Translate Page

9 Contoh Naskah Drama 7 Orang Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 7 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 7 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

contoh naskah drama 7 orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 7 Orang

1. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Wanita dan Persahabatan


Penokohan/karakter :

  • Peran utama : Rozaq
  • Peran pembantu : Azni
  • Peran figuran : Rudi
  • Dinia
  • Aden
  • Dono
  • Anggara

Pada satu hari asrama tempat “f” kamar f3 terdengar pembicaraan disela canda tawa.

Rudi : eh... Tau tidak saat ini tanggal berapakah ?

Anggara : ada apa loe tanya-tanya tanggal mang ada yang mutlak tah.. ?

Rudi : he... 3x tidak da apa-apa sih cuma’ goe dah nipis nie duit jajan nyaris ludes. Nyahut abdul...

Azni : saat ini tanggal 21 april yo... Maka dari itu janganlah boros lantas orang itu, terus kalau Telah gini anda tentu akan pinjam duit lagi yah ma saya...

Rudi : he... He.. Kok tau..

Aden : yah.. Bagaimana tidak akan tau, wong itu telah lantas teradisi anda bila kirimanya Habis pinjam ke dullah..

Rudi : yah kan tidak ayah gua ubah entar bila telah kiriman, lagian dullah kan uang Jajannya banyak. Lantas anggara yang semula tidur bangun ikutan menyahut...

Anggara : yah bila dullah itu kan anaknya juragan bawang lantas enjoy saja kan Dull.. Tinggal minta saja ma bokap lo tuh.

Azni : yah terima kasih ocehannya... Serta sekian hari lantas disekolah... Bruk..... ( rozaqtidak sengaja menabrak seorang gadis yang gadis itu nyatanya yaitu dinia)

Dinia : eh anda itu bila jalur liat-liat napa sih.. Tidak punya mata yah..

Serta si rozaq cuma bengong lihat dinia lagi marah pada dirinya...

Dinia : hei kak... Kok lantas bengong sih. Mang ada yang lucu tah...

Rozaq : sorry yah saya tidak sengaja, soalnya saya tadi tergesa-gesa akan ke toilet. Maaf yah.. Maaf yah....

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Kebersihan Lingkungan


Pemeran :

  1. Yono
  2. Toni
  3. Juanto
  4. Elsa
  5. Dona
  6. Luvan
  7. Indah

Yono, dan para sahabatnya merupbakal remaja yang sangat peduli dengan kondisi kesehatan lingkungannya. Pada suatu hari, Yono dan teman-sahabatnya berkumpul disebuah tempat dan mereka membahas tentang prilaku masyarakat yang tak memiliki kecintaan terhadap kesehatan lingkungan dengan membuang sampah sesuka mereka tanpa mempedulikan kerusakan lingkungan. 

Melihat kondisi ini, Yono dan sahabat-sahabatnya merasa sangat kuatir suatu hari nanti desanya bakal menjadi desa yang bermasalah lantaran prilaku warganya yang tak memperhatikan kebersihan.

Naskah dialog drama

Yono : Kalau masyarakat tak memiliki kesadaran, dan membuang sampah tak pada tempatnya, maka sepertinya tak lama lagi desa kita ini bakal dilanda banjir.

Toni         : Iya, benar itu. Seharusnya masyarakat memiliki kesadaran bahwa sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan desa agar tak terjadi hal-hal yang merugikan.

Juanto : Memang susah untuk bisa menyadarkan warga. Kalian tahu kalau warga masyarakat di desa kita ini memang cukup primitif dan pola pikirnya masih sangat memprihatinkan.

Elsa         : Iya, memang begitulah kondisinya. Andai saja mereka peka terhadap lingkungannya, tentu mereka tak bakal membuang sampah sembarangan.

Dona : Lalu, menurut kalian apa ada solusi yang terbaik untuk menyikapi kondisi ini? Apa yang harus kita lakukan agar warga didesa kita ini lebih peduli dengan kesehatan lingkungannya?

Luvan : Sudahlah, kalian tak usah terlalu memperdulikan lingkungan. Bagaimanapun juga kita tak bakal bisa menjadikan desa ini bersih, karena masyarakatnya memang sulit diatur.

Indah : Kamu tak boleh berpikiran seperti itu dong Luk. Bagaimanapun juga kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan didesa kita, dan untuk itu kita memang harus rela sedikit keluar keringat, baik itu dengan membuat warga memiliki kesadaran, memasang papan tanda, atau dengan cara-cara yang lainnya.

Yono : Aku setuju dengan gagasan kamu. Sebaiknya kita mulai membangun kesadaran warga agar permasalahan ini tak terus berlanjut.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


3. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Musuh Menjadi Sahabat


DOWNLOAD


4. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Karma Seorang Teman


Tina dan Putri merupakan sahabat baik. Mereka telah bersahabat sejak kecil, tapi suatu hari ketika keluarga Tina jatuh miskin, Putri pun tak ingin lagi bersahabat dengan Tina. 

Suatu siang ketika Tina, Putri, Febyola, Wahyu dan Kiki sedang berada di kelas pada jam pulang ketika akan membersihkan kelas, Tina dengan berat hati meminta Putri untuk membantunya. Karena menurutnya Putri lah yang bisa menolongnya dan Putri merupakan sahabatnya, tapi yang terjadi adalah Putri malah menghina Tina.

Tina         : Putri, bisakah kau membantuku?

Putri : Apa? Menolongmu? Kau pikir kau itu siapa yang harus aku tolong?

Tina         : Ada apa denganmu? Bukankah kita sahabat? Masa kau sudah lupa dengan itu?

Putri : Sahabat? Maaf ya, aku tidak mempunyai sahabat miskin sepertimu!

Kiki         : Kenapa dengan kalian berdua? Sepertinya ada masalah?

Tina         : Tidak ada apa-apa, betul kan Put?

Putri : Baik-baik saja bagaimana? Begini Ki, tadi Tina miskin memintaku Membantunya dan menganggapku sahabatnya, padahal aku tidak mau punya teman miskin seperti dia!Tinapun meninggalkan Putri karena mendengar perkataan Putri.

Febyola     : Jangan begitu Putri. Bukannya kau dan Tina memang bersahabat dari kecil? Masa karena Tina dan keluarganya jatuh miskin, kau tidak mau lagi bersahabat dengannya. Bukannya saat-saat seperti ini kau bisa tunjukan ke dia, kalau kau memang sahabatnya. Bukan malah meninggalkannya.

Kiki         : Betul kata Febyola, seharusnya kamu menemaninya bukan menghinanya.

Wahyu : Betul itu. Sahabat seperti apa kau ini?

Putri : Kalian pikir siapa kalian yang berani-berani menasehatiku? Terserah aku dong mau berbuat apa. Urus saja diri kalian masing-masing!

Wahyu : Bukannya sok menasehati, tapi kami tidak mau persahabatan lama kamu Berakhir dengan semudah ini.

Putri : Aduh, tidak ada kerjaan sekali kalian mengurusi urusanku! Tinapun meninggalkan teman-temannya itu, disisi lain Tina yang tadi pergipun menghampiri teman dekatnya Kevin dan Nova.

Tina         : Hai, teman-teman.

Kevin : Hai, Tina. Mengapa wajahmu murung seperti itu?

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 7 Orang Komedi


Pemain :

  • Fian androu P. Sebagai Mumun ( Pocong A )
  • Ilcam arie R. Sebagai Maman ( Pocong B )
  • M. Novalisandha C.P.S Sebagai Genderuwo
  • M. Lutfi andriansyah Sebagai Pembawa acara ( Heri panci )
  • M. Yusuf Sebagai Kuntilanak
  • M. Alvin murdianto Sebagai Peserta (Tarmo)
  • M. Ainun najih Sebagai Ki Soleh pete

Pada malam jumat kliwon, di area pemakaman Kramat yang biasanya tenang , Tiba-tiba berubah menjadi tempat yang cukup ramai , para penghuni pemakaman pun ikut terusik akan adanya beberapa manusia yang datang ke pemakamannya

Mumun : “ Aduh, berisik banget, sih ? Siapa sih yang mengganggu ketenangan disini. “

Maman : “ Iya nih. Aku jadi gak tenang. Gimana kalau kita lihat keluar saja ?“

Mumun : “ Iya ayo sambil cari angin “

Maman : “Eh gimana nih cara bangunya , ”( sambil menggeliat”)

Mumun : “ Entahlah coba aja dulu” (Terus berusaha)

Maman : “ Ayo Coba bersama”

Mumun : “ Eh iya” , ( Mencoba berdiri, tetapi gagal )

Maman : “ Akhirnya bisa juga”

( Akhirnya kedua hantu penghuni makam kramat itu memutuskan untuk keluar dari tempat peristirahatannya ).

Dengan diiringi suara-suara seram

Maman : “ Mun, mereka lagi ngapain sih ?

Mumun : “ Emangnya kamu gak tau ya mereka itu para kru TV.Ya tentu saja mau syuting film.“

Maman : “ Syuting film kok disini. Emangnya gak ada tempat yang lebih bagus dari pada rumah kita.”

Mumun : “ Iya. manusia ini memang aneh, bukannya cari tempat yang bagus buat syuting film eh malah mengganggu kita yang sudah tenang disini. “

Maman : “ Mun , katanya mereka mau syuting film. Mana aktris dan aktornya ?”

Mumun : “ Eh iya ya , aku juga penasaran. Kok gak ada ya?. “

Maman : “ Wah kesempatan nih, kayak nya belum ada aktor nya , siapa tau aku bisa jadi artisnya Itukan cita – citaku sejak dulu. “

Mumun : “ Huss ngaco kamu, mana mau mereka ngajak kamu main film, Kamu Jalan aja susah ( sambal lihat kaki nya)

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


6. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Persahabatan


Pada suatu hari , ada 7 anak laki-laki yang sudah bersahabat sejak mereka masuk smp. akan tetapi, adanya suatu masalah saat pelajaran olah raga membuat persahabatan mereka terancam.

Tito         : Eh, lihat deh, itu Dosky kayaknya jatuh

Andik : Hah, Dosky jatuh? mana ?

Tito         : Itu di dekat gawang

Ales         : Iya tuh Dosky jatoh, hahaha

Beno : hahaha dosky jatuh , celananya robek lagi hahaha

Ronaldo : hahaha, tapi kasihan juga dosky

Beno : (sambil berteriak) Dosky ! lu kenapa? digigit anjing?? hahaha

Dosky : apa apaan nih?? gak terima gue

Beno : hahaha, digigit anjing di mana lu??

Dosky : kenapa nih jadinya , gak seneng lu?

Leo         : Udah , sabar aja dos, jangan di tanggapin si Beno

Ales         : Iya, benar tuh kata Leo, Sabar Dos

Dosky : Pokoknya , gue gak mau berteman sama dia lagi kalau dia tidak minta maaf

Beno : Dih, Lebay lu, gitu doang juga

Ronaldo     : udah , minta maaf sana'

Beno : nggak ah

Dosky : Jadi dah, liat aja nanti lu !

Perseteruan itu membuat terjadinya perselisihan dalam persahabatan mereka. di kamar kos Beno mereka membicarakan tentang masalah tersebut.

Tito         : kenapa sih bisa terjadi sampai kayak begini?

ronaldo     : ini kan permasalahan yang tidak terlalu besar , tapi merekal yang membesar besarkannya

dosky : enggak besar apannya, jelas jelas dia mencaci maki gue, gimana gue gk marah coba..!!!

beno : Yaelah cuma gitu doang kesal banget sih

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


7. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Telaga Warna


Tokoh-tokoh Drama

  1. Prabu Suwartalaya
  2. Ratu Purbamanah
  3. Gilang Rukmini
  4. Penasehat
  5. Tukang Perhiasan
  6. Rakyat
  7. NARATOR

Narator : Dikisahkan pada zaman dahulu kala, di Jawa Barat terdapat sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Kutatanggeuhan yang dipimpin oleh raja yang arif dan bijaksana yaitu Prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamanah. Rakyatnya hidup tenang, makmur, tenteram, damai dan sejahtera. Namun Sayangnya, Prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamanah belum dikaruniai seorang anak. Sehingga, ini menjadi kegelisahan sang Prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamanah. (Blog~link : Ini adalah link blog asli deatericial/kuminato blogger )klik"

Adegan 1

Ratu Purbamanah : (sedang murung dan menangis)

Prabu Suwartalaya : Sudahlah dinda. Jangan murung dan menangis terus. Kalau dinda bersedih terus seperti ini, kanda jadi ikut bersedih.

Ratu Purbamanah : Gimana dinda ga akan bersedih kanda, sudah bertahun-tahun kita berumah tangga tapi belum dikaruniai seorang anak.

Penasehat         : Baginda, supaya Ratu Purbamanah tidak sedih terus bagaimana kalau mengangkat seorang anak saja baginda. Barangkali bisa mengurangi kesedihan Ratu.

Ratu Purbamanah : Tidak! Aku tidak mau punya anak angkat!

Prabu Suwartalaya : Iya, penasehat. Akupun juga tidak setuju jika mengangkat seorang anak. Buat kami, anak kandung adalah lebih baik dari pada anak angkat.

Narator : Ratu Purbamanah masih terus menangis

Prabu Suwartalaya : Sudahlah dinda jangan menangis terus. Kanda akan berusaha lagi. Kanda akan pergi ke hutan untuk bertapa agar kita cepat dikaruniai seorang anak.

Ratu Purbamanah : Baiklah kalau begitu. Jika memang kanda harus pergi ke hutan untuk bertapa, Baiklah kanda. dinda juga turut berdo’a. hati-hati kanda.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


8. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Seandainya Kau Tahu


Setting 1

Pada suatu malam Silva memberikan undangan pengambilan raport kepada ayahnya, namun ayahnya acuh tak acuh kepada Silva.

Silva : “Yah, besok ada undangan pengambilan raport bagi wali murid, Ayah datang ya?.”

Ayah : “Ahh, kamu ini anak sukanya ngrepotin aja! Gak tau apa ayah Capek cari uang buat kamu!” (dengan nada emosi)

Silva : “Tapi yah...”

Ayah : “Udah-udah,ayah capek mau tidur.” (pergi ke kamar)

Silva terduduk lemas, ia mengira mungkin Ayahnya memang sibuk, ia pun mengira mungkin ibunya bisa datang pada pengambilan raport tersebut.

Ibu         : (membuka pintu dan tak menghiraukan silva yang duduk lemas )

Silva : “Ibu, ini ada undangan pengambilan raport, Ibu datang ya?”

Ibu         : “Ibu tidak bisa nak, besok ada meeting ke luar kota, kan ada Ayahmu?”

Silva : “Lho ? tapi ayah juga nggak bisa bu,”

Ibu         : “Mana ayahmu sekarang?” (emosi dan mencari ayah)

Silva : “Itu di kamar”

Ibu         : (menghampiri ayah di kamar) “Ayah ini, ngambilin raport anaknya saja gak sempat”

Ayah : (terbangun) “Baru pulang udah ngomel-ngomel, ibu juga sama saja, kerjanya meeting terus ke luar kota”

Ibu         : “Aku kan melakukan ini buat keluarga kita yah!”

Ayah : “Emang ibu pikir ayah kerja buat siapa? Buat keluarga kita kan?”

Silva : (menghampiri) “Sudahlah nggak usah bertengkar! Udah nggak pernah di rumah, bertengkar terus! Aku capek yah, bu!”

Silva pun meninggalkan ayah dan ibunya.

Setting 2

Di sekolah, Silva bertemu dengan sahabatnya, Natasya.

Tasya : “Hai sil, gimana hasil raportmu? Siapa yang ngambil?”

Silva : “Udahlah Nat, gak usah bahas masalah itu!”

Tasya : “Lho? Kenapa? (menatap wajah silva)”

Silva : (tersenyum) “Gak papa, eh aku boleh gak nanti malem menginap di rumahmu?”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


9. Contoh Naskah Drama 7 Orang tentang Sekolah dan Kehidupan


Jumlah Karakter : 7 Orang (Tra, Lala, Tri, Lili, Pak Darmo, Kepala Sekolah, Fauzia)

Pagi hari di sekolah didalam kelas ada 3 orang anak murid yang sedang berbincang-bincang. Anak-anak ini mempunyai geng yang bernama tralalatrilili yang anggotanya ada 4 orang. Yaitu Tra, Lala, Tri, Lili. Maka dari itu mereka menamakan gengnya itu “Tralalatrilili”

Tra : (Ceria) ”Pagi Sobat....!!”

Lala : , Tri : “Pagi Tra...”

Tra : “Ngomong-ngomong kayanya ada yang kurang deh !”

Lala : “Iya, yah...”

Tri : “ya, iyalah ada yang kurang. Orang Lili belum datang.”

Tra : “Oh... Iya Lili. Pantas saja sepi banget biasanyakan dia yang paling bawel ...!”

Tiba-tiba Lili datang, dengan wajah termenung tanpa senyum. Sedikitpun Langsung duduk ditempat duduknya.

Lala : “Tumben banget nona bawel baru datang ?”

Tri : “ Iya nih kesiangan ya ?”

Lili : “Iya... (sambil termenung)”

Tra : “Kamu kenapa Li ? Gak biasanya kamu seperti ini ? biasanya kamu pagi-pagi udah buat kita bertiga ketawa.”

Lala : “Iya nih ! kamu sakit Li, kayanya kamu lesu banget.”

Tri : “Tau nih ditanya aku aja jawabannya singkat banget.”

Lili : “Gak kok.... Teman aku gakkenapa-napa cuma lagi malas ngomong aja....”

Tra : “Ya udah Li kalau memang kamu gak kenapa-napa kita Cuma takut auja kalau kamu lagi ada masalah atau kamu sedang sakit tapi gak mau cerita.”

Lili : “Ya... pokoknya aku gak kenapa-napa. Kalian gak usah takut.

(Bel masuk pun berbunyi)

Pak Darmo pun masuk ke dalam kelas karena pada hari ini jam mengajar Pak Darmo dikelas ini. Ia ini salah satu guru yang aneh di sekolah.

Pak Darmo : “Pagi.... anak-anak ?”

Anak-anak : (Menjawab Serentak) “PAGI...”

Pak Darmo : “Baik pada hari ini kita akan melanjutkan materi yang minggu lalu Bapak berikan, sebelumnya kumpulkan tugas kalian!!”

Anak-anak : “IYA PAK”

Lili : “Pak buku tugas saya tertinggal dirumah !”

Pak Darmo : “ TERTINGGAL... ? kamu tidak membawa tugasnya, apatidak membuatnya ?”

Lili : “Saya tidak membawanya pak. Sungguh, saya tidak berbohong.”

Pak Darmo : “Ya sudah kalau begitu kamu tidak dapat nilai seperti teman-teman kamu...!”

Tri : (berbisik-bisik) Li... kamu gak bawa tugasnya ? Gak biasanya kamu kaya gini.....

Lili : “Iya tri aku lupa. Semalam aku tidur malam banget !!! Jadi aku lupa memasukan kedalam tasku.”

Pak Darmo : Bapak akan berikan selembaran kertas yang isiunya materi-materi penting untuk kalian pelajari..”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 7 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar