk santai di teras rumah,tak lama kemudian datanglah seorang Haris produk elektronik menghampiri mereka.

Haris : “ selamat siang mas?”

Agatha&Kevin : ” selamat siang,ada yang bias kami bantu mas ?”

Haris : “ kalau boleh mengganggu sebentar ,saya akan menawarkan sebuah produk elektronik terbaru!”

Agatha : “ produk apa yang mas mau tawarkan?”

Haris : “ saya punya handphone model terbaru yang memiliki banyak fasilitas di dalamnya.”

Kevin : “ fasilitas apa aja mas?, ada kamar mandinya nggak?

Agatha dan Haris bingung dan agak menahan tawa mendengar pertanyaan Kevin yang aneh, maklum Kevin belum pernah menggunakan handphone. Dengan sedikit menahan tertawa mereka melanjutkan pembicaraan.

Haris : ” mas belum pernah pakek handphone ya?

Agatha :” ah, kamu malu-maluin aja,”

Kevin : “ ya maklum, didaerah sinikan memang jarang yang punya handphone.”

Haris : “ kalau begitu kebetulan saya kesini, ini barangnya limited edition lo.”

Kevin : “ limited edition itu fasilitas yang bagaimana mas,?”

Haris : “ oh itu bukan fasilitas dari handphone,tapi maksudnya handphone ini hanya terbatas jumlahnya.”

Kevin : “ o gitu ya, aku baru tau

Agatha : “ huh, kamu setiap hari berangkat sekolah itu,sebenarnya belajar atau cuma main sih, gitu aja gak tau.”

Kevin : “ ya , maaf”

Haris : “ sudah-sudah jangan berantem terus,jadinya tertarik nggak dengan handphone ini.?”

Agatha : “ fasilitasnya apa aja nih?”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 3 Orang tentang Sebuah Hubungan


Jumlah pemeran ; 3 (tiga) orang :

  1. Yudi
  2. Sila
  3. Huda

Yuda adalah sahabat dekat Hudi yang senantiasa menujukkan rasa care dia terhadap sahabatnya tersebut. Bagi Yuda, apapun permasalahan yang dihadapi oleh Hudi dia ingin Hudi bercerita kepadanya demi memberikan sebuah solusi atau semangat.

Teks skenario drama

Yuda : Gimana hubungan kamu dengan Silvi Hud?

Hudi : Nggak tau Yud, sepertinya sulit untuk menjalaninya.

Yuda : Lo, kenapa emang? Kalian ada masalah?

Hudi : Dibilang ada masalah ya ada, dibilang nggak ada ya nggak ada.

Yuda : Kok gitu?

Hudi : Ya iya, orang kita seperti nggak bisa ngejalanin hubungan ini layaknya orang pacaran yang bisa merasakan kebahagiaan.

Yuda : Kamu cerita ke aku deh, letak permasalahannya sebenarnya bagaimana?

Hudi : Nggak usah deh Yud, nggak perlu kayaknya.

Yuda : Kok gitu sih, aku kan teman kamu. Kalau kamu ada masalah apa-apa kan bisa cerita dengan aku.

Hudi : Aku pacaran sama dia nggak seperti orang lain, dia nggak pernah tanya kabar aku, nggak ada perhatian, dan disisi lain aku juga bersikap sama.

Yuda : Ya itu dia permasalahannya. Mestinya kalian harus bisa lebih mendekatkan diri, dan bisa memahami satu sama lain.

Hudi : Terus caranya gimana, orang dia juga sering kali nunjukin sikap acuh sama aku. Jadinya aku kan gimana gitu..

Yuda : Ya kamu sebagai lelaki kan harus bisa nunjukin sikap kelelakian kamu. Buat dia mengerti kamu dengan cara kamu memberikan dia sesuatu yang berharga bagi dia, misalkan perhatian, sikap yang lebih baik, dll.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


3. Contoh Naskah Drama 3 Orang tentang Teman Baik


Suasana panggung terlihat suram dengan setting sebuah kamar tidur dan terdapat seoang  gadis remaja sedang menangis sambil menutup kedua telinganya dengan bantal. Dia  adalah Wati, gadis remaja berumur 17th. 

Di luar kamar terdengar suara pecahan piring dan  makian dari Bapak dan Ibunya Wati.Tidak lama kemudian Wati mengambil handphonenya dan mencoba menghubungi Sita, sabahat karibnya sejak mereka duduk di Bangku SD. 

Setelah berbicara melalui handphone, Wati mengambil sebuah tas dan mengemasi pakaian dan buku-buku sekolahnya. Dengan keluar melalui jendela kamar, Wati mencoba kabur dari rumahnya. Suasana panggung berubah menjadi setting sebuah ruang tamu. Tampak 2 orang remaja putri yang sedang berbincang. Mereka adalah Wati dan Sita.

Wati : Sita, aku sudah benar-benar tidak tahan. Hampir setiap hari dan setiap saat aku mendengar bapak dan ibuku bertengkar

Sita : Kamu yang sabar ya. Mungkin memang saat ini bapak dan ibumu sedang ada masalah. Berdoa ya semoga masalah beliau segera bisa diatasi

Wati : Hatiku hancur waktu mendengar ibuku minta cerai. Seandainya mereka benar-benar bercerai, aku harus ikut siapa? aku malu, malu sekali Sita.

Sita : Aku mengerti sekali perasaanmu, tapi kamu juga jangan sampai terlalu sedih karena aku khawatir kalau kamu terlalu sedih nanti malah akan mempengaruhi sekolahmu. Kita sebentar lagi mau menghadapi Unas lho

Wati : Ah biarlah, seandainya aku tidak lulus juga mungkin orang tuaku tidak peduli.

Sita : Tidak ada orang tua yang tidak peduli dengan anaknya. Hanya mungkin saat ini mereka berdua sedang ada masalah jadi terlihat seperti mereka sedang sibuk dengan urusan mereka sendiri

Wati : Percuma aku punya orang tua kalau setiap hari isinya bertengkar saja. Apa mereka berdua tidak malu dengan tetangga yang sudah pasti mendengar suara mereka bertengkar?

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


4. Contoh Naskah Drama 3 Orang tentang Sekolah


Diva         : Apa kabar kalian semuanya hari ini?

Janah : Baik

Diva      : Kamu Rika?

Rika         : Aku baik-baik aja, kamu sendiri apa kabar?

Diva         : Alhamdulillah, aku juga baik-baik aja.

Janah : Kok pas dianyain sama Pak Darto tadi kamu nggak bisa jawab Rik?

Rika         : Ya emang aku nggak bisa, mau gimana lagi?

Diva         : Itu artinya kamu nggak belajar, iya kan?

Rika         : Iya sih..

Diva         : Belajar itu kan penting Rik, kamu jangan menghabiskan waktu untuk bermain saja dong. Luangkan waktu untuk belajar sewaktu dirumah. Setelah itu, Diva lantas pamitan sama teman-temannya untuk ke toilet karena dia ingin buang air kecil.

Diva      : Eh.. Rik, Jan, maaf ya.. aku mau ke toilet dulu nih, aku sudah nggak tahan nih,,, maaf ya....

Janah : Iya, buruan!

Janah : Rik, kamu nggak boleh membuang banyak waktumu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat Rik, kamu harus mau belajar dengan giat biar kalau ditanya bisa jawab. Kamu perhatian teman kita, Diva, dia hampir selalu bsia mengerjakan soal dengan sangat baik, apalagi kalau cuman diatanya hal-hal yang mudah.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 3 Orang tentang Persahabatan


Karakter:

  • Alma: Mudah Putus Asa
  • Lohan: Suka Mengingatkan
  • Rini: Suka menasehati

Lohan : Kenapa kemarin kamu tidak masuk sekolah, Al?

Alma         : Aku malas!

Lohan : Malas? enak sekali jawabnya, malas?!

Rini     : Iya, enak sekali kamu menjawab. Malas!

Alma     : Iya, aku memang malas.

Rini     : Kalu kamu suka tidak masuk sekolah karena malas, bagaimana nanti kamu bisa lulus? apalagi sebentar lagi mau UN.

Lohan : Iya, betul kata Rini itu.

Alma     : Aku tidak peduli. Lulus ya syukur, kalau tidak laulus ya mau bagaimana lagi.

Lohan : Mana bisa seperti itu. Jadi pelajar itu kamu harus rajin dan giat.

Rini     : Iya, ingat.. nanti kamu akan menyesal.

Alma         : Begini, sebenarnya aku itu maunya bisa seperti kalian. Giat, rajin, dan pintar. Tapi, aku kan tidak bisa seperti kalian.

Lohan : Maka dari itu, kalau kamu merasa punya kelemahan, harusnya kamu berusaha untuk memperbaiki kelemahan kamu, bukannya malah malas belajar.

Rini     : Iya, benar apa yang dikatakan Lohan itu.

Alma         : Kalian enak ngomong, aku yang menjalaninya sulit sekali.

Rini dan Lohan berusaha terus meyakinkan dan memotivasi Alma.

Lohan : Sudahlah, tidak ada satupun manusia tanpa kelemahan. Jika kamu merasa sulit memahami apa yang disampaikan guru, maka kamu harus lebih giat lagi dalam belajar, kamu pasti bisa.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 3 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar