Translate Page

7 Contoh Naskah Drama 9 Orang Singkat Mudah Diingat

Contoh Naskah Drama 9 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 9 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 9 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 9 Orang

1. Contoh Naskah Drama 9 Orang tentang Cerita Rakyat


Pemeran 9 orang:

  1. Putri Kaca Mayang :
  2. Panglima Gimpam : .
  3. Raja Gasib :
  4. Ratu Gasib :
  5. Raja Aceh :
  6. Ratu Aceh 1 :
  7. Ratu Aceh 2 :
  8. Panglima Aceh 1 :
  9. Panglima Aceh 2 :

Pada zaman dahulu kala, di tepi Sungai Siak berdirilah sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Gasib. Di kerajaan ini seluruh penduduk hidup damai dan sejahtera, karena Kerajaan Gasib dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana, didampingi seorang ratu yang sangat anggun dan cerdas, juga dibantu seorang panglima yang gagah berani, Panglima Gimpam namanya. 

Kerajaan Gasib juga memiliki seorang putri bernama Putri Kaca Mayang,yang kecantikan dan keluhuran budinya terkenal hingga seluruh penjuru negeri,bahkan ke negara-negara tetangga. Banyak raja dari negeri tetangga yang ingin meminang Putri Kaca Mayang, namun tak satupun yang diterimanya karena ia belum ingin menikah dan masih ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

ADEGAN 1

(Putri Kaca Mayang dan kedua orangtuanya berbincang-bincang di istana kerajaan)

Raja Gasib : ”Wahai anakku,tidakkah engkau ingin menerima salah satu pinangan dari raja-raja negeri tetangga tersebut?”

Ratu Gasib : ”Benar,anakku.Kurasa sekarang adalah waktu yang tepat bagimu untuk mulai membina rumahtangga,aku tak sabar ingin segera menimang cucu dari putri sematawayangku”

Putri Kaca mayang :”Ibu,ayah,maafkan jika ananda lancang. Namun hati ananda masih menyimpan harapan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi lagi,bukan untuk menikah terlebih dahulu,ananda ingin membuat kerajaan kita maju’’

Ratu Gasib : ”Baiklah,ananda. Jika memang itu keputusanmu,ibu dan ayah akan mendukung dengan sepenuh hati”

ADEGAN 2

Sementara itu, di Kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Raja Aceh yang dikenal angkuh dan pemarah sedang terjadi cekcok karena kedua istrinya terus berebut mencuri perhatiannya

Ratu Aceh 1 : (Nada mendayu-dayu)”Kakanda,seminggu yang lalu saat aku melancong ke Batavia,aku melihat sebuah toko yang menawarkan berlian dengan harga murah, kira-kira hanya 200 juta rupiah. Bolehkah aku membelinya sebagai tambahan perhiasanku?”

Ratu Aceh 2 : ”Kakanda,sepertinya aku membutuhkan sebuah mobil baru untukku pribadi,bukannya berbagi dengan si nenek tua itu!”(melirik sinis ke Ratu Aceh 1)

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 9 Orang Bahasa Jawa


Esuk-esuk srengenge wis mlethek lan njebul saka turone Eman, si bocah mbeling urung gelem tangi. Yo wis ngunu isine Eman sabendino.

Bu Inah      : Le, tangi le ! wis padhang jingglang kok kowe sek mlungker ae.

Lela         : Percuma bu. Ora bakal dirungokake karo Cak Man.

Bu Inah         : Gugahen kono. Guyangen banyu pisan lek gak gelem tangi

Lela         : Siap bu, Tapi ….

Bu Inah      : Lapo maneh??

Lela         : Ngkok kasure teles kabeh, paling yo cak man gak ngurusi. Wes tenang ae, aku duwe cara dewe.

Lela         : (bengok-bengok nang kupinge Eman) ‘KOBONGAN-KOBONGAN.. Tulung… tulung… tulung..

Eman : (gragapan) opo… opo.. kobongan??? (kaya kabeh diinteri)

Bu Inah         : Ssssttttttt…….. iki yo lapo se?

Eman : Lho bu ana kobongan, gak ngungsi ta? (jek bingung

Bu Inah         : Kowe iki ngelindurta?

Lela         : Hahaha… haha… iyo ak. Tak bijuki sampean. Salahe dewegak, tangi-tangi.

Eman : Ooo… arek cilik kurang ajar kowe iku.

Lela         : Babah se, anggite sampean iku gak cilik ta?

Bu Inah         : Halaah.. podo cilike ae lok-lokan barang. Wes ndang nimbo kono Man,

Eman : Sek talah mak, bener jare sampean. Podo cilike lha iku irunge… hahaha

Bu Inah         : Lhe… lhe… tak untal kowe lak enak (Eman mlayu)

Bu RT : Assalamualaikum. Ono opo iki bu?

Bu Inah         : Waalaikumsalam. Iki lho Bu RT, Eman terus. Wes biasane nggawe kisruh.

Bu RT : Oalah. Yahmno yahmene kok Eman terus. Kowe gak isinn ta Man? Dadi lakon bandmo?

Eman : Lha lapo isin. Wong aku klambnan og.

Lela         : Halah… ngomong ae sapean gak duwe isin. Yo seh?

Eman : Kowe iku mesti melok-melok !! meneng ngunu lho.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


3. Contoh Naskah Drama 9 Orang tentang Persahabatan


Suatu hari ada seorang gadis yang baru pindahan dari sekolah lain dan dia akan bersekolah disekolah ini.... Tetapi begitu malang nasib gadis itu, baru saja masuk sekolah sudah diperlakukan semena-mena oleh 4 beiibz..

Ruwaidah         : Permisi... kalau boleh tau ruangan kepala sekolah dimana ya...??

Iqbal : disana.. mari saya antarkan ...

Ruwaidah         : ooo.. terimakasih sudah mau mengantarkan saya,kalau saya boleh tau nma kamu siapa ..?

Iqbal : ya sama-sama, nama saya iqbal,ayo ikuti saya ..

Gadis itu pun mengitu pria itu, menuju keruangan kepala sekolah ...

Tiba-tiba 4 beiibzz...

Indah : beiibzz liat itu .. iqbala lagi jalan sama siapa itu..?

Popy : iya iya sampirin yukz. Ayok-ayok..

Via         : Iihhhhhhh> nyebelin dechhh... harusnya kan dy jalan sama aku, Bukan sama anak kampungan itu ..

Inur         : bener banget...

Indah : ayo kita samperin .. ntar keburu pergi mereka nya..

Akhirnya 4 beiibz mendatangi Iqbal dan ruwaidah..

Inur         : heppz... heppz Kalian pada mau kemana .. mau jalan-jalan ya..

Popy : iya nich mau pada kemana..

Iqbal : bukan urusan kalian kan.. ayo ruwaidah,kita pergi ..

Via         : tunggu..

Iqbal : apalagi sich..

Via         : dia itu siapa dia itu gak pantas buat jalan sama kamu..

Iqbal : dia ruwaidah, emang kenapa.. terus yang pantas jalan sam aku siapa KAMUU ??????

Via,inur,indah : menurut kamu....

Umil         : hey... apa-apaan sich kalian... dia kan murid baru jadi jangan disakiti dong.... kamu tidak papa kan?

Ruwaidah         : tidak...

Via,Inur,Indah    : kamu apa-apaan sich..

Popy : ia nich ikut campur aja ...

Indah : mau kamu apa sich.. kamu jangan ikut campur deh, daripada kamu Berurusan dengan kami... lebih baik kamu diam aja..

Inur         : bener tu.. dasar cewek tukang ikut campur urusan orang

Via         : inur.. jangan mulai dech ..

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


4. Contoh Naskah Drama 9 Orang tentang Hayang Kawin


Disebuah Desa yang bernama Desa Cikeueung, hiduplah empat orang sekawan yang sudah lama berteman. Mereka bernama Maman, Dadang, Aceng dan Deden. Pada suatu malam, mereka saling bercengkrama di sebuah pos kamling. Suasana malam cukup dingin dan sepi (tidak heran, karena nama Desa tersebut menggambarkan suasana di Desa ini). (Saat di dalam pos kamling, mereka membicarakan mengenai jodoh).

Deden : “Dang ?”

Dadang : “Woi ?”

Deden : “ Ceng ?”

Aceng : “Woi ?”

Deden : “Hayang kawin…!!!”

(Terlihat sedih)

Maman : “ Sarua…”

Dadang : “Heu euh…”

Deden : “Tapi jeung saha?”

Maman : “Jeung si Maimunah weh…”

Aceng : “Ah, embung.. geus goreng…….jaba Caludih...”

Maman, Deden, Aceng, Dadang : “Hahahah…”

Dadang : “Eh cuy, urang ka kota weh neangan awewe.. Satuju??”

Aceng : “Eta pisan..”

Deden : “Hayu atuh.. Eh kela, indung urang teh keur gering, tapi ketang da aya adi urang. Bisalah..”

Maman : “ Siplah..”

Aceng : “Eta pisan..”

Dadang : “Mantap, sok atuh rek iraha??”

Maman, Deden, Aceng : “Isuk, wae lahh …….hahahah..”

Sementara itu, disebuah kampus Ibu Kota sebut saja Kampus Tunas Bangsa ada tiga orang mahasiswi yang bersaudara dan cukup terkenal karena kecantikan mereka. Sehingga banyak para mahasiswa yang mengejar-ngejar mereka. Salah satunya adalah Genkz Alaaayz..

Michelle     : ‘’Hey guys! Aku sebel iih ‘’

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 9 Orang Singkat


Pemeren:

  1. Rio         : Cerdik, emosional, pandai mengeles seperti petinju, dan pembohong level akut.
  2. Renata : Kepo, cerewet, komentator, dan puitis yang dipaksakan.
  3. Yovan : Cuek bukan main, cool, dan terpopuler di kalangan ibu-ibu.
  4. Ryan : Pintar, rajin, disiplin, dan baik hati.
  5. Renal : Semuanya di bawah standar.
  6. Renando    : Cekatan, hemat, dan pelit.
  7. Rita         : Centil, lebay, dan manja.
  8. Pak agus (Guru BP)     : Tegas, galak, disiplin, dan tidak kenal ampun.
  9. Pak Asep (Guru Mapel) : Sangar, tegas, dan emosional.

Di suatu meja yang berada di suatu kelas. Di suatu kelas yang berada di sekolah. Di suatu sekolah yang entah ada atau tidaknya. Hiduplah 7 orang murid yang sedang senang-senangnya, tapi semua itu berubah saat ulangan akan datang.

Renata : “ Eh. Kalian udah ngapalin buat ulangan nanti? “ ( Datang )

Rio         : “ Belum “

Renal : “ Innalillahi “

Renata : “ What the hell, Oh my God. Kalau nilai ulangannya jelek, nanti dihukum “

Resty : “Nanti kalo aku kena hukuman gimana ?”

Renal : “ Paling hukumannya lari di lapangan “

Resty : “ Bukan. Hukumannya pelajaran tambahan setiap pulang sekolah “

Renal : “ Innalillahi “

Rita      : “Yahh, kalo aku kena hukuman kagak bisa nyalon dong!!.”

Rio         : “ Mau nyalon jadi apa? Bupati?”

Resty : “ Huuuuu” (menyoraki)

(Lalu Yovan pun datang dengan kekecean yang luar biasa dan membuat seluruh mata tertuju padanya. Dan melewati renata, rio, resty, rita, dan renal menuju ke bangku paling belakang tanpa menyapa bahkan tanpa tersenyum.)

Renata : “Van, kamu udah belajar buat ulangan nanti ?” (menghadap ke Yovan)

Yovan : “Belum semuanya sih, baru beberapa”

Yovan : “Kalo kamu Ren?”

Renata : “ Yaa lumayan lah”

Yovan : “ Sipp kalo gitu “ (Sambil mengacungkan jempol)

( tiba-tiba terdengar langkah kaki )

Rio      : “ Aku cek dulu, siapa tahu guru “ ( Pergi )

Rita     : “ Aduuh,ngapalin bab yang mana aja sih? Aku tuh orangnya sibuk tahu, harus kesalon, harus

meny pedy, dan harus beribadah tepat waktu “

Rio     : “ Ada guru “ ( Dateng ) ( Semua melihat ke pintu )

Ririn : “ Loh. Kok pada diem? “ ( Datang )

Renal : “ Huuu. Katanya ada guru “ ( Nepuk bahu Rio )

Rio     : “ Iya ini guru. Guru masa depan “

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


6. Contoh Naskah Drama 9 Orang tentang Sekolah


Pemeran:

  1. Pita (sombong)
  2. Aisyah (lemah lembut)
  3. Ibu syarofil "syarofah yang suka ngufil" (centil)
  4. Ibu bela (penyabar)
  5. Sri (polos)
  6. Kelat "Tokek Latah" (preman latah)
  7. Jenita (sombong)
  8. Bela "Berandal Lola" (preman)
  9. Maemunah (cerewet)

Suatu pagi dua permen eh, preman sekolah sudah muncul di depan pintu kelas X Alpa 3. Mereka adalah Kelat dan Bela. Hampir semua guru dan siswa takut pada kedua berandal itu. Karena, mereka sering sekali membuat onar di sekolah, terutama meminta uang pada siswasiswi kaya. 

Setiap siswa yang ke kelas mesti dan wajib bayar upeti pada Bela dan Kelat. Jika mereka tidak menuruti kemauan GENG BELAH , yaitu panggilan keren geng mereka, maka segelinding bom atom akan melayang ke pipi mereka.

(adegan)...

Kelat : ”bro.. pagi-pagi begini kita sudah dapat lumayan ini. padahal kita belum dapat upeti dari si kaya itu, geng SANDAL JEPIT lho bro…”.

Bela         : ”(tepuk pundak kelat)”.

Kelat : ”(eh bencong elo bencong elo ) aduh cyin…”.

Bela          : ”eh kumat kamu ini latah melulu.”

Kelat : ”sorry bro, kalau masalah ini sudah bawaan orok kali hehhe..”

Bela      : “eh by the way on the way busway, tadi elo bilang sandal jepit? Oh my god mana bisa SANDAL JEPIT elo minta bro? (berfikir keras).”

Kelat : “aduh cyin…bodoh enggak luntur-lunturya? Maksud gua tadi geng sandal jepit..yang anaknya orang kaya itu loh.”

Bela      : “eh bro..kan mereka tajir? kenapa enggak kita minta uang saja ?”

Kelat : “(diam dan kesal).” (ekspresi marah)

Lalu dari kejauhan datanglah 2 orang anak pejabat tinggi sedang berjalan menuju kelas. Mereka adalah Jenita dan Pita. Mereka adalah salah satu sasaran empuk GENG BELAH

setiap harinya.

Bela     : “widdih cewe tajir mau lewat ya?”

Jenita : “ya iya dongse..gua itu orang tajir nomor dua di smansasere yang kekayaan nya enggak bakalan habis sampai tujuh keturunan.”

Kelat : “katanya lo tajir..sopasti lo banyak duit dong? Mana setoran lo buat gua?.”

Pita      : ” eh enak aja! Gua sebagai teman dari jenita yang tajirnya enggak ketulungan yang cantiknya sebelas dua belas sama Christina teri, yang bohainya kayak Julia teres .. enggak rela! Alias o to the gah bagi duit ke orang low to the gank, gem to the mbel,model kalian itu.”

Bela     : “oh iya lat,kan kita anak sekolah? Kok malak segala? Kan itu enggak baik lat?”

Kelat : “heh bela! Lo itu bagaimana sih? Kita kan geng belah..yang artinya BERANDAL SEKOLAH masa kita mau berlaku kayak ustadz memet? Kagak mungkin banget..”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


7. Contoh Naskah Drama 9 Orang tentang Cinderella


DOWNLOAD


Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 9 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar