Translate Page

9 Contoh Naskah Drama 8 Orang Singkat Berbagai Tema

Contoh Naskah Drama 8 orang - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh naskah drama 8 orang. Sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai naskah drama.

Naskah drama adalah naskah tertulis yang berbentuk dialog yang menggambarkan watak seseorang dalam kehidupan, memiliki kesatuan dan berfungsi sebagai naskah sastra atau sebagai naskah yang akan dipentaskan.

Ciri-Ciri Naskah Drama

  • Harus memiliki aksi
  • Memiliki waktu tidak lebih dari 3 jam
  • Harus memiliki sebuah konflik
  • Harus dilakonkan atau diperagakan
  • Tidak ada pengulangan dalam satu masa

Unsur-Unsur Drama

1. Tema adalah sebuah gagasan atau ide dalam suatu drama yang dimainkan.

2. Alur adalah jalan cerita yang dimainkan oleh pemain dari awal sampai akhir cerita.

3. Tokoh adalah pemeran yang ada dalam cerita drama.

4. Watak adalah sifat dari tokoh yang harus diperankan oleh para pemain drama sesuai dengan cerita drama tersebut.

5. Latar adalah tempat, waktu atau suasana yang diceritakan dalam drama.

6. Amanat adalah pesan moral yang disampaikan pengarang ke para penonton melalui jalan cerita yang ditampilkan.

Baca Juga: 7 Contoh Naskah Drama Singkat dan Terbaik

Contoh Naskah Drama 8 Orang

Jenis-Jenis Drama

1. Drama Komedi adalah drama yang menceritakan mengenai sebuah kejadian yang lucu.

2. Drama Opera adalah drama yang mana dialognya dipentaskan dengan cara dinyanyikan dan diiringi dengan musik.

3. Drama Tablo adalah drama yang para pemainnya melakukan gerakan tanpa mengucapkan sebuah dialog.

4. Drama Tragedi adalah drama yang menceritkan mengenai sebuah kejadian sedih.

5. Drama Tragekomedi adalah drama perpaduan antara tragedi dan komedi.

6. Drama Melodrama adalah drama yang dialognya diucapkan dan diiringi dengan musik.

7. Drama Sendratari adalah drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.

Contoh Naskah Drama 8 Orang

1. Contoh Naskah Drama 8 Orang Tema Pendidikan


Penokohan drama:

  1. Nita : Pemberani
  2. Tina : Tegas
  3. Wina : Penakut
  4. Lia : Pemalu
  5. Ibu Feni : Penegak
  6. Pras : Baik hati
  7. Joni : Rela berkorban
  8. Tegar : Cuek

Sinopsis Drama

Pertanyaan dari Ibu Feni membuat ke tujuh siswanya memiliki impian yang besar dan timbul keseruan ketika jam pelajaran.

Dialog Drama

Kring...! Kring...! Kring...!

Bel masuk telah diberbunyi. Para siswa SD Harapan 345 saatnya untuk masuk kelas dan menerima pelajaran dari wali kelasnya masing-masing. Pemandangan di kelas 4 masih gaduh. Ada yang berkelahi.

Joni : Kamu mau jadi pahlawan di kelas ini?

Pras : Bel masuk telah berbunyi.

Joni : Semuanya masuk!

Nita : Iya Pak ketua kelas (cetus Nita).

Joni : Berkelahi gara-gara merobekkan buku seperti tidak ada pekerjaan lain saja!

Ibu Feni     : Selamat pagi anak-anak. Sebelum memulai pelajaran kita berdoa dahulu. Berdoa dimulai.

Ibu Feni  : Selesai. Saya tadi mengetahui kalau ada keributan di luar kelas padahal sudah ada bel masuk.

Joni : Iya kan Ibu Feni marah (bisik Joni kepada Pras).

Pras : Kayaknya hanya mengingatkan saja deh Jon.

Joni : Tadi ada yang berkelahi Bu. Tapi sudah dilerai.

Bu Feni : Ya sudah besok-besok jangan diulangin ya.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


2. Contoh Naskah Drama 8 Orang tentang Broken Home


Pemeran :

  • Tante Jasmine
  • Emily
  • Om Edward
  • Caitlin
  • Papa Jack
  • Jimmy
  • Mama Caroline
  • Rosalie

Dimalam hari...(Papa Jack masuk ruangan diikuti oleh Mama Carol)

Mama Carol : “Papa kenapa cuek sekali sama mama?”

Papa Jack         : “Tak adakah pertanyaan yang lebih penting?! Aku ini lelah pulang kerja.”

Mama Carol : “Papa kenapa? Kenapa tiba-tiba suka marah seperti ini?!” (membentak)

Papa Jack         : “Huh, aku sedang sibuk Carol.”

Mama Carol : “Memangnya apa yang sedang kamu sibukkan?!”

Papa Jack          : “Menurutmu apa? Aku kerja Carol! Aku cari uang untuk keluarga kita!”

Mama Carol : “Alah! Alasan saja! Kerja itu ada waktunya Jack! Kamu seharusnya bisa meluangkan waktu untuk keluarga!”

Papa Jack          : “Tapi aku tidak punya waktu Carol. Aku benar-benar sibuk. Aku sudah memberimu uang untuk shopping. Benar bukan?!”

Mama Carol : “Aku tidak butuh uang Jack! Aku cuma inginkan kamu yang dulu!”

Papa Jack         : “HAH! Terserah apa katamu! Aku lelah!” (duduk)

Mama Carol : “Oh, aku tau! Pasti kamu ada simpanan, kan?! Kamu sudah lupa dengan keluarga kamu karena kamu punya wanita lain dikehidupan kamu! Iya kan?! Jujur saja!”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


3. Contoh Naskah Drama 8 Orang tentang Persahabatan


ADEGAN 1

Suasana ramai selepas mengerjakan soal terakhir hari ini. Ulangan Kenaikan kelas sudah berlalu. Anak-anak semua senang bisa menyelesaikan ulangan dengan baik. Tanpa terkecuali, Rais dan kawan-kawanya. 

Mereka senang akhirnya bisa lepas dari buku yang menyibukkan mereka akhir pekan ini. Setelah bel berbunyi mereka bergegas menuju tempat parkir motor mereka.

Selma : “Wah..enaknya ngapain ya kalau sudah selesai dari tugas-tugas akhir sekolah ini?”

Nurul : “Kita pergi liburan saja ya? Bagaimana dengan teman-teman?”

Erina : “Haa? Liburan kemana, rul? Aku ikut saja..”

Nurul : “Kemana begitu, apa kamu tidak bosan kalau di rumah terus?”

Erina : “Gimana kalau kita pergi ke desa saja? Lumayan bisa refreshing di pedesaan”

Intan : “Ide yang bagus! Aku setuju kalau kita liburan ke desa”

Una         : “Bagus..bagus..bagus.. Tapi kamu juga ikut kan, Fa?”

Ifa         : “Iya aku juga lagi pengen menikmati suasana pedesaan” (tertawa kecil)

Enggar : “Yaa..yaa..yaa (sambil menghela nafas)”

Rais         : “Kenapa, Nggar?”

Enggar : “Memang kenapa, Is ? (tertawa sambil pura-pura tidak tahu)”

Rais         : “Enggar..enggar.. (tertawa bersama)”

Setelah semua sepakat, mereka menyiapkan motor mereka masing-masing dan kembali ke rumah.

ADEGAN 2

Hari ini penerimaan Raport kenaikan kelas. Tentunya semua siswa merasa was-was dengan hasil mereka selama ini. Syarat kenaikan kelas yaitu siswa harus memiliki nilai diatas batas tuntas, jika tidak maka siswa tersebut harus mengerjakan ulang soal ulangan (remidi). Mereka berkumpul di rumah Enggar dan berbagi keluh kesah atas nilai mereka.

Intan : “Kok Rais gak datang juga sih. Sudah lama nih nunggunya”

Una         : “Iya.. Kemana dia? Coba kirim pesan atau telepon”

Selma : (sambil menekan tombol handphone dan mencoba menghubungi Rais) “Aduh..gak aktif!”

Una          : “Ada apa sama Rais? Sampai dia matiin handphone segala”

Ifa         : “Kita ke rumahnya saja.. Gimana?”

Enggar : “Eh ini aku dapat pesan dari Rais dengan nomor barunya”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


4. Contoh Naskah Drama 8 Orang Tema Sosial


PEMERAN & PERWATAKAN :

  1. RATNA : Baik
  2. SILVI : Kurang perduli teman
  3. LUSI : Baik
  4. RARA : Kurang perduli teman
  5. MAYA : Sedang sakit
  6. GILANG : Baik
  7. GALIH : Pendiam, Baik
  8. IBU MAYA : Baik, Sopan

ADEGAN I

Ratna : “Apa kalain setuju kalau kita berkunjung ke rumahnya Maya besok sore?”

Lusi         : “Aku setuju, sepertinya besok aku tidak ada acara apa-apa.”

Ratna : “Bagaimana dengan kalian, apa kalian setuju juga?”

(Dari enam orang bersahabat, hanya Silvi dan Rara yang bersikap aneh.)

Galih : “Iya, aku setuju aja. Sebaiknya kita memang berkunjung ke rumah maya besok saja, tidak usah ditunda-tunda.”

Gilang : “Oke, aku akan siap-siap besok sore.”

Ratna : “Kalau kamu bagaimana, Silvi? kamu juga ada waktu kan besok sore?”

(Silvi tidak bisa berjanji akan ikut Ratna dan teman-teman lainnya kerumahnya Maya.)

Silvi          : “Aku belum tahu, lihat besok ya.”

Rara : “Aku tidak ikut, kalian saja yang pergi kesana.”

(Ratna pun bertanya, kenapa Silvi dan Rara tidak mau menjenguk Maya.)

Ratna : “Kenapa kamu tidak ikut? kamu tidak merasa bersalah sudah tahu ada teman yang sakit kamu malah tidak menjenguknya?”

Galih : “Iya, benar kata Ratna itu. Teman kita kan sakit, kenapa kita tidak menjenguk?”

Silvi         : “Namanya juga manusia, pasti ada waktu dimana dia akan mengalami sakit. Aku juga sama seperti Maya dan orang lain pada umumnya.”

Ratna : “Iya, tapi kita kan teman. Kalau ada diantara kita yang sedang sakit, maka kita wajib menjenguknya.”

(Silvi dan Rara terus bersikap seperti orang asing, dan bukan seorang sahabat.)

Rara : “Ya tapi kalau tidak ada waktu kan tidak wajib juga.”

Lusi      : “Waktu itu kita yang menentukan. Kalau kalian menganggap Maya itu penting, pastinya kamu punya waktu luang.”

Rara : “Kamu ngomong aja gampang!”

Silvi         : “Iya, kalau ngomong saja mudah.”

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


5. Contoh Naskah Drama 8 Orang tentang Cita-citaku


Penokohan drama :

  1. Wawan : Pemberani
  2. 2. Sindy : Tegas
  3. 3. Dio : Penakut
  4. 4. Dian : Pemalu
  5. 5. Ibu Ina : Penegak atau guru
  6. 6. Wira : Baik hati
  7. 7. Wanda : Rela berkorban
  8. 8. Indra : Cuek

Kring...! Kring...! Kring...!

Bel masuk telah diberbunyi. Para siswa smpn saatnya untuk masuk kelas dan menerima pelajaran dari wali kelasnya masing-masing. Pemandangan di kelas 1 masih gaduh. Ada yang berkelahi.

Wanda : “ Kamu mau jadi pahlawan di kelas ini?”

Wira         : “ Bel masuk telah berbunyi.”

Wanda : “ Semuanya masuk…… !”

Wawan : “Iya Pak ketua kelas…!!!!” (ucap Wawan dengan cetusnya).

Wanda : “ Berkelahi gara-gara merobek-robek buku seperti tidak ada pekerjaan lain saja!”

Beberapa saat kelas menjadi gaduh dan bising bahkan terjadi keribut salah satu siswa merobek buku temannya, langkah kaki ibu Ina, seketika membuat kelas menjadi hening dan senyap.

Ibu Ina         : “Selamat pagi anak-anak. Sebelum memulai pelajaran kita berdoa Dahulu. Berdoa dimulai”.

Para siswa tertunduk berdoa seperti yang di aba-abain Ibu Ina

Ibu Ina         : “ Selesai. Saya tadi mengetahui kalau ada keributan di luar kelas Padahal sudah ada bel masuk.”

Wanda         : “Iya kan Ibu Ina marah” (bisik Wanda kepada Wira).

Wira         : “Kayaknya hanya mengingatkan saja deh Wanda ”.

Wanda : “ Tadi ada yang berkelahi BuTapi sudah dilerai”.

Bu Ina : “ Yaaa, lain kali jangan di ulangi lagi, bikin malu kalian kan sudah dewasa, harusnya lebih tau diri, kita datang kesekolah bukannya cari ribut tapi cari ilmu menambah kepandaian meraih mimpi dan cita-cita !!!!! ”.( ujar Ibu Ina dengan nada ketus dan tegas).

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


6. Contoh Naskah Drama 8 Orang tentang Sekolah


Pemeran:

  1. antagonis = clara
  2. protagonist = indri
  3. protagonist = ine
  4. protagonist = ratna
  5. protagonist = eko
  6. antagonis = tio
  7. antagonis = ciko
  8. Narrator

Suatu hari di suatu sekolah yaitu sekolah MAN Kota Blitar tepatnya di kelas 11 IPS 1. ada suatu Geng yang bernama matiku (remaja anti kamseupay ) mereka sangat membenci orang-orang yang kampungan dan miskin, dan Geng itu beranggotakan 3 orang yaitu clara,tio, dan ciko. 

Mereka selalu mencari masalah di kelas, apalagi mereka sangat suka mengejek ine, karna ine merupakan siswa yang miskin dan tidak pantas menjadi teman mereka. Peristiwa itu di mulai saat jam istirahat.

Clara : hay Guys…, deger gak bau apasih ini…???

Ciko         : iya nih kayak bau sampah ghe tu…

Tio         : bener banget nie bro, gue aja sampek gak bisa nafas nie ..

( mereka berbicara sambil melihat kepada ine)

Indri : kalian jahat banget sih?? Kalian pikir ine tuh sampah!

ine         : udah indri… udah jangan ngeladenin mereka

clara : emangnya siapa yang nyebut nama kamseupay itu… ya kalau memang merasa tersindir berarti dia mengakui kalau dia sama seperti sampah.

Indri : asalkan kalian tahu yah.. ine itu anaknya baik ko’, tidak sombong, pintar lagi. Ga’ kaya’ kalian yang hanya mengandalkan bacot doank

Ine         : udah jangan bertengkar lagi, kalian jangan bertengkar cuman gara-gara aku.

Tio         : GR banget sih loe?? Siapa juga yang bicarain loe!!

(tiba-tiba belpun berbunyi dan sekarang waktunya pelajaran matematika, yang gurunya sangat tidak disukai oleh anak-anak guru itu bernama pak eko)

Pak eko     : selamat pagi anak-anak,

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


7. Contoh Naskah Drama 8 Orang tentang Masa Remaja


Pada suatu hari di Salah Satu Sekolah Menengah Atas terkenal di ibu kota, terdapat seorang anak yang cerdas bernama Nam. Dia memilki kulit yang gelap, bergaya kuper namun sangat pintar. Nam menyukai salah satu seorang cowok popular di kelasnya yang bernama Naufal. 

Ia adalah salah satu seorang pria yang mempunyai hobi fotografer, idaman seluruh wanita di kelasnya. Rama adalah teman sekelas Nam. Rama bersahabat dengan Naufal sejak kecil dan bersekolah di SMA yang sama. Bu Ika adalah guru bahasa Indonesia yang menyeramkan, tapi centil dan naksir guru olahraga, Bapak Nugi. 

Ulfi adalah sahabat Nam yang sangat baik, Ulfi sangat kalem dan baik hati. Anisa dalah temann sekelas Nam yang naksir Naufal. Aldi adalah teman cowok Nam yang bandel, suka mengganggu dan tawuran. 

Pada suatu hari, Nam sedang berjalan bersama Ulfi dan dia melihat Naufal sedang memotret daerah di kelas, ia sedang mengikuti lomba fotografi di Sekolah. Ia sedang berbincang dengan salah satu guru olahraga yang sangat tampan di sekolah tersebut.

Nugi         : Naufal, kamu sedang memotret apa?

Naufal : Ini Pak, saya memotret untuk lomba fotografi Sekolah tingkat SMA

Nugi         : Oh gitu, semoga menang ya… semoga kamu bisa mewakili sekolah kita dalam lomba fotografi nanti.

Naufal : Oh iya Pak, semoga .

Nugi         : Oh yaudah, bapak ngajar dulu yak … Oh iya kamu jangan lupa remedial kayang sama senam SKJ ya …nilaimu C –

Naufal : Waduh! C- pak? Iya deh pak ntar saya remed

Namira malu malu melihat Naufal, ia senyum- senyum sendiri ke Ulfi sambil tersipu malu.

Ulfi         : Kamu kenapa Nam?

Nam : Itu….*Menunjuk ke Naufal yang sedang memotret

Ulfi         : Ooh cie…Naufal ya. Iya , dia emang keren banyak banget cewek yang suka sama dia?

Nam : Hah? Beneran? Yah… potek – potek deh hatiku… galau deh malam ini

Ulfi         : Jangan galau dong Nam! Kamu tau kan Anis? Dia juga naksir tau ama Naufal dan katanya Naufal juga suka ama dia…

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


8. Contoh Naskah Drama 8 Orang Singkat


Karakter:

  1. Umar : Mudah putus asa
  2. Adinda : Mudah putus asa
  3. Nayla : Bijak
  4. Hijrah : Berwawasan luas
  5. Adi Pati : Berpikiran sempit
  6. Tia         : Bijak
  7. Ardi         : Cerdik
  8. Putri : Suka memberi masukan

Umar : Saya merasa, mewujudkan cita-cita itu tidak semudah membayangkannya!

Adinda : Iya, saya juga berpikir hal yang sama.

Nayla : Mewujudkan cita-cita itu memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi pasti terwujud jika kita mau bersungguh-sungguh dalam memperjuangkannya.

Hijrah : Benar apa yang dikatakan Nayla itu. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha sekuat tenaga untuk mengerjanya.

Adipati : Kamu ngomong saja gampang, Hijrah.

Hijrah : Kenapa kamu ngomong begitu?

Adipati : Iya, buktinya kamu juga bukannya rajin tapi malah suka malas-malasan.

Tia mencoba memberi masukan kepada teman-temannya.

Tia         : Sudahlah, Menurutku apa yang dikatakan Hijrah itu memang ada benarnya. Yang paling penting bagi kita adalah berusaha dengan gigih untuk mewujudkan apa yang kita impikan.

Ardi juga ikut memberi motivasi kepada teman-temannya.

Ardi         : Begini, semudah apapun hal yang ingin kita dapat, hal tersebut tidak akan pernah kita dapat jika usaha kita tidak maksimal, maka yang perlu kita lakukan memang berjuang dengan sungguh dan tidak mudah merasa lelah. Benar kan, Put?

Putri         : Iya, menurutku apa yang kamu bilang itu benar.

Umar kembali mengungkapkan isi hatinya.

Umar : Iya, apa yang kalian bilang itu memang benar, tapi sering kali saya merasa putus asa dengan keadaan.

Lanjutan Naskah Drama Download Disini


9. Contoh Naskah Drama 8 Orang di Lingkungan Pendidikan


DOWNLOAD


Baca Juga: 

Itulah beberapa contoh naskah drama 8 orang terbaik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

ALWI
Only ordinary people want better.
Posting Komentar