7 Contoh Naskah Drama 10 Orang Singkat Mudah Dihafal

Contoh Naskah Drama 10 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 10 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Contoh Naskah Drama 10 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 10 Orang

1. Contoh Naskah Drama 10 Orang Tema Misteri

Tokoh dan Karakter

  1. Gada (Pemimpin kelompok mahasiswa yang melakukan penelitian / protagonis)
  2. Lestari (Anggota kelompok mahasiswa / protagonis)
  3. Reja (Anggota kelompok mahasiswa yang memiliki sifat ingin tahu / protagonis)
  4. Tirta (Anggota kelompok mahasiswa yang pemberani / protagonis)
  5. Nawi (Perangkat desa yang bijak dan ramah / protagonis)
  6. Cahyadi (Penduduk desa yang berkomplot dengan kawanan penculik / antagonis)
  7. Dirman (Bos penculik yang bengis / antagonis)
  8. Daus (Anggota geng penculik / antagonis)
  9. Nasir (Anggota geng penculik /antagonis)
  10. Polisi (Cekatan dan tegas / tritagonis)

Sinopsis

Cerita misteri ini dimulai saat satu persatu warga pesisir pantai hilang tanpa jejak. Kepolisian setempat sudah lama mencari mereka namun belum juga menemukan tanda-tanda pelaku penculikan. Kejadian ini membuat banyak warga semakin ketakutan dan beberapa diantaranya terpaksa meninggalkan tanah yang telah lama mereka diami. Misteri ini terus bergulir sampai pada suatu hari ada kelompok mahasiswa melakukan penelitian di tempat itu.

Teks drama

Babak 1

Siang hari di depan rumah Pak Nawi

Gada : Selamat siang semua.

Anggota kelompok : Siang…

Gada : Terima kasih sudah datang ke tempat ini dan silakan kepada Pak Nawi untuk menyampaikan pesan.

Pak Nawi         : Selamat datang semua mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian di tempat ini. Semoga semuanya betah di sini. Selama berada di sini, adik-adik mahasiswa boleh tinggal di rumah saya sampai semua penelitian selesai.

Gada         : Untuk yang ingin beristirahat silakan menuju ke kamar masing-masing.

Pak Nawi         : Gimana Dik Gada, kapan akan dimulai penelitian?

Gada : Besok pagi Pak, kawan-kawan sudah lelah.

Pak Nawi : Daerah ini sudah semakin sepi. Rawan Dik. Hati-hati. Penculikan masih mungkin terjadi dan kami tidak tau siapa mereka. Jangan sampai terpisah dari rombongan.

Gada : Kami mengerti Pak

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

2. Contoh Naskah Drama 10 Orang tentang Persahabatan

Narator         : alkisah terdapat 5 orang sahabat, mereka adalah cinta,rendi,bryan,bunga,dan gigi, mereka sudah lama bersahabat sejak mereka kelas 1 sd, masalahpun muncul ketika ada izam,ramos,Bianca,dan Elisha, pengen tahu kelanjutan ceritanya?, langsung saja kita saksikan ( keluar )

(suatu pagi di kelas)

Rendi : cin,bry,bu,gi katanya ada anak baru loh

Cinta : hah? Siapa?cowok atau cewek, terus dimana?

Rendi : cewek ada, cowok ada, di kelas kita

Bryan : kalo ceweknya cantik – cantik aku bakal pacarin semua ah

Bunga : ampun dah, bryan pikirin tuh nilai kamu yang selalu kecil terus, gimana kamu bisa naik kelas?

Gigi         : iya bryan, kita aja semuanya jomblo

Rendi : ngapain lagi pacar – pacaran masih kecil , sekarang tuh fokusin belajar

Bryan : ah kalian ini!, aku kan juga manusia setiap manusia pasti pernah jatuh cinta

Rendi : ia, tapi jatuh cintanya ga sekarang bryan, nanti kalo udah bisa cari uang sendiri

Narrator         : datanglah murid baru itu yang sedang mereka bicarakan ( keluar )

Gigi         : hi, kalian murid baru ya?, kenalin aku gigi

Bianca : dih, siapa juga yang mau kenalan sama lo ih ga level

Rendi : (melihat ke arah izam)

Izam : apa lo lihat – lihat gua!

Rendi : ye… siapa juga yang lihatin lo gr amat dah

Elisha : um hi nama aku Elisha

Bianca : eh el ngapain sih lo kenalin nama lo ke mereka!

Elisha : ya aku kan Cuma mau kenalan doang emang ga boleh ya?

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

3. Contoh Naskah Drama 10 Orang Tema Kehidupan

ADEGAN 1

Rintik-rintik hujan terus berjatuhan, malam yang dingin semakin pekat, menemani kesendirian seorang gadis yang sedang mengerjakan tugas di kamarnya. Dia adalah Intan seorang mahasiswa yang penuh dengan cita-cita dan impian. Malam itu di kamarnya dia sangat bersemangat mengerjakan semua tugas mata kuliahnya, hingga akhirnya…

Intan (monolog) : “Emm, (sambil melihat jamtangannya) ya ampun, udah jam 2 malem, gue musti cepet-cepet tidur nih…

ADEGAN 2

Pagi itu, di meja makan…

Reta (Mama) : “lu…Intan….” (memanggil-manggil)

Anisa : “Sudahlah,,,,ma,,,

Reta (Mama) : “ Apaan sich kamu??”

Anisa : “ Ma,,,mungkin dia tadi malem tidurkemaleman mah???”

Reta (Mama) : “ Mau tidur malem kek,,mau tidur pagi kek,,,mama gak peduli!!!

Anisa : “ Ma,,,”

Reta (Mama) : “Intan…Intan…”

Intan pun datang,,,

Intan :” Ada apa ma??”

Reta (Mama) : “kalau kamu masih mau hidup, cepet makan!!!”

Intan : “ I..iya…tapi mah…”

Reta (Mama) : “ Tapi..tapi,,,makan tuh tapi..”

Intan : “ Intan makan di luar aja mah,,soalnya udah telat nich!!”

Reta (Mama) : “ Terserah…sana makan di luar jangan pernah makan di rumah lage,,dasar anak Jalang!!!!”

Intan pun pergi….

ADEGAN 3

Pada saat kuliah, di ruang kelas.

Mamat (Dosen) : “jadi, apabila kita ingin meraih semuanya…” (tiba-tiba diam)

Mata Mamat (Dosen) itu menatap tajam ke arah Intan.

Mamat (Dosen) : “Intan..Intan…INTAN!!!!” (dengan nada membentak)

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

4. Contoh Naskah Drama 10 Orang Tema Sekolah

Tokoh

  1. Maria
  2. Roro
  3. Handina
  4. Kurniawan
  5. Ridho
  6. Fatia
  7. Dini
  8. Fauzi
  9. Pak Guru
  10. Kepala Sekolah

Suatu hari, di sebuah sekolah yang bernama Harapan Bangsa. Ada seorang anak perempuan sedang duduk dan membaca buku di kelas. Tiba – tiba ada 2 orang anak perempuan datang menghampirinya.

Roro : “Pagi anak cupu, lagi ngapain lo?” (mengejek)

Fatia : “(Diam)”

Handina         : “Eh! Kalo ditanya jawab dong! Punya mulut gak sih!”

Roro : “Hahahaha… anak kaya gini mah, mana bisa ngomong sih. Hahaha.”

Tiba – tiba munculah 2 orang anak laki-laki beraura hitam dengan gaya yang sok cool. Tapi, cukup keren. Hehe .

Roro : “Hai kece, tumben dateng pagi.”

Kurniawan : “Apa sih lo, suka – suka gue kali!”

Handina dan Roro : “What? Tumben lo kayak gini. Lagi dapet ya!”

Ridho : “Hehe.. biasalah, badmood pagi. Gak usah dipikirin oke,.. yu masuk.” (ngerangkul )

Handina : “Yaudahlahya, Ngomong – ngomong buruk rupa yang satu lagi kemana yak? Belum dateng?”

Roro : “Nyebur empang kali. Stt.. eh tuh dia dateng. Siapin – siapin. Eh kurniawan mana yang kemarin?”

Kurniawan : “ Nih, ayo. Kita kerjain dia.”

Anak yang dimaksud pun sampai di depan pintu dan tiba – tiba.., (BRUUKK..)

Fauzi : “Aduuuh.. sakitt!” ( meringis )

Handina, Roro, Kurniawan : “hahahahah.. ! aduh sakit ya! Kasian !”

Kurniawan : “Kalo gue jadi lo sih, mending gue pulang !”

Di lain lokasi, di depan gerbang smp Harapan Bangsa. Ada 2 orang anak perempuan yang sedang asik memperhatikan keadaan sekolah itu dengan terkagum- kagum.

Maria : “Waah! Ini sekolah aku ya kak. Bagus ya kak .”

Dini         : “Iya, ini sekolah kamu yang baru, semoga kamu betah ya ssekolah di jakarta.”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

5. Contoh Naskah Drama 10 Orang tentang Anak SMA

Ada cerita di sebuah SMA megah yang bernama SMA Widuri Internasional. Di sekolah megah ini terdapat sebuah kelompok yang jahat yang sukanya menindas kelompok yang baik. Disamping itu juga ada siswa baru dari Paris yang datang ke Indonesia, karena mengikuti orang tuanya yang pindah Kantor ke Indonesia. Ia juga bertemu dengan siswa yang sama dari Paris di kelas. Berikut ini tokoh-tokohnya serta karakter yang dimiliki dari masing-masing tokoh:

  1. Tya         : Anak rajin, suka membaca dan menasehati, serta berwawasan luas.
  2. Lia         : Agak lemot, lucu, dan woles.
  3. Khusnul         : Pendiam, dan suka ngantuk kalau di Kelas.
  4. Pipin : Clemang-clemong, tapi semua kata-katanya bermakna, dan positif thinking.
  5. Eka         : Leader geng jahat, dan gak mau disalahin.
  6. Nabila : Tomboy, pengawal di geng jahat.
  7. Ainun : Up to date banget, galak.
  8. Diart : Mau bergaul dengan siapa saja.
  9. Farida : Siswa baru yang datang dari Paris dan menilai salah tentang budaya Indonesia.
  10. Pak Robin         : Guru favorit di SMA Widuri Internasional.

Di kelas murid-murid bernyanyi bersama, tiba-tiba Pak Robin datang.

Pak Robin         : “Selamat pagi anak-anak.”

Murid-murid : “Selamat pagi pak.”

Pak Robin         : “Pagi ini kita kedatangan siswa baru dari luar negeri.”

Ainun : “Waaahh swasta dong pak, hehe..”

Pak Robin          : “Huusst sembarangan aja kamu ini, dengerin dulu. Silahkan kenalkan diri kamu.”

Farida : “I want to introduce myself. My name is Farida. I come from Paris.”

Murid-murid : “Waaa Paris..”

Nabila : “Paris darimana?? Perempatan Ciamiss?? Haha..”

Eka         : “Aaaah sok banget lu pake bahasa Inggris. Ini Indonesia guys!”

Pak Robin      : “Apakah kamu bisa berbahasa Indonesia??”

Farida : “Bisa pak.”

Nabila : “Halaah tuh bisa bahasa Indonesia. Udah pake bahasa Jawa aja! Bahasa Planet juga boleh.”

Khusnul         : “Emmm ada apa ini rame-rame??” (terbangun dari mimpi panjangnya)

Pipin : “Alaaah kamu tuh yah molor mulu.”

Khusnul      : “Hehehe.. maaf-maaf. Semalem abis begadang nonton bola.”

Lia         : “Iyaa semalem yang menang kan Taufik Hidayat.”

Tya         : “Menurut buku yang aku baca, atlet Taufik Hidayat itu pemain bulu tangkis, bukan sepakbola Lia.”

Lia         : “Oh iya yaaa.”

Pipin, Khusnul : “Huuuuh tell me!!”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

6. Contoh Naskah Drama 10 Orang Tema Sosial dan Persahabatan

Pemeran:

  1. Rina
  2. Ahmad
  3. Juli
  4. Aminah
  5. Rahmat
  6. Melly
  7. Dina
  8. Aris
  9. Nadia
  10. Joni

Rina bertanya kepada teman-temannya terkait agenda mereka saat libur sekolah.

Rina         : Liburan sekolah mendatang kalian pada mau kemana?

Ahmad : Dirumah saja, bantu-bantuin orangtua.

Juli         : Aku mau ke Bali, kan enak berlibur di Bali.

Aminah : Kayaknya aku juga mau ke Bali deh. Suasana pantainya wooii.. asyik banget!

Rahmat : Aku dirumah aja, nggak ada agenda keluar. Aku mau fokus belajar dirumah saja.

Melly         : Iya, itu jauh lebih bagus katimbang keluyuran, ngabisin duit ortu saja.

Dina         : Belajar melulu.. kan sekali-sekali kita butuh refereshing.

Aris         : No comment

Nadia : Nggak tau deh, mau kemana. Pinginnya sih pergi kemana gitu…

Joni         : Dirumah, nonton tv, makan, tidur.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini

7. Contoh Naskah Drama 10 Orang tentang Rapunzel


DOWNLOAD

Itulah beberapa contoh naskah drama 10 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

Related Posts

contoh makalah IT
Baca selengkapnya
Harga Lovebird Biola Terbaru 2023
Baca selengkapnya
5 Contoh Teks Non Fiksi Biografi Singkat
Baca selengkapnya